Brilio.net - Keamanan data di sebuah smartphone menjadi hal yang sangat penting bagi penggunanya. Karena itu, di setiap smartphone disematkan fitur pengamanan yang semakin hari kian canggih.

Sistem pengamanan yang paling umum adalah dengan memakai password. Masalahnya, banyak pengguna smartphone terkadang lupa dengan sandi yang digunakannya. Alhasil, mereka jadi kebingungan karena nggak bisa mengakses data di gadget-nya.

Selain password, bisa jadi menggunakan pemindai sidik jari dan juga face unlock. Namun lagi-lagi yang jadi masalah adalah ketika lupa passcode-nya ketika perangkat restart atau rusak.

Tapi kalau kamu mengalami situasi seperti ini, nggak perlu panik. Smartphone kamu masih tetap bisa kamu akses dengan beberapa trik yang mudah dipakai.

Nah, berikut ini cara masuk ke Android melewati passcode, meski lupa passwordnya. Dilansir dari online-tech-tips.com melalui merdeka.com, Minggu (5/5) berikut ulasannya.

Loading...

1. Menghapus perangkat dengan Google 'Find My Device'.

trik gadget istimewa

Dengan cara ini, kamu memposisikan smartphone kamu seakan-akan hilang dan mengaksesnya untuk direset. Jadi, lewat opsi ini kamu akan menghapus informasi di perangkat kamu dan membuatnya seperti baru kembali.

Ini adalah cara efektif agar kamu bisa kembali mengakses smartphone kamu. Namun, kamu harus merelakan jika ada foto-foto atau dokumen penting yang ada di dalam memori smartphone.

Untuk menggunakan metode ini, akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop kamu. Jika sudah, kamu akan mendapatkan identifikasi dari smartphone kamu, termauk nama, lokasi terakhir, dan prosentase baterai.

Jika sudah, pilih opsi Erase Device, dan pilih kembali di langkah berikutnya. kamu lalu akan masuk ke laman login Google, login, dan smartphone akan tersetel dalam keadaan baru. Dari sini, kamu tinggal menyetel kembali password yang bisa kamu ingat.

2. Factory reset.

trik gadget istimewa

Seperti opsi pertama, metode ini akan membuat informasi dalam perangkat terhapus. Ini adalah opsi yang bisa kamu lakukan tanpa melakukan Google Find My Device.

Untuk melakukan opsi ini, kamu harus booting perangkat ke mode Recovery. Cara stkamur yang bisa dilakukan di hampir semua smartphone adalah mematikan smartphone sembari menekan tombol volume turun bersamaan. Dengan ini kamu akan masuk bootloader. Cara ini mungkin akan berbeda di smartphone keluaran terbaru.

Ketika kamu sudah masuk bootloader, gunakan tombol volume untuk navigasi ke Recovery Mode, dan tekan tombol power untuk enter. Di Recovery Mode, pilih Wipe data/factory reset.

Tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan kamu, lalu perangkat akan merestart dan menghapus data kamu. Setelah selesai, kamu akan menyetel smartphone kamu sebagaimana smartphone baru.

3. Opsi Safe Mode.

trik gadget istimewa

Safe Mode bisa dipakai jika kamu menggunakan lock screen dari pihak ketiga, bukan bawaan smartphone. Karena ketika masuk safe mode, aplikasi pihak ketiga tak akan berfungsi.

Untuk masuk safe mode, tekan tombol power, lalu pilih dan tahan opsi power off. Setelah ini kamu akan mendapatkan opsi reboot ke safe mode. Pilih Okay.

Ketika masuk di safe mode, kamu bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, dan restart lagi perangkat kamu. Dengan ini, kamu akan masuk perangkat tanpa password.

4. Bawa ke reparasi.

trik gadget istimewa

Membawa ke tukang reparasi adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan smartphone kamu. Tentu, dengan ini kamu harus membayar sejumlah uang, seringkali tidak sedikit, untuk menyelamatkan smartphone kamu.

Hal ini jadi opsi karena biasanya tukang reparasi tidak asing dengan deretan solusi soal terkuncinya Android. Biasanya, pemecahan masalah yang dilakukan adalah rooting dan menggunakan Android Debug Bridge.