Brilio.net - Kemajuan teknologi tak hanya berpengaruh pada media sosial saja, melainkan juga membuat berbagai aplikasi muncul. Mulai dari aplikasi musik, menggambar, memantau banjir, kemacetan lalu lintas, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi untuk memantau tumbuh kembang buah hati. Menariknya lagi, aplikasi ini dapat membantumu sejak bayi masih dalam perut.

Karena persiapan untuk sang buah hati nggak hanya urusan air susu ibu (ASI), makanan atau kondisi tubuh saja, namun pemantauan dan perawatan yang tepat waktu sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Pemantauan pertumbuhan terdiri dari pengukuran rutin untuk mendeteksi pertumbuhan abnormal, dikombinasikan dengan perawatan terkini dari si bayi yang terdeteksi.

Dengan bantuan aplikasi mobile ini, kamu bisa meningkatkan nutrisi, mengurangi risiko kematian atau nutrisi yang tidak memadai, mendidik orangtua dan mengarah ke rujukan dini untuk kondisi yang ditimbulkan oleh gangguan pertumbuhan. Aplikasi ini juga akan bertindak sebagai panduan untuk memantau perkembangan anak untuk deteksi dini dan pengelolaan kesulitan perkembangan, dan juga akan mempercepat komunikasi antara petugas kesehatan dan pasien.

Tentu saja aplikasi ini sangat cocok buat kamu kawula muda atau milenial, khususnya bagi yang sedang mengandung anak pertama. Apa saja aplikasi itu? Ini dia 7 aplikasinya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (3/1).


1. Baby Care Plus.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: play.google



Aplikasi ini bisa jadi buku harian yang indah di momentum kehamilanmu. Di aplikasi ini kamu dapat mencatat perkembangan bayi mulai dari harian hingga bulanan.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek pola tidur dan tumbuh kembang bayi dengan baik, pola dan jadwal makan si kecil, dan masih banyak lagi lainnya. Nggak perlu cemas, aplikasi ini sangat user friendly atau mudah sekali digunakan bahkan untuk ibu baru.


2. PrimaKu.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: play.google



Aplikasi ini dicetuskan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Penggunaannya mudah, kamu cukup mengisikan data anak seperti tanggal lahir, tinggi dan berat badan, lingkar kepala.

Dengan pencatatan tersebut, kamu akan tahu apakah buah hati sudah tumbuh secara normal atau belum. Tak tanggung-tanggung, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi tentang kesehatan anak, jadwal vaksin dan rekomendasi dokter yang tepat, misalnya.


3. Apikuan.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: play.google



Aplikasi ini cocok buat kamu milenal yang baru pertama kali merasakan kehamilan. Dengan Apikuan, kamu nggak perlu cemas dengan ketidaktahuanmu tentang bayi untuk pertama kali. Karena aplikasi ini bisa jadi teman seiring perjalananmu jadi orangtua baru.

Apikuan dirancang khusus untuk merawat dan mengecek tumbuh kembang anak hingga 2 tahun. Tak berbeda jauh dari aplikasi lainnya, di Apikuan juga tersedia jadwal lengkap imunisasi dan timeline pertumbuhan anak.


4. Teman Bumil.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: play.google



Aplikasi cerdas lainnya untuk orangtua baru ialah Teman Bumil. Aplikasi ini bisa menunjukkan ilustrasi janin, digambarkan sesuai ukuran janin. Selain itu tersedia juga foto 3D janin yang bisa diputar, jadi kamu bisa melihat bentuk sang jabang bayi dengan mudah dan menyeluruh.

Bahkan Teman Bumil juga menyediakan referensi nama-nama bayi, artikel terkait kesehatan bumil, dan makanan sehat untuk bayi. Nggak hanya menyangkut urusan bayi, Teman Bumil bisa juga memantau perubahan fisik dan psikologismu seiring masa kehamilan.


5. Chai's Play.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: play.google



Mungkin aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya. Karena di sini kamu nggak hanya bisa mengecek tumbuh kembang sang anak, tapi juga ada fitur menarik lainnya.

Aplikasi ini memungkinkanmu untuk jadi orangtua yang cerdas untuk tumbuh kembang anak. Chai's Play cocok buat kamu yang ingin mengecek dan menjaga buah hati mulai dari melahirkan hingga usia 6 tahun. Di sini tersedia berbagai jenis ide permainan edukasi yang efektif bagi parenting.

Dengan berbagai bidang bermainan komplet mulai dari kognitif, sensorik, emosi, dan masih banyak lagi lainnya. Nggak perlu khawatir, karena semua permainan telah disesuaikan dengan umur anak.

Aplikasi ini baru menyediakan dua menu bahasa, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Korea Selatan. Kamu bisa mengunduhnya dengan mudah melalui Google PlayStore. Lalu memasangnya di Android pada umumnya.


6. Mommychi.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: apps.apple



Aplikasi ini membantumu untuk bisa jadi teman si buah hati. Mulai dari persiapan kehamilan, masa mengandung, hingga saat si kecil tumbuh besar.

Fitur yang tersedia di aplikasi ini juga lumayan lengkap. Kamu bisa mencatat segala hal tentang kebutuhan kesehatan anak, termasuk jadwal imunisasi dan mendeteksi gejala penyakit si kecil. Menariknya lagi, kamu bisa mudah menemukan informasi seputar rumah sakit, dokter, serta apotek terdekat.


7. BabyBump Pregnancy Pro.

Aplikasi pantau tumbuh kembang anak pixabay.com

foto: apkpure.com



Seperti namanya, kamu bisa jadi orangtua yang lebih kritis dan tanggap jika menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat efektif digunakan untuk kamu yang ingin tahu tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Nggak hanya memberikan gambarannya saja, tapi kamu juga bisa melihat informasi lengkap perubahan apa saja yang terjadi sepanjang usia kehamilan. Bahkan dengan aplikasi ini, kamu bisa mengetahui berapa jumlah tendangan dari buah hati.