Brilio.net - Di era digital ini, bermain video game menjadi salah satu kegemaran generasi milenial. Mulai dari game PC hingga game mobile kini digemari banyak orang. Khusus untuk game PC tentunya membutuhkan perangkat kelas atas. Kendati demikian, bukan berarti PC dengan spesifikasi pas-pasan nggak bisa digunakan untuk bermain game.

Ada beberapa judul game lama dan baru yang masih dapat dimainkan di laptop atau PC berspesifikasi standar. Meskipun tentunya kamu tidak akan mendapat performa yang sama dengan ketika memainkan game di PC/laptop kelas atas.

Sebenarnya ada cara jitu untuk memanfaatkan perangkat komputer yang kamu miliki saat ini untuk bermain game. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips untuk memanfaatkan laptop standar untuk bermain game seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Rabu (18/12).

 

1. Optimalkan RAM
.
Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa apakah spesifikasi di komputer sesuai dengan rekomendasi hardware dari pengembang gim. Ada beberapa judul gim yang memang tidak kompatible untuk dimainkan di perangkat dengan hardware pas-pasan. RAM 8GB sudah cukup untuk memainkan game kelas rendah dan menengah, meskipun kamu mungkin kesulitan dengan beberapa judul.

 

2. Beli mouse yang mumpuni

5 Tips main video game di laptop pakai spesifikasi pas-pasan © 2019 pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Salah satu perangkat yang harus dipertimbangkan untuk bermain game PC adalah mouse. Berbekal mouse, beragam genre gim pun dapat dimainkan dengan lebih mudah, cepat, dan fleksibel. Tidak perlu beli mouse mahal-mahal, tetapi setidaknya kamu memiliki perangkat yang nyaman di tangan dan dipakai.

 

3. Selalu colok laptop ke stop kontak.
Bermain game dapat menguras baterai laptop. Karena itu, ada baiknya untuk selalu mencolokkan charger laptop setiap kali bermain game. Selain untuk mencegah baterai habis saat bermain game, hal ini dilakukan agar hardware di laptop dapat mengonsumsi daya lebih optimal.

 

4. Matikan program berjalan di belakang.

5 Tips main video game di laptop pakai spesifikasi pas-pasan © 2019 pixabay.com

foto: pixabay.com

 

Untuk mendapat pengalaman lebih maksimal saat bermain game, ada baiknya kamu mengurangi beban pekerjaan perangkat. Banyaknya tab yang dibuka pada browser dapat mempengaruhi tampilan pada laptop kamu saat menjalankan gim.

 

5. Atur tampilan grafis ke low.
Setelah bisa menjalankan game di PC/komputer berspesifikasi pas-pasan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur grafis game ke paling rendah. Walau memiliki tampilan yang kurang detail, setidaknya kamu dapat memainkan game lebih mulus dan tanpa lag.