×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet

View Image

0

BRILIO » Gadget

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet

Cara screenshot di laptop berbeda dengan screenshot pada smartphone.

09 / 11 / 2019 07:39

Brilio.net - Screenshoot merupakan suatu gambar tangkapan layar yang diambil oleh laptop atau komputer untuk merekam tampilan yang tampak di layar visual. Namun, sebagian orang mungkin masih ada yang belum mengerti cara screenshot di laptop. Padahal ada kalanya kita membutuhkan screenshot dari layar laptop.

Hal ini tentunya sangat penting dan dapat mendukung kinerja kamu. Karena cara screenshot di laptop berbeda dengan screenshot pada smartphone, yang hanya mengunakan cara praktis seperti menyentuh dengan tiga jari. Secara umum kebanyakan orang mengetahui cara screenshot di laptop dengan menggunakan tombol PrintScreen di keyboard. Ada pula menggunakan beberapa aplikasi.

Dengan menguasai beberapa cara screenshot di laptop, tentunya kan memberikan banyak manfaat yang bisa kamu dapat. Salah satunya screenshot ini bisa menjadi bukti. Nah menarik kan?

Berikut brilio.net menghimpun dari berbagai sumber, Jumat (8/11), empat cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet.

1. Menggunakan tombol PrintScreen.

Loading...

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

Tombol PrintScreen pada keyword memang berfungsi untuk screenshot. Meski caranya mudah, namun kita tidak dapat mengambil screenshot sesuai ukuran layar yang diinginkan, karena tangkap layar dengan tombol PrintScreen hanya mengambil satu layar penuh. Tombol ini otomatis menyimpan gambar di slot copy laptop kamu. Nah, berikut cara screenshot di laptop dengan PrintScreen:

a. Pertama buka halaman pada laptop yang ingin kamu screenshot.

b. Kemudian tekan tombol PrintScreen yang terdapat

di sisi kanan atas laptop. Setelah menekan tombol PrintScreen memang tidak ada reaksi apa-apa. Hasil gambar screenshot akan tersimpan pada clipboard dan kamu bisa mem-paste-nya.

c. Setelah itu buka pengolahan gambar/aplikasi paint dan tempelkan screenshot (Ctrl+V). Kamu akan mendapatkan tampilan screenshot dari seluruh layar.

d. Setelah itu kamu bisa meng-edit terlerbih dahulu atau bisa langsung menyimpannya, hanya dengan pilih File > Save As.

2. Menggunkan tombol Alt dan PrintScreen.

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

Cara screenshot di laptop selanjutnya yaitu dengan tombol Alt dan PrintScreen bersamaan. Metode ini digunakan untuk jendela program atau aplikasi yang masih aktif saja, bukan full screen. Hal ini memudahkan karena kamu tidak perlu membuka program aplikasi screenshot untuk mengambil gambar tertentu pada layar. Caranya sebagai berikut:

a. Tentukan terlebih dahulu jendela program mana yang ingin kamu screenshot. Misalnya saja ingin screenshot layar pada program Word. Jadi terlebih dahulu arahkan kursor pada jendela Word, kemudian tekan tombol Alt+PrintScreen.

b. Sama halnya dengan cara pertama, buka program Paint, lalu paste dengan klik kanan > Paste atau dengan Ctrl+V.

c. Setelah itu bisa langsung menyimpannya.

3. Menggunakan aplikasi Snipping Tool.

Selain menggunakan tombol PrintScreen, melakukan screenshot di laptop dapat dilakukan dengan aplikasi Snipping Tool. Aplikasi ini mudah dipasang di laptop, kamu hanya butuh menginstal terlebih dahulu. Aplikasi ini berbeda dengan menggunakan tombol PrintScreen di mana melakukan screenshot seluruh layar penuh. Dengan aplikasi Snipping Tool dengan mudah kamu bisa screenshot gambar sesuai ukuran yang diinginkan. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya:

a. Buka halaman yang ingin kamu screenshoot. Lalu tekan tombol Windows, ketikan Snipping Tool dan pilih software tersebut.

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

b. Pada jendela Snipping Tool terdapat 4 mode yang bisa kamu pilih pada menu 'New'. Yakni Free-form snip, screenshot sesuai bentuk yang kamu mau. Rectangular Snip, Screenshot dengan bentuk 4 sisi sesui keinginan kamu. Window & Full Screen Snip, kedua pilihan ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk screenshot satu layar penuh.

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

c. Pilih mode screenshot yang kamu inginkan.

d. Selanjutnya tinggal kamu gerakkan kursor sesui dengan bagian yang ingin kamu screenshot.

e. Hasil screenshot akan langsung ditampilkan pada jendela Snipping Tool.

f. Setelah selesai, kamu bisa memilih menu File > Save As. Lalu simpan dimanapun yang kamu inginkan.

4. Menggunakan aplikasi PhotoScape.

Mungkin diantara kamu sering menggunakan aplikasi PhotoScape untuk mengedit foto seperti menambahkan tulisan pada foto maupun membingkai beberapa foto menjadi satu frame. Pertama pastinya kamu harus menginstal aplikasi PhotoScape terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

a. Pertama pilih area yang ingin kamu screenshot.

b. Buka aplikasi PhotoScape. Klik ikon 'Screen Capture' atau 'Menangkap Layar'.

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

c. Kemudian akan muncul kotak dialog. Kotak dialog ini akan memampilkan beberapa pilihan yang ingin kamu ambil seperti Menangkap Utuh Satu Layar, menangkap jendela, mengkap area dan mengulang tangkapan terakhir. Tentukan salah satu pilihan, misalnya 'Menangkap utuh satu layar'.

4 Cara screenshot di laptop mudah dan tanpa ribet pixabay freepik.om

foto: brilio.net

d. Setelah mengambil gambar kamu bisa crop atau edit sesuka hati dan kemudian simpan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more