Brilio.net - Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi yang cepat membuat pengguna media sosial juga terus mengalami kenaikan. Di Indonesia sendiri, pengguna sosial yang masih aktif hingga kini berkisar 150 juta. Angka tersebut tentu cukup besar jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Dari 150 juta pengguna, ada 20 juta pengguna yang menggunakan akun media sosial Facebook. Seperti yang sudah diketahui, Facebook merupakan salah satu media sosial yang cukup populer di kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Adanya tools yang lengkap serta tampilan yang sederhana menjadi salah satu daya pikat Facebook yang cukup diminati.

Dengan banyaknya media sosial saat ini, Facebook terus memperbaiki berbagai fitur yang menyertainya. Hal ini dilakukan agar pengguna lama Facebook tetap 'betah' dan pengguna baru juga semakin bertambah.

Nah, tahun 2020 ini, ada beberapa fitur terbaru yang layak kamu coba. Salah satu yang terbaru ada fitur yang secara khusus difungsikan untuk menangani corona. Penasaran apa saja? Berikut tiga fitur terbaru Facebook yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (13/4).

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Dark Mode.

Fitur terbaru Facebook 2020 Berbagai sumber

foto: apkpure.com

Facebook juga menerapkan fitur Dark Mode untuk platform media sosial mereka. Fitur ini cukup populer karena tampak lebih modern dan simpel. Selain dari segi tampilan, fitur Dark Mode juga bisa membantu meminimalisir cahaya layar sehingga mata tidak cepat lelah.

Untuk mengaktifkannya pun cukup mudah, caranya sebagai berikut:

- Login ke laman web Facebook dan klik ikon di kanan atas layar.

- Pilih 'Switch to New Facebook' di tab drop-down

- Lanjutkan dengan memilih tombol 'Next'.

- Pilih 'Dark' di sisi kanan saat jendela "Choose a Look" muncul.

- Klik tombol 'Get Started.'

Selanjutnya kamu bisa mulai menggunakan fitur Dark Mode ini pada akun Facebook-mu.

2. Quiet Mode.

Fitur terbaru Facebook 2020 Berbagai sumber

foto: apkpure.com

Ada kalanya orang ingin istirahat sejenak meninggalkan aktivitas bermedia sosial. Apalagi jika ada sesuatu yang mendesak yang membutuhkan tingkat konsentrasi maupun fokus yang tinggi. Sebagian orang juga mengaku terganggu dengan kehadiran notif dari gadget. Bahkan dalam beberapa kasus, ada seseorang yang mengidap penyakit mental karena tak bisa mengabaikan media sosial dalam kehidupannya.

Berbagai keluhan ini pada akhirnya sampai kepada Facebook. Pihak Facebook pun merilis fitur 'Quiet Mode' yang memungkinkan pengguna dapat membatasi dan mengatur waktu untuk berinteraksi lewat aplikasi. Dengan mengaktifkan fitur Quiet Mode maka seluruh pemberitahuan dengan waktu yang pengguna tentukan akan disenyapkan.

Selain Quiet Mode, Facebook juga telah menambahkan pintasan untuk Pengaturan Pemberitahuan dan Preferensi Umpan Berita. Fungsinya agar pengguna dapat mengontrol jenis pemberitahuan yang mereka inginkan. Jadi notif yang muncul benar-benar sesuai dengan kategori yang kamu pilih.

Untuk saat ini, fitur Quiet Mode belum ditemukan di versi Android, namun sudah tersedia untuk versi iOS. Meski begitu, Facebook tetap berusaha melakukan berbagai pembaharuan untuk versi Android kok. Jadi, tunggu saja sampai fitur ini bisa rilis dan digunakan dalam semua aplikasi Facebook baik versi Android maupun iOS.

3. Community Help.

Fitur terbaru Facebook 2020 Berbagai sumber

foto: apkpure.com

Facebook telah mengaktifkan fitur bernama Community Help atau Bantuan Komunitas. Sebenarnya fitur Bantuan Komunitas ini sudah diluncurkan sejak tahun 2017 sebagai bagian dari fitur Pemeriksaan Keamanan Facebook. Namun pada tahun 2020 ini, Facebook menjadikan fitur Bantuan Komunitas sebagai salah satu upaya ditengah pandemi corona. Facebook juga turut memantau bagaimana kebijakan setiap untuk menghindari penyebaran virus Covid-19.

Oleh sebab itu, fitur Comunity Help atau Bantuan Komunitas akan difungsikan untuk menghubungi para pengguna Facebook dan memeriksa apakah semuanya baik-baik saja. Artinya fitur ini lebih memastikan kondisi pengguna agar lebih tanggap terhadap krisis Covid-19. Selain itu, fitur ini juga bisa memfasilitasi penggunanya untuk menawarkan maupun meminta bantuan kepada teman-teman atau pengguna lain di sekitarnya.

Agar semakin berfungsi baik, fitur ini juga dilengkapi dengan Information Center atau Pusat Informasi Covid-19 . Fitur ini merupakan hasil kerja sama Facebook dengan UNF/WHO Covid-19 Solidarity Response Fundraiser dan CDC Foundation. Sejak diluncurkan pada Maret lalu, tercatat lebih dari 1 miliar pengguna telah mengakses fitur ini. Sementara itu ada lebih dari 100 juta pengguna mengakses laman resmi otoritas kesehatan global untuk mempelajari lebih lanjut soal Covid-19

Alat Bantuan Komunitas telah diaktifkan pertama kali untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, dan Australia. Namun saat ini sudah ada lebih dari 30 negara yang bisa mengaksesnya, termasuk Indonesia. Selain itu, Facebook juga turut menghadirkan galang dana untuk menghadapi wabah corona.

Nah jika kamu ingin segera menggunakannya, Fitur Community Help dapat ditemukan di opsi Covid-19 Information Center (Pusat Informasi Covid-19) yang ada dalam aplikasi Facebook-mu.

(brl/tin)