Brilio.net - Video merupakan teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Kamu bisa menemukan atau menonton video gratis dengan internet melalui YouTube.

Di era modern saat ini semakin banyak orang tertarik dengan dunia YouTube. Semakin banyak orang merekam video, dijadikan vlog dan membagikannya kepada teman, anggota keluarga, dan seluruh masyarakat yang ada di dunia.

Para YouTuber bebas berekspresi, entah hanya sekadar berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka atau menggunakan video untuk meningkatkan penghasilan. Semakin banyak kemudahan membuat video, tentu saja kian banyak pula perangkat lunak pengeditan video berkualitas tinggi. Kamu bebas memilih aplikasi atau software apa yang ingin kamu gunakan. Terlebih lagi beragam aplikasi edit video, tersedia juga untuk smarthphone.

Namun jika kamu baru di dunia pengeditan video, kamu mungkin bertanya-tanya mana yang merupakan pilihan terbaik untuk pemula. Apakah ada perangkat lunak pengeditan video gratis untuk pengguna PC Windows? Pastinya dengan kapasitas yang ringan, jadi nggak bikin komputer lemot.

Nggak perlu bingung, pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut rekomendasi 15 aplikasi edit video untuk PC yang gratis dan ringan seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (6/12).

Loading...

1. Blender.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: blender.org

Blender salah satu perangkat lunak pengeditan video gratis terbaik, tersedia di Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini sebenarnya dirancang untuk editing animasi 3D, tetapi dilengkapi dengan editor video lainnya yang sangat berguna.

Edit video Blender rasanya sudah cukup menunjang beragam kebutuhan videomu. Banyak fitur canggih tersedia di Blender, mulai dari pemotongan video, splicing, bentuk gelombang luma, vektor chroma, dan histogram, pencampuran audio, sinkronisasi, penggosokan, dan visualisasi bentuk gelombang.

Aplikasi ini menyediakan 32 slot untuk menambahkan video, gambar, audio, dan efek. Kontrol kecepatan, lapisan penyesuaian, transisi, bingkai kunci, filter, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Avidemux.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: avidemux.en

Avidemux adalah salah satu perangkat lunak pengeditan video terbaik untuk pemula karena sangat mudah digunakan. Program ini dapat membantumu melakukan tugas-tugas dasar termasuk pemotongan sederhana, pengkodean, penyaringan. Saking sederhananya, buat kamu para pemula tidak perlu repot-repot membaca pedoman untuk bisa menggunakan aplikasi edit video yang satu ini.

3. HitFilm Express.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: fxhome.com

HitFilm Express adalah salah satu aplikasi edit video yang lebih profesional. Aplikasi ini berisi semua fitur seperti yang kamu harapkan dari edit dasar mulai dari penyambungan, pemangkasan, pengeditan audio, masih banyak lagi. Paket gratis sudah mencakup lebih dari 180 efek khusus. Tutorial tersedia didasarkan dari beragam film Hollywood terkenal seperti Star Wars.

4. DaVinci Resolve.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: blackmagicdesign.com

DaVinci Resolve bisa dibilang aplikasi edit video paling maju dan modern. Memiliki banyak fitur video profesional, tapi tetap mudah untuk digunakan. Selain memotong video, kamu juga dapat menguasai audio dan warna yang benar.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk menambahkan judul 2D dan 3D ke video. Kelebihan aplikasi ini termasuk pemangkasan tingkat lanjut, pengeditan multicam, koreksi warna, dan penguasaan audio yang canggih.

5. iMovie.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: pcworld.com

IMovie bagus masuk ke Mac OS. Seperti kebanyakan aplikasi Mac asli, editor video ini sangat intuitif untuk digunakan. Aplikasi ini mudah dipelajari juga untuk para pemula. Fitur yang tersedia termasuk perpustakaan transisi yang dibuat sebelumnya, pemangkasan video, pengeditan audio, layar terpisah, dukungan resolusi 4K. Sayangnya aplikasi ini punya kekurangan saat render atau waktu impor membutuhkan waktu agak lambat.

6. Openshot.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: openshot.org

Openshot punya lebih banyak fitur daripada iMovie, lapisan tanpa batas dan pencampuran audio misalnya. Editor gratis ini memberikan keseimbangan yang bagus antara fitur-fitur canggih dan antarmuka yang sederhana. Ini juga memberikan petunjuk waktu nyata ketika kamu membuat transisi di antara klip.

Fitur yang tersedia termasuk trek atau lapisan tidak terbatas, mengubah ukuran klip, penskalaan, pemangkasan, gertakan, rotasi, dan memotong transisi video dengan pratinjau waktu-nyata, pengomposisian, overlay gambar, tanda air, template judul, pembuatan judul, subtitle Judul animasi 3D (dan efek), timeline lanjutan (termasuk seret & lepas, menggulir, menggeser, memperbesar, dan menjentikkan).

7. Freemake Video Converter.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: freemake.com

Freemake adalah pengonversi video gratis yang dapat mengubah dan mengonversi video, mengekstrak audio dari klip video, dan menyematkan video ke situs web. Sederhana dan cepat, Freemake dapat digunakan dalam mengonversi klip video untuk diputar di berbagai perangkat seluler dan gadget. Perangkat lunak ini dapat mengkonversi video lebih dari 500 format file video dan mendukung berbagai format file audio dan gambar untuk membuat tayangan slide dan klip video.

8. VideoPad.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: videopad-video-editor.en.softonic.com

VideoPad adalah salah satu alat pengeditan video terbaik untuk kamu yang baru mengenal dunia pengeditan video multimedia. Aplikasi ini sangat sempurna untuk siapa saja yang ingin bermain-main dengan komposisi video karena sederhana dan mudah digunakan.

Fitur yang tersedia termasuk perpustakaan transisi yang dibuat sebelumnya, ekspor film dalam berbagai resolusi, pengeditan video 3D, mengurangi goyangan kamera, perpustakaan efek suara. Menariknya lagi aplikasi ini mampu mengekspor langsung video ke YouTube dan platform sosial lainnya.

9. VSDC Video Editor.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: videosoftdev.com

Ada berbagai macam filter, seperti overlay, efek transisi dan kemampuan koreksi warna. Platform ini dirancang untuk melayani pengguna dengan pengalaman pengeditan yang lancar sehingga bahkan pemula dapat menikmati proyek media kreatif.

Aplikasi ini juga memberi dukungan format lebar yang membantu menangani semua file media populer dengan mudah. Kamu juga dapat menggunakan alat konverter video bawaan untuk bebas mengkonversi format video atau audio ke format lain. Kamu juga dapat langsung mengekspor video ke IG, FB dan YouTube.

10. Kdenlive.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: kdenlive.org

Kdenlive adalah perangkat lunak pengeditan video open-source yang kompatibel dengan Windows, Mac, dan Linux. Perangkat lunak pengeditan video ini dapat menggabungkan kesederhanaan editor video entry-level dengan alat pengeditan video canggih yang sering digunakan oleh para profesional yang berpengalaman. Fitur yang disuguhkan seperti timeline multi-track, sehingga kamu dapat mengimpor berbagai klip video dan audio ke timeline.

11. VirtualDub.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: virtualdub.org

Aplikasi ini mendukung PC yang berbasis Windows. Penggunaannya mudah dan nggak ribet. Fitur yang tersedia seperti mengganti bahkan menghapus audio. Aplikasi ini juga punya fitur rekam langsung dari PC, sehingga memudahkanmu untuk langsung mengeditnya.

12. Windows Movie Maker.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: wincamp.org

Movie Maker adalah aplikasi gratis biasanya bawaan dari Windows. Ini adalah perangkat lunak yang sangat mudah digunakan dan sederhana yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan berbagai musik latar belakang, efek, judul, dan transisi ke video, timeline mudah digunakan untuk menambahkan klip, punya fungsi dasar (gerak lambat, mempercepat, memitong, pratinjau pemutaran video).

13. Corel Video Studio.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: sea.pcmag.com

Software edit video yang satu ini sudah banyak dan sering digunakan. Fitur yang tersedia seperti memotong, menggabungkan, dan menambah beberapa efek suara dengan mudah. Tentunya aplikasi Corel Video Studio ini juga sangat ringan digunakan pada PC. Sebab itu pula produk dari Corel ini punya nilai plus yang lebih.

14. Pinnacle Studio.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay.com

foto: kdenlive.org

Aplikasi ini juga sangat ringan seperti aplikasi lainnya. Ada banyak fitur menarik dan keren tersedia di aplikasi ini. Kualitas hasil rendernya tinggi, sehingga banyak orang tertarik menggunakan Pinnacle Studio

15. Cinelerra.

15 Aplikasi edit video PC terbaik pixabay

foto: cinelerra.org

Sudah lama software Cinelerra menjadi salah satu program editing terpercaya yang jadi pilihan banyak orang. Program Cinelerra terus dikembangkan sejak 1998 silam. Hingga kini Cinelerra pun masih digunakan para editor video. Menariknya lagi, Cinelerra sudah dilengkapi beragam fitur yang akan mendukung pekerjaanmu.