Brilio.net - Setiap tubuh manusia membutuhkan vitamin yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Salah satunya vitamin D yang mampu membantu penyerapan kalsium dari makanan. Selain itu, vitamin D juga dapat menjaga kadar fosfor dalam darah. Keduanya merupakan faktor penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Meski umum disebut sebagai vitamin, sebenarnya vitamin D bukan semata-mata vitamin. Pasalnya vitamin D dianggap sebagai pro-hormon. Vitamin adalah nutrisi yang harus diperoleh melalui makanan atau suplemen karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh. Namun, vitamin D mampu diproduksi oleh tubuh manusia dari sinar matahari yang diserap kulit.

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui pentingnya mengonsumsi vitamin D. Hal itu pun diungkapkan oleh Founder Jovee sekaligus CEO PT Indopasofik Teknologi Media Indonesia (ITMII), Natali Ardianto.

Natali menuturkan, menurut data dari Advances in Health Sciences Research dalam Public Health International Conference (PHICo 2016), menunjukkan sebanyak 95 persen wanita Indonesia mengalami kekurangan vitamin D.

"Makanya banyak masyarakat Indonesia yang mengalami masalah pada tulang padahal masih usia muda, mereka juga mudah panik dan mudah sedih," ujarnya kepada media dalam acara peluncuran aplikasi Jovee di Jakarta.

Loading...

Hal lain yang menjadi alasan masyarakat Indonesia kurang memahami manfaat vitamin D adalah kurangnya mengonsumsi makanan yang beragam. Selain itu, masyarakat lebih memilih mengonsumsi makanan cepat saji yang digoreng. Banyak pula masyarakat yang menunda makan hingga mengabaikan pola makan.

Untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pola hidup yang sehat, Natali bersama pihaknya meluncurkan Jovee sebagai aplikasi kesehatan digital. Jovee dirancang menjadi asisten kesehatan personal bagi penggunanya dengan memperhatikan kondisi dan pola hidup penggunanya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO PT Indopasifik Medika Investama (IMI)/ Group CEO, John Kwari berharap aplikasi ini bisa membantu masyarakat aktif mencegah beragam penyakit sebelum terjadi.

"Diharapkan bisa memberi manfaat khususnya untuk generasi muda. Kami harap masyarakat aktif dalam pencegahan. Kami siap memberikan rekomendasi untuk konsumsi vitamin sesuatu kebutuhan demi menjaga daya tahan tubuh ekstra," pungkasnya.

Saat ini Jovee sudah bisa diunduh melalui Playstore dan App Store atau diakses di laman www.jovee.id.