Brilio.net - Instagram adalah salah satu media sosial yang menarik dalam beberapa tahun ini, khususnya di Indonesia. Beragam fitur yang dikeluarkan Instagram juga semakin membuat penggunanya betah. Salah satu yang sering digunakan adalah Instagram TV.

Fitur Instagram TV atau yang sering disebut IGTV ini merupakan salah satu fitur yang memberikan durasi lebih panjang bagi penggunanya yang ingin menikmati video dalam versi panjang. Seperti yang kita ketahui sebelum kehadiran IGTV, kita hanya bisa menikmati video dengan maksimal durasi 1 menit.

IGTV juga memberikan pengalaman yang berbeda bagi penggunanya menikmati video dalam bentuk vertikal. Cara kerja yang mudah seperti Instastories, membuat kita hanya perlu menggeser pilihan video yang akan kita lihat. Dengan perkembangan fitur Instagram ini, disebut-sebut dapat semakin menyaingi YouTube. Apalagi saat ini YouTube juga tak mau kalah dengan mengeluarkan fitur Stories.

Meskipun fitur Stories memiliki daya tarik tinggi, IGTV memiliki keunggulan yang tidak ditemukan pada pendahulunya itu. Selain memiliki kapasitas durasi hingga 10 menit, IGTV juga tidak memiliki batas masa waktu tayang seperti Instastories yang hanya 24 jam. Selain itu kita juga bisa melompati durasi pada konten IGTV.

IGTV juga sering dimanfaatkan para kreator untuk menyalurkan kreativitasnya. Bahkan tak jarang IGTV yang menarik milik para selebgram sering membuat kita betah nonton berlama-lama. Kalau kamu juga ingin bikin IGTV menarik ala selebgram, berikut 5 cara membuatnya agar IGTV-mu terlihat ala selebgram dan jadi semakin banyak yang nonton, seperti dirangkum brilio.net dari Wistia.com pada Selasa (17/12).

Loading...

1. Perhatikan kamera yang digunakan.

5 Cara bikin IGTV jadi menarik ala selebgram © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Dalam membuat konten menarik, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Tentunya untuk menghasilkan gambar berkualitas baik, kamu harus menggunakan kamera yang bagus juga.

Menggunakan kamera bawaan smartphonemu lebih disarankan untuk membuat konten IGTV menjadi lebih menarik. Apalagi saat ini sudah banyak smartphone dengan resolusi tinggi. Beberapa fitur yang terdapat di kamera bawaan smartphonemu juga bisa dimanfaatkan untuk mengeksplor konten yang akan kamu buat. Hal ini akan semakin mendukung hasil gambar yang berkualitas baik.

2. Gunakan tripod.

5 Cara bikin IGTV jadi menarik ala selebgram © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Jangan sampai kamu melewatkan manfaat durasi panjang IGTV. Dengan kelebihan ini, sebenarnya kamu bisa lebih leluasa menyampaikan pesan dengan lebih jelas. Bahkan kamu juga bisa membuat tampilannya lebih menarik dengan bantuan proses editing.

Tapi sebelum kamu mengedit, pastikan hasil gambar yang kamu ambil nyaman untuk di tonton. Gambar yang stabil akan membuat pengikut lebih betah menonton kontenmu. Dan tentu saja hal ini akan membuat pesan jadi lebih mudah tersampaikan.

Kamu bisa menyempurnakan kontenmu menggunakan tripod. Tripod atau kaki tiga juga sudah bisa ditemukan dalam berbagai ukuran. Bahkan untuk smartphonemu yang ramping juga sudah ada ukuran tripod mininya.

3. Gunakan aplikasi voice memo.

5 Cara bikin IGTV jadi menarik ala selebgram © 2019 brilio.net

foto: unsplash.com

Tidak hanya kualitas gambar yang harus diperhatikan dalam membuat IGTV ala selebgram. Karena IGTV adalah media audio-visual, maka kamu juga jangan lupa memperhatikan kualitas suara kontenmu.

Kalau kamu memilih menggunakan backsound lagu, pastikan suaranya tidak terlalu mendominasi dan membuat orang teralihkan fokusnya dari videomu. Tetapi jika kamu menggunakan suaramu sendiri dalam memberikan penjelasan, pastikan juga terdengar jelas saat ditonton.

Untuk mempermudah hal ini, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi voice memo. Aplikasi ini dapat berfungsi sebagai mikrofon saat kamu melakukan perekaman suara. Dengan menggunakan aplikasi audio, akan membuat kualitas IGTV mu lebih jelas dan terlihat profesional tanpa adanya gangguan.

4. Manfaatkan AirDrop melalui PC.

5 Cara bikin IGTV jadi menarik ala selebgram © 2019 brilio.net

foto: lifewire.com

Kamu para pengguna iOS pasti sudah tidak asing dengan istilah AirDrop. Fitur yang terdapat pada iOS 7 dan 8 ini akan memudahkan kamu memindahkan berkas seperti gambar, kontak, dokumen, dan juga video dari satu perangkat iOS ke perangkat lain dengan mudah dan aman.

Tentu saja hal ini sangat pas kalau kamu manfaatkan untuk membuat IGTV-mu.  Kamu bisa memindahkan video sekaligus dari smartphone ke PC menggunakan AirDrop. Selain lebih cepat, hal ini juga tidak sulit dilakukan.

5. Menggunakan aplikasi editor.

5 Cara bikin IGTV jadi menarik ala selebgram © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kualitas IGTV yang menarik memiliki banyak faktor. Jika kamu sudah memproduksi dan memastikan kualitas audio-videomu baik, saatnya untuk menyempurnakannya.

Gunakan aplikasi editor video untuk membuat tampilan videomu jadi menarik. Dengan aplikasi editor, kamu juga bisa mengasah kreativitasmu dengan menggabungkan, atau memotong konten yang kamu inginkan. Bahkan ada banyak aplikasi editor video yang bisa kamu akses untuk pengguna iOS dan Android. Selain gratis, aplikasi ini juga mudah digunakan.

Setelah diedit, jangan lupa pastikan kontenmu tersimpan dalam kualitas resolusi baik. Hal ini akan menghindari gambar pecah ketika video sudah diunggah di IGTV-mu.

Terakhir, kamu juga bisa mengecek ulang videomu secara keseluruhan sebelum di unggah. Ini bisa membantumu untuk memastikan hasilnya sesuai yang kamu inginkan.