Brilio.net - Salah satu aktivitas yang kerap dilakukan dengan laptop adalah berselancar di dunia internet. Itu tidak mungkin tidak, sebab hampir semua pekerjaan kini membutuhkan informasi dari internet.

Aktivitas browsing ini cukup menguras baterai. Tapi kini kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan browser Opera. Mode hemat daya ini jelas menjadi keuntungan besar bagi para pengakses internet melalui laptop. Browser ini disebut-sebut merupakan yang pertama memberikan fasilitas penggunaan daya yang kecil sehingga dapat menghemat baterai laptopmu.

Dikutip dari Tech Radar, Kamis (19/5), produsen Opera menyatakan browser ini dapat memperpanjang daya baterai hingga 50% dibandingkan dengan versi Opera sebelumnya maupun browser yang umum seperti Google Chrome. Namun, prosentase penghematan akan bervariasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti perangkat keras laptop, aplikasi lain yang sedang berjalan, dan lain sebagainya. Angka 50% itu tidak ajek, bisa kurang namun bisa juga lebih.

Bagaimana mode hemat daya ini bekerja? Opera diatur agar dapat mengurangi aktivitas tab yang terbuka namun tidak sedang dikunjungi, mem-pause plug-in yang sedang tidak terpakai, mengurangi frame rate hingga 30 fps, menghentikan animasi tema browser, dan berbagai optimisasi lainnya.

Ketika laptopmu sedang tidak kontak dengan listrik, Opera secara otomatis akan menampilkan ikon baterai di kanan atas untuk menawarkan mode hemat daya. Kamu hanya perlu mengklik ini untuk mengaktifkannya. Browser ini juga akan mendeteksi bila baterai laptopmu sedang rendah dan kemudian secara aktif menunjukkan mode hemat daya harus diaktifkan.

Opera juga telah dilengkapi dengan  integrated ad blocker yang dapat mengurangi konsumsi memori sehingga menambah panjang umur baterai. Gimana, tertarik coba opera?

(brl/fen)

(brl/fen)