Brilio.net - Laptop sudah full alias nggak muat dibuat untuk menyimpan file lagi? Atau ada aplikasi yang sudah tidak mau dipakai lagi namun masih bingung cara meng-uninstal? Kendala-kendala tersebut kerap menjadi momok bagi para pengguna laptop atau PC. Untuk itu, kali ini brilio.net akan menyajikan cara uninstall aplikasi di laptop.

Laptop yang kebanyakan aplikasi terkadang bisa membuat resah pengguna. Selain membuat kapasitas memori menjadi cepat full, kamu juga bakal susah me-manage untuk mengakses aplikasi-aplikasi di dalam laptop. Salah satu cara untuk menyelesaikan isu ini adalah dengan melakukan uninstall aplikasi.

Selain mudah, kamu tak perlu repot-repot merogoh kocek untuk menambahkan kapasitas memori internal komputer atau laptop. Cukup uninstall saja aplikasi yang sudah jarang kamu pakai, dan voila. Kamu dapat memasang aplikasi baru yang lebih bermanfaat.

Selain hemat di kantong, cara uninstall aplikasi di laptop yang akan brilio.net bahas tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga ataupun aplikasi tambahan. Kamu tinggal cukup menggunakan fitur yang ada di laptop kamu gunakan saja, tergantung pada Windows apa yang sedang berjalan di laptop. Dengan ini, kamu tak perlu menguras memori internal lagi untuk menginstal aplikasi, bukan?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah, daripada semakin penasaran, dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Jumat (14/1), berikut cara uninstall aplikasi di laptop yang bisa kamu terapkan dengan cepat dan mudah.

1. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui Menu Start.

Yang pertama, kamu bisa mengetahui cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui Menu Start. Caranya nggak susah. Untuk detailnya, kamu bisa simak step-step berikut:

1. Pada bagian kiri bawah, pilih menu Start.

2. Cari Windows Store > Klik aplikasi Windows Store.

3. Di Windows Store, kamu dapat melihat daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang pada laptop. Bila hendak melakukan uninstal, klik kanan pada mouse > Klik Uninstall.

2. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui Pengaturan atau Settings.

Selain melalui Menu Start, kamu juga dapat melakukan cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui Pengaturan atau Settings. Simak langkah berikut ini untuk lebih lengkapnya:

1. Pada bagian kiri bawah, pilih menu Start.

2. Pilih Settings.

3. Setelah itu, klik Apps.

4. Pada tampilan Apps & features, terdapat beragam aplikasi yang terinstal pada laptop kamu. Ketuk aplikasi yang hendak dicopot > Klik Uninstall.

3. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 10 melalui Control Panel.

Yang terakhir dari Windows 10, kamu bisa meng-uninstal aplikasi di laptop melalui Control Panel. Berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Pada bagian kiri bawah, pilih menu Start.

2. Cari dan pilih Control Panel.

3. Carilah menu Programs > Klik Uninstall program.

4. Terdapat beragam aplikasi yang terinstal pada laptop kamu. Klik kiri aplikasi yang hendak dicopot > Klik Uninstall.

4. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 melalui Menu Start.

Bagi kamu yang menggunakan Windows 8 atau 8.1, kamu bisa menerapkan cara uninstall aplikasi di laptop melalui Menu Start sebagai berikut:

1. Tekan tombol Windows Key > Klik Start.

2. Cari tile Windows Store.

3. Di Windows Store, kamu dapat melihat daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang pada laptop. Bila hendak melakukan uninstal, klik kanan pada mouse > Klik Uninstall.

5. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 melalui Pengaturan atau Settings.

Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 juga bisa dilakukan melalui Pengaturan atau Settings. Caranya pun cukup simpel seperti Windows 10. Untuk lengkapnya, kamu bisa mengikuti step-step berikut:

1. Klik menu Start.

2. Pilih opsi PC Settings.

3. Setelah tampilan pengaturan terbuka, klik Search and apps > App Sizes.

4. Setelah itu, kamu dapat melihat daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang pada laptop. Bila hendak melakukan uninstal, klik kanan pada mouse > Klik Uninstall.

6. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 melalui Control Panel.

Selain melalui Menu Start dan Settings, cara uninstall aplikasi di laptop Windows 8 bisa semudah dilakukan melalui Control Panel. Berikut caranya:

1. Klik kanan menu Start.

2. Klik Program and Features di atas.

3. Setelah itu, cari aplikasi yang hendak dihapus.

4. Klik kanan pada aplikasi tersebut > lalu klik Uninstall.

7. Cara uninstall aplikasi di laptop Windows 7

Yang terakhir bila kamu memakai Windows 7, kamu dapat dengan mudah melakukan uninstal aplikasi. Namun untuk lebih detailnya, kamu bisa menyimak langkah berikut ini:

1. Pilih tombol Start.

2. Setelah itu, klik Control Panel > Programs.

3. Setelah itu, kamu dapat melihat daftar aplikasi-aplikasi yang terpasang pada laptop.

4. Pilih salah satu program yang hendak dihapus > pilih Uninstall.

(brl/tin)