Brilio.net - Aplikasi pesan instan WhatsApp sangat populer di Indonesia. Ukurannya yang kecil dan ringan di Android dan Apple membuatnya mudah di-install. Fiturnya juga melimpah sehingga membuatnya nyaman digunakan sehari-hari.

Nggak hanya untuk percakapan personal, WhatsApp juga sering dipakai untuk kebutuhan lainnya. Banyak sekali perusahaan yang mengandalkan aplikasi ini sebagai pengganti media komunikasi di kantor. Apalagi di masa pandemi, WhatsApp bisa dengan mudah menjadi solusi efektif karena harus jauh dari kantor dan kolega.  

Selain mengirim percakapan berbasis teks, kita juga bisa mengirim video, rekaman audio, dan gambar di WhatsApp. Kita juga bisa bebas berekspresi menggunakan stiker dan emoji sebagai pengganti teks di percakapan. Melimpah dengan fitur, WhatsApp sangat memudahkan kita untuk berkomunikasi sehari-hari.

Di luar fitur yang sering kamu gunakan, ternyata banyak sekali fitur-fitur tersembunyi yang makin memudahkanmu memakai WhatsApp. Penasaran apa saja?

Dilansir brilio.net dari marca.com pada Minggu (27/2), berikut 12 fitur WhatsApp yang selama ini tersembunyi dan belum banyak orang tahu.

1. Menghapus penanda 'last seen'.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Kita bisa menghapus fitur 'last seen' ketika kita enggan menjawab langsung sebuah percakapan. Caranya mudah, masuk ke Setting, kemudian Account, pilih Privacy. Dari sini, pilih opsi untuk menonaktifkan fitur 'last seen'. Lalu, pilih opsi 'Nobody' untuk menonaktifkan fitur ini untuk semuanya.

2. Dengarkan rekaman suaramu sebelum dikirim.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Caranya sangat mudah. Pertama, rekam suaramu dengan fitur record di WhatsApp. Lalu dengan cepat kembalikan ke home screen.

Saat kamu kembali masuk ke aplikasi WhatsApp, kamu bisa mendengarkan rekaman suaramu sebelum kamu kirim. Ada juga opsi untuk menghapus rekaman jika kamu ingin mengulanginya lagi.

3. Temporary messages.

Kamu bisa mengirim pesan yang bisa terhapus dengan sendirinya di WhatsApp. Caranya mudah. Pertama buka chat WhatsApp, ketuk di nama kontaknya dan pilih Disappearing Messages. Sentuh 'continue' untuk melanjutkan dan pilih opsi 'on' yang ada di layar.

4. Menandai percakapan sebagai 'belum terbaca'.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Kamu bisa menandai percakapan sebagai belum terbaca jika kamu ingin kembali ke percakapan tersebut di lain waktu. Caranya simpel. Ketuk chat sampai muncul opsi baru. Terakhir, pilih opsi mark as unread.

5. Tidak menampilkan foto dan video WhatsApp di galeri.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Foto dan video dari WhatsApp tanpa kamu sadari bisa memenuhi galeri. Seringkali foto ter-download dengan sendirinya ketika mengikuti banyak grup. Solusinya adalah menghapus fitur Media Visibility ini dengan tidak mencentangnya di laman chat dalam pengaturan.

6. Mengganti background percakapan.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Di laman setting, kamu bisa mengganti background percakapan di opsi chat. Pilih background sesuai kesukaan dan kamu juga bisa memilih tingkat kecerahannya di opsi Wallpaper Dimming.

7. Mengubah format chat.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Kamu bisa memformat tulisan di chat dengan trik sederhana ini. Untuk memiringkan tulisan gunakan format _text_. Untuk membuat tulisan jadi tebal atau bold gunakan format *text*. Terakhir, jika ingin mencoret tulisan dengan satu garis, gunakan format ~text~.  

8. Membuat percakapan favorit selalu berapa di atas.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Tak ingin tertinggal dengan percakapan pacar atau sahabat karib? Caranya gampang. Gunakan fitur favorit di WhatsApp dengan cara mengetuk percakapan terus pilih opsi 'Pin Chat'.

9. Melihat siapa kontak yang paling memakan memori kontak.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Melihat percakapan mana yang memakan penyimpanan yang paling banyak gampang sekali. Pertama, pilih opsi Setting. Kemudian pilih Storage and Data. Terakhir, pilih opsi Manage Storage. Di laman tersebut akan terlihat data percakapan siapa yang paling menyimpan memori.

10. Buat notifikasi unik untuk chat favorit.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Kamu bisa mengubah notifikasi untuk percakapan tertentu. Caranya, masuk ke percakapan. ketuk tiga titik di kanan atas. Kemudian ketuk view contact. Di laman tersebut, kamu bisa memilih notifikasi unik dengan opsi custom notifications.

11. Melihat apakah pesan sudah diterima apa belum.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Caranya gampang, pertama klik dan tahan di pesan yang ingin kamu cek. Kedua, sentuh opsi tiga titik dan pilih opsi info yang muncul. Di situ, kamu akan mendapatkan info apakah pesanmu sudah dikirim dan dibaca oleh penerima.

12. Menjadi beta tester.

12 fitur tersembunyi WA istimewa

foto: Istimewa



Kamu bisa menjadi beta tester WhatsApp dan menikmati fitur-fitur terbaru yang belum dirilis secara global. Caranya mudah, masuk ke Playstore dan pilih opsi beta tester di laman aplikasi WhatsApp. Tunggu ketika ada pesan masuk. Namun saat ini kesempatan menjadi beta tester di WhatsApp sedang tertutup.