Brilio.net - Facebook memperkenalkan fitur perlindungan baru untuk foto profil bagi penggunanya di India. Fitur ini dibikin sebagai upaya mencegah orang lain menyalin, membagikan atau menyalahgunakan foto profil di akun seseorang.

Seseorang juga tidak lagi bisa menandai diri mereka pada foto orang lain. Bingkai berupa perisai berwarna biru juga akan tersedia pada bagian luar foto guna mencegah orang lain melakukan screenshot terhadap foto profil.

Facebook mengatakan fitur tersebut dihadirkan setelah mendengar masukan dari organisasi sosial dan keselamatan India bahwa beberapa wanita di negara tersebut memilih untuk tidak mengunggah foto wajah mereka ke internet.

Fitur itu dikembangkan melalui kerja sama dengan berbagai organisasi, di mana pengujian awal menunjukkan berkurangnya penyalahgunaan foto profil. Misalnya, Facebook mengatakan hal sederhana seperti penambahan desain bingkai khusus pada bagian foto setidaknya mengurangi kemungkinan foto disalin sebesar 75 persen.

Seperti dikutip The Verge, Rabu (28/6), pengguna masih bisa melakukan screenshot di laptop atau komputer, dan bingkai biru tersebut hanya sebatas 'petunjuk visual' perlindungan. Sayangnya untuk saat ini, Facebook belum menunjukkan bahwa langkah serupa akan hadir di negara lain.

Loading...