Brilio.net - Bagi kamu pengguna Windows 10 dan ingin menggunakannya secara optimal, maka Microsoft harus menginstal Windows 10 yang asli. Bagaimana caranya agar bisa menginstal Windows 10? Sekarang ini Microsoft telah mempermudah dan melakukan kerja yang cukup optimal dengan membuat Windows 10, sistem operasi PC yang kini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Dilansir brilio.net dari windowscentral.com, Sabtu (18/7), perusahaan telah memberikan kebijakan agar mempermudah siapapun yang ingin menggunakan Windows 10. Jika kamu sudah memiliki lisensi Windows 7 dan 8 maka kamu dengan mudah bisa upgrade ke Windows 10 secara gratis.

Perusahaan Microsoft juga memberikan keuntungan lainnya, yakni mereka membuatkan Windows 10 versi demo yang bisa kamu gunakan secara gratis. Namun tak semua fitur bisa kamu gunakan, meski begitu sistem kerja Windows 10 versi demo ini dapat bekerja secara optimal.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengaktifkan Windows 10, seperti dilansir dari microsoft.com, Jumat (17/7).

1. Memeriksa status aktivasi.

Loading...

Sebelum kamu melakukan proses aktivasi, terlebih dahulu kamu harus mengecek Windows 10 sudah diaktivasi dan sudah terhubung dengan akun Microsoft atau belum. Cara mengeceknya cukup mudah, tekan tombol dengan logo Microsoft. Kemudian pilih menu Settings, Update & Security dan pilih opsi Activation. Status aktivasi bisa dilihat di bagian Activation.

Jika di sana tertuliskan 'Windows is not activated' itu tandanya status Windows 10 kamu belum diaktivasi. Kamu akan disarankan untuk membeli lisensi Windows 10 untuk aktivasi.

2. Metode aktivasi.

Selanjutnya, jika kamu ingin melakukan aktivasi Windows 10, maka yang diperlukan adalah lisensi digital atau product key yang terdiri dari 25 karakter. Tanpa keduanya, kamu akan kesulitan untuk melakukan aktivasi.

Jangan khawatir, kamu bisa mendapatkan product key di dalam kemasan disk Windows 10 ketika kamu membeli. Jika kamu membeli secara online, maka kode product key akan dikirim melalui email.

3. Aktivasi Windows 10.

Jika kamu telah menggunakan lisensi digital, kamu tiak akan kerepotan malakukan aktivasi. Hal ini lantaran lisensi sudah terikat dengan hardware dan akun Microsoft. Cukup nyalakan komputer atau laptop, lalu hubungan dengan internet, dan log in ke akun Microsoft.

Cara lain yang bisa kamu lakukan jika kamu tidak memiliki lisensi digital, yakni dengan product key. Caranya sama dengan ketika kamu hendak mengecek status aktivasi. Settings, Update & Security dan pilih opsi Activation. Status aktivasi bisa dilihat di bagian Activation.

Kemudian pilih opsi update product key, pilih opsi change product key lalu masukkan product key yang ada di disk atau di email. Klik Next dan tunggu karena proses aktivasi sedang berlangsung. Kamu harus benar-benar memastikan saat proses berlangsung, koneksi internet telah terhubung dengan baik.

Setelah proses aktivasi selesai, kamu akan melihat notifikasi bahwa Windows 10 telah diaktivasi, kemudian tinggal klik Close. Selesai.

Cara-cara di atas adalah legal, jadi kamu tidak perlu khawatir. Pastikan untuk tidak melakukan dengan cara ilegal, karena dapat merugikan beberapa pihak yang telah bekerja keras dalam mengembangkan produk mereka.