Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini smartphone menjadi piranti yang tak bisa lepas dari kehidupan anak muda. Wajar jika produsen smartphone terus berupaya membenamkan berbagai fitur canggih pada produk mereka untuk memenuhi gaya hidup milenial yang dikenal sebagai digital savvy.

Tapi biasanya, fitur-fitur canggih selalu melekat pada smartphone kelas flagship. Sudah pasti harganya pun selangit. Tapi tunggu dulu, ternyata ada lho smartphone kelas level entry dengan fitur ciamik tapi harganya terjangkau.

Nah Xiaomi akhirnya secara resmi meluncurkan Redmi 9 belum lama ini. Smartphone ini diluncurkan untuk menjangkau segmen low-to-mid end. Kendati harganya terjangkau, tapi perangkat ini memboyong fitur lengkap yang dapat memberi pengalaman premium bagi pengguna.

Redmi 9 © 2020 brilio.net Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse

“Redmi 9 hadir dengan spesifikasi dan fitur menarik di harga terbaik di kelasnya. Dilengkapi dengan quad camera dengan harga kisaran di bawah Rp 2 juta, membuat Redmi 9 menjadi pilihan jelas bagi pengguna yang menginginkan pengalaman premium dengan harga ponsel terjangkau. Kehadiran Redmi 9 juga melengkapi keluarga seri jawara di Indonesia,” kata Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.

Nah seperti apa fitur-fitur pada smartphone anggota baru Geng Jawara Xiaomi selain Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, berikut faktanya. 

1. Jawaranya quad camera

Redmi 9 © 2020 brilio.net

Redmi 9 merupakan seri Redmi pertama dengan konfigurasi empat kamera belakang serbaguna untuk mendukung gaya hidup pengguna. Konfigurasi kamera terdiri dari lensa wide-angle 13MP, lensa ultra-wide angle 8MP, lensa makro 5MP dan depth sensor 2MP.

Dengan empat kamera ini, pengguna bisa mengabadikan berbagai momen spesial di keseharian mereka mulai dari jepretan instan, foto grup dengan wide-angle, close-up dengan detail luar biasa, serta foto portrait yang indah.

Perangkat ini juga menggabungkan pengalaman fotografi yang nyaman sekaligus memacu kreativitas dengan fitur-fitur kamera premium, termasuk kaleidoskop dan palm shutter. Sementara pada kamera depan, smartphone ini membenamkan 8MP kamera selfie yang sekaligus dapat digunakan untuk face unlock.

2. Layar lebar, seru untuk nonton dan main game

Redmi 9 © 2020 brilio.net Smartphone ini memiliki tampilan layar dot drop berukuran 6,53 inci dengan resolusi FHD+ (2340x1080p). Layar ini lebih besar dan lebih baik dibanding smartphone sejenis di kelasnya. Bukan cuma itu, layar ini juga sudah dilengkapi sertifikasi TUV Rheinland Low Blue Light dan perlindungan Corning Gorilla Glass di bagian depan. Nah dengan layar seluas ini, pengguna bisa nyaman menonton tayangan pilihan dan bermain game pun bisa lebih seru. 

3. Performa yang mumpuni

Redmi 9 © 2020 brilio.net

Dari sisi kinerja, smartphone ini bisa dibilang cukup tangguh. Pasalnya, smartphone ini membawa System on Chip (SoC) MediaTek Helio G80 yang memberikan performa jauh lebih baik hingga 107% dibandingkan pendahulunya, Redmi 8.

4. Daya super besar

Xiaomi Redmi 9 © 2020 brilio.net

Smartphone ini menggendong baterai berkapasitas besar 5020mAh (typ) dengan fast charging 18W. Daya sebesar ini membuat smartphone ini memiliki kinerja dan daya tahan baterai yang mumpuni untuk mendukung pengguna saat bekerja, menonton video, berselancar di media sosial ataupun bermain game sehari-hari.

5. Desain yang ciamik

Redmi 9 © 2020 brilio.net Dari sisi desain, tampilan smartphone ini sangat fresh dengan varian warna trendi. Di bagian penampang belakang, smartphone ini membawa desain warna gradasi yang elok dan tekstur anti-sidik jari. Sementara sensor sidik jari (fingerprint sensor) di bagian belakang ditempatkan di bawah kamera dan dikelilingi desain lingkaran yang juga trendi. Secara keseluruhan, desain ini membuat Redmi 9 lebih nyaman untuk digenggam. Smartphone ini hadir dengan tiga varian warna yaitu carbon grey, ocean green, dan sunset purple yang memperlihatkan secara jelas efek gradasi pada penampang belakang.

Redmi 9 juga dilengkapi dengan jack headphone 3.5mm, IR blaster, dan USB Type-C. Sementara itu, Redmi 9 juga memiliki slot kartu 2+1 yang mendukung penggunaan dual SIM dan kartu microSD secara bersamaan. Dengan Redmi 9, pengguna tidak perlu berkompromi, karena mereka dapat memiliki semuanya.

6. Nih harganya

Redmi 9 © 2020 brilio.net

Sepertri disebutkan tadi, harga smartphone ini di bawah Rp 2 jutaa. Untuk varian dengan RAM hingga 3 GB dan memori penyimpanan hingga 32 GB dibanderol dengan harga Rp 1.799.000. Sementara untuk RAM 4 GB dan memori penyimpanan hingga 64 GB dipatok di harga Rp 1.999.000.