Brilio.net - Di zaman yang sudah canggih ini siapa sih yang tidak menggunakan handphone dan kuota internet. Kedua hal tersebut seperti menjadi kebutuhan sekunder yang tak bisa dipisahkan. Tentunya semua kalangan dari tua, muda, hingga anak-anak pun menggunakannya.

Membahas soal kuota internet, pasti sebelum menggunakannya kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar dapat terhubung dengan layanan internet. Jika sudah diaktifkan, kamu pun bisa leluasa berselancar menikmati layanan internet seperti Instagram, WhatsApp, YouTube, belanja online dan sebagainya.

Jika sudah asyik main internet, hal terpenting yang harus dilakukan yakni mengecek kuota interaksi berkala. Sehingga kamu bisa mengontrol penggunaan kuota internet agar tidak terlalu boros saat menggunakannya. Di Indonesia, ada banyak pilihan provider yang bisa kamu gunakan untuk terkoneksi ke internet. Satu di antaranya yakni Smartfren yang menyediakan layanan internet dengan penawaran paket kuota internet terjangkau.

Mungkin dari sekian banyak orang masih ada yang belum mengetahui cara cek kuota Smartfren. Padahal ada beberapa cara cek kuota Smartfren yang mudah dan cepat. Bahkan cara tersebut bisa dilakukan hanya lewat handphone loh.

Buat kamu yang belum tahu dan ingin tahu caranya, berikut brilio.net rangkum 5 cara cek kuota Smartfren lewat handphone dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (30/12).

1. Melalui aplikasi MySmartfren.

Cara cek kuota Smartfren © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara cek paket Smartfren yang pertama yaitu menggunakan aplikasi MySmartfren. Ya, bagi kamu yang sudah lama atau memutuskan untuk menggunakan Smartfren, maka kamu bisa melakukan berbagai transaksi hingga cek kuota data dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Berikut ini langkah-langkah cek kuota Smartfren melalui aplikasi MySmartfren.

a. Unduh dan instal aplikasi MySmartfren pada Play Store atau App Store.

b. Buka aplikasi MySmartfren.

c. Lalu buat ID Smartfren dengan menggunakan nomor Smartfren kamu.

d. Pilih menu Login dengan menggunakan ID Smartfren.

e. Terakhir kamu bisa melihat sisa kuota internet pada halaman utama aplikasi MySmartfren.

2. Melalui kode USSD *123#.

Cara cek kuota Smartfren © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara alternatif lainnya yakni melalui kode USSD. Cara cek kuota Smartfren kali ini sudah cukup populer dan sering dilakukan. Kamu hanya perlu menekan kode USSD untuk mengetahui kuota internet hingga masa aktif. Berikut cara cek kuota Smartfren dengan kode USSD *123#.

a. Buka aplikasi menu telepon di HP kamu.

b. Lalu tekan tombol *123#.

c. Setelah itu, klik "Call" atau "Panggil".

d. Tunggu beberapa saat, sisa kuota dan masa aktif kamu akan ditampilkan dalam menu bar.

3. Melalui SMS.

Cara cek kuota Smartfren © berbagai sumber

foto: freepik.com

Cara cek kuota Smartfren selanjutnya yaitu melalui SMS ke 999. Cara ini bisa mengetahui kuota internet yang sedang aktif, jenis paket data, hingga masa aktifnya. Berikut ini cara cek kuota Smartfren melalui SMS.

a. Buka aplikasi pesan yang ada di HP kamu.

b. Pilih menu "Buat Pesan Baru" atau "Tulis Pesan".

c. Tulis dengan format "Cek", lalu kirim ke 995 menggunakan kartu SIM Smartfren.

d. Nantinya kamu akan menerima SMS balasan yang berisi informasi nomor Smartfren, sisa kuota Smartfren, dan juga masa aktif kuota.

4. Melalui kode USSD *995#.

Cara cek kuota Smartfren © berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain itu ada pula cara lain untuk cek kuota Smartfren melalui kode USSD. Cara ini pun sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menekan kode USSD untuk mengetahui kuota data hingga masa aktif. Berikut cara cek kuota Smartfren melalui kode USSD *995#.

a. Buka aplikasi menu telepon di HP kamu.

b. Lalu, tekan tombol *995#.

c. Setelah itu, klik "Call" atau "Panggil", untuk mengetahui sisa kuota atau paket data kamu.

c. Lihat informasi nama paket, sisa kuota, hingga masa aktif dari paket Smartfren yang sedang kamu gunakan.

5. Melalui website Smartfren.

Cara cek kuota Smartfren © berbagai sumber

foto: smartfren.com

Cara cek kuota Smartfren yang terakhir yaitu melalui website resmi Smartfren. Sebelumnya, pastikan HP kamu sudah terkoneksi dengan internet. Berikut langkah-langkah mudah dan cepat cara cek kuota Smartfren melalui website resmi.

a. Kunjungi website resmi smartfren.com dari HP kamu.

b. Buat ID Smartfren dengan menggunakan nomor Smartfren kamu yang aktif.

c. Pilih menu Login dengan menggunakan ID Smartfren.

d. Selesai, kamu bisa melihat sisa kuota internet Smartfren pada halaman utama website tersebut.

(brl/red)

(brl/red)