Brilio.net - Umumnya, seseorang hanya bisa menggunakan satu akun media sosial pada satu smartphone. Meskipun smartphone itu dual sim, tak mungkin rasanya untuk mendaftarkan dua nomor itu menjadi dua akun WhatsApp yang berbeda.

Kecuali Instagram yang memang sudah mendukung akun ganda dalam satu aplikasi, lazimnya dalam satu smartphone hanya bisa memuat satu akun WhatsApp, Facebook, LINE, WeChat, bahkan Clash of Clan.

Padahal bisa jadi satu orang membutuhkan dua akun untuk membedakan urusan bisnis dan personalnya. Jika sudah begini, maka biaya untuk membeli smartphone baru pun perlu dikeluarkan.

Tapi bagi kamu pengguna Android, tenang saja. Ternyata kamu bisa memiliki dua akun Facebook, WhatsApp, LINE, dan lainnya dalam satu smartphone dengan aplikasi bantuan. Dengan aplikasi paralel akun, kamu bisa log in dua akun Facebook, WhatsApp, Snapchat dan lainnya sekaligus.

Nah, aplikasi pembantu apa saja yang bisa dipakai untuk memiliki akun paralel dalam satu smartphone? Berikut 6 aplikasi tersebut yang dilansir brilio.net dari Honghkiat, Sabtu (11/6).


1. Parallel Space

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

Parallel Space akan menggabungkan dan mengaktifkan dua akun sekaligus dalam satu smartphone Android. Hanya dengan sekali tap, kamu bisa berganti akun dengan mudah.

Dengan mengunduh Parallel Space, kamu bisa log in akun Facebook, WhatsApp, Clash of Clant, SnapChat sekaligus.  Urusan antara bisnis dan personal jadi lebih mudah deh! Untuk masalah kapasitas memori tenang saja, aplikasi ini hanya memakan ruang 2 MB di memori smartphonemu kok!


2. 2Accounts

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

2Accounts juga bisa menjadi pilihanmu agar kamu bisa log in paralel akun. Seperti Parallel Space, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk log in dua akun sekaligus dalam media sosial yang sama.

Aplikasi ini mendukung untuk media sosial Facebook, Google+, WeChat, dan lain-lain. Meski begitu, penggunaan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk kehilangan notifikasi dari media sosialmu.


3. Multi Accounts

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

Punya fungsi yang sama, aplikasi yang satu ini juga bisa kamu coba. Aplikasi ini membuat dua akun WhatsApp, Snapchat, KakaoTalk, Skype, WeChat aktif bersamaan.

Tak cuma itu, kamu juga bisa punya akun dobel dari game seperti Clash of Clans dan lainnya. Kelebihan dari aplikasi ini bisa mempertahankan data dan history secara penuh tanpa khawatir hilang.

BACA JUGA: 10 Trik rahasia menggunakan LINE, yang hobi chatting wajib tahu nih!


4. 2 Lines for Whazzap

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

Jika kamu hanya ingin punya dua akun WhatsApp, kamu bisa pilih mendownload aplikasi ini saja. 2 Lines for Whazzap memang disiapkan untuk mengoperasikan dua akun WhatsApp dalam satu smartphone.

Meski begitu, aplikasi ini akan melakukan request root permission, sehingga pastikan ponselmu sudah diroot sebelum diinstall aplikasi ini.

Meskipun menjadi salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan, tapi akun WhatsApp pada aplikasi ini sedikit terganggu dengan iklan pop-up.


5. App Cloner

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

App Cloner memungkinkanmu membuat kloning dari aplikasi yang ada di smartphonemu. Sehingga memungkinkan tak cuma dua akun dari aplikasi media sosial yang sama. Aplikasi ini berjalan secara paralel dengan aslinya sehingga data bisa aman terjaga meskipun aplikasi utamanya diperbarui.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mengubah warna ikon aplikasi kloningannya untuk membedakan yang asli dengan yang kloningan. Kamu juga bisa menambahkan proteksi password untuk aplikasi kloningnya. Kelemahannya, aplikasi ini tak mendukung platform populer seperti Facebook Messenger dan WhatsApp.


6. CM AppClone

paralel akun medsos dalam smartphone © 2016 brilio.net

Aplikasi ini dirancang untuk menawarkan akses paralel pada akun media sosial dan instant messenger. Dengan sekali tekan, kamu bisa beralih pada akun lain dan menerima semua notifikasi dari akun tersebut. Kelebihannya, aplikasi ini mencegah crash antar akun dan menyediakan ruang penyimpanan yang terpisah antar akun.

Itulah 6 rekomendasi yang bisa kamu coba agar satu smartphonemu bisa memuat lebih dari satu akun media sosial. Tentu dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah punya dua akun Facebook, WhatsApp, LINE, dan aplikasi lainnya. Selamat mencoba!