Brilio.net - Kamu pasti pernah merasa kesal ketika barang kesayangan hilang atau lupa di mana terakhir diletakkan. Apalagi jika barang tersebut tergolong mungil. Kalau sudah begitu, pasti kamu akan mencarinya di setiap sudut ruangan. Ya, jika ketemu sih bikin lega. Tapi apa jadinya ketika kamu sudah mencarinya kemana-mana tapi tetap tak ditemukan?

Nah kejadian semacam ini bisa menimpa siapa saja. Bukan hanya orang tua yang umumnya sudah mulai banyak lupa karena faktor usia. Tapi tidak sedikit juga anak muda yang punya sifat pelupa.

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Namun di era digital seperti sekarang, sebenarnya kejadian yang kerap bikin kesal tersebut bisa diatasi dengan teknologi. Loh kok bisa? Hal inilah yang membuat Samsung menciptakan Galaxy SmartTag, perangkat mungil namun pintar pada Galaxy Ecosystem yang telah terintegrasi dengan aplikasi SmartThings.

Dengan alat ini, barang-barang pribadi dapat diorganisir dan ditemukan secara cepat dan mudah lewat smartphone, sekalipun barang tersebut bukanlah barang Internet of Things (IoT) atau elektronik.  

Loading...

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

“Kehilangan barang penting pasti tidak menyenangkan, ditambah kerepotan saat mencarinya. Samsung terus berinovasi dengan memberikan solusi efektif agar Anda dapat terus multitasking tanpa gangguan,” ujar Leo Hendarto Marathon, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia. 

Penggunaan perangkat cerdas ini juga mudah. Cukup mengaitkan Galaxy SmartTag pada barang penting, maka lokasinya tinggal dilacak kapanpun lewat smartphone Galaxy yang dimiliki, via aplikasi SmartThings.

Lantas, bagaimana perangkat mungil yang dibanderol Rp 399.000 ini bisa bikin kamu bebas khawatir kehilangan barang kesayangan? Berikut faktanya.  

1. Mencari dengan mudah tanpa harus repot

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Saat kita kehilangan barang yang sangat penting, tidak jarang kita menjadi terburu-buru dalam mencarinya dan mengakibatkan kita semakin gegabah. Rasanya kita ingin sekali marah ataupun merasa sedih karena kita tidak dapat menemukan barang tersebut. Kita juga bisa kehilangan momen penting dan terlambat melakukan aktivitas berikutnya karena harus mencari ke seluruh celah dan sudut rumah.

Nah dengan Galaxy SmartTag, kamu nggak perlu lagi kerepotan mencari barang yang hilang. Kamu cukup memasang atau menggantungkannya pada benda-benda berharga seperti dompet, kunci mobil, sepeda terbaru, koper saat bepergian, bahkan binatang peliharaan tersayang sekalipun. Semua barang atau hewan tersebut langsung terkoneksi ke smartphone Galaxy begitu kamu menekan tombol pada Galaxy SmartTag.

Secara otomatis Galaxy SmartTag aktif, mengirim notifikasi Tag in Devices Connection pada aplikasi SmartThings. Setelah itu, kamu tinggal menggunakan SmartThings untuk melacak keberadaan barang berharga.

2. Nih teknologinya

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Saat hendak melacak keberadaan barang yang hilang, perangkat ini menggunakan teknologi bluetooth low energy (BLE) yang memberikan sinyal kepada SmartThings Find pada aplikasi SmartThings secara offline. Caranya gampang banget, pilih Search Nearby pada SmartThings Find maka secara langsung Galaxy SmartTag dan BLE akan terkoneksi untuk mengaktifkan BLE Find Mode. Lalu pada perangkat smartphone Galaxy kamu, akan muncul grafik lingkaran berwarna hijau yang akan berubah lebih besar jika sinyal keberadaan Galaxy SmartTag dengan kamu semakin dekat.

3. Bisa “memanggil” loh

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Bagaimana jika kamu lupa di mana terakhir meletakkan kunci? Kini tidak perlu lagi membongkar seisi rumah. Solusinya mudah. Buka aplikasi SmartThings, tekan tombol Ring untuk “memanggil” kunci tersebut melalui notifikasi suara yang dihasilkan Galaxy SmartTag, dan dekati arah bunyi suara untuk menemukannya. Gampang bukan?

4. Bantuan sesama Galaxy

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Sesama perangkat smartphone Galaxy pun dapat membantu menemukan SmartTag milik kamu yang hilang di tempat yang jauh dengan fitur Galaxy Find Network. Saat Galaxy SmartTag berada jauh dari smartphone kamu selama 30 menit, Galaxy SmartTag dengan BLE memberikan sinyal kepada SmartThings Find di perangkat-perangkat Galaxy di sekitarnya, yang kemudian mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat smartphone Galaxy kamu. Cara ini memudahkan kamu mencari lokasi SmartTag.

5. ID rahasia

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Fitur Private ID memastikan bahwa sepanjang SmartTag mengirimkan sinyal BLE, perangkat ini akan membentuk sebuah ID rahasia yang terus berubah membuat data-data kamu tetap terjaga. Hasilnya, Galaxy SmartTag bisa ditemukan melalui perangkat Galaxy lain tanpa perlu takut data-data pribadi diketahui orang lain.

6. Solusi pintar dalam satu tombol

Galaxy SmartTag © 2021 brilio.net

Saat sedang fokus bekerja atau menemani anak bersekolah online, kamu bisa lupa di mana smartphone atau tablet terakhir diletakkan. Nah Galaxy SmartTag tidak hanya dapat mendampingi barang berharga, tetapi juga membantu mencari perangkat pintar pengguna.

Dengan menekan tombol Galaxy SmartTag sebanyak dua kali, SmartTag akan memunculkan notifikasi suara di smartphone ataupun tablet kamu. Hal ini sungguh memudahkan pengguna, seluruh perangkat Galaxy menjadi satu kesatuan untuk memberikan pengalaman yang seamless.