Brilio.net - Apakah kamu pernah menerima telepon dari nomor tidak dikenal? Biasanya hal ini terjadi karena kamu belum menambahkan nomor tersebut ke dalam kontakmu. Bisa jadi telepon tersebut berasal dari sahabat, keluarga, atau kolegamu.

Namun jika saat itu telepon tidak terangkat, mungkin kamu akan penasaran siapa pemilik nomor tersebut. Situasi ini terkadang membuatmu jadi bingung, antara ingin menghubungi kembali atau membiarkan begitu saja.

Kalau kamu mengalami kejadian tersebut, sekarang nggak perlu panik. Karena kamu bisa memastikan terlebih dahulu siapa pemilik nomor itu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menyapa orang yang ada di balik telepon.

Selain itu, dengan memeriksa nomor asing, kamu juga bisa memastikan apakah nomor tersebut dapat dipercaya atau tidak. Sebab saat ini semakin marak penipuan melalui telepon, SMS, ataupun media sosial. Sehingga dengan begitu kamu bisa terhindar dari kerugian yang tidak diinginkan.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah bagaimana saja cara melacak nomor HP yang tidak dikenal untuk pengguna Android dan iPhone? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (23/7) berikut ini.

1. CallApp.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: callapp.com

Cara melacak nomor telepon yang pertama yaitu melalui aplikasi CallApp. Aplikasi ini menawarkan banyak fitur menarik untuk kamu gunakan. Mulai dari melacak nomor yang tidak dikenal, mengatur panggilan masuk dan keluar, hingga memblokir nomor yang kamu inginkan. Sehingga aplikasi ini cukup membantu untuk kamu yang ingin mengidentifikasi nomor telepon yang masuk dalam HP mu.

2. Truecaller.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: truecaller.com

Selanjutnya ada aplikasi Truecaller. Sama seperti CallApp, aplikasi ini dapat melacak pemilik nomor HP yang tidak dikenal. Menariknya, jika sebuah nomor teridentifikasi sebagai spam, maka aplikasi tersebut akan menampilkan tanda dengan nuansa merah. Sehingga kamu bisa lebih waspada ketika menerima nomor tersebut.

Aplikasi ini menawarkan layanan berbayar dan juga gratis. Kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika memilih layanan berbayar adalah bisa menikmati penawaran fitur yang lebih banyak.

3. TelGuarder.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: play.google.com

Kamu mendapatkan nomor yang mengganggu? Kini kamu bisa memblokirnya dengan aplikasi TelGuarder. Dengan begitu, nomor tersebut tidak bisa menghubungimu kembali. Aplikasi ini juga memberikan akses kepada penggunanya untuk memberikan komentar terhadap sebuah nomor yang mengganggu. Nggak cuma itu saja, kamu pun bisa melaporkan nomor tersebut.

4. Eyecon.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: eyecon-app.com

Selanjutnya ada aplikasi Eyecon yang juga bisa melacak pemilik nomor tidak dikenal. Selain gratis, salah satu hal yang membuat aplikasi ini menarik adalah bebas iklan. Fitur lain yang bisa kamu nikmati adalah menambahkan foto untuk nomor kontak yang tersimpan, serta mengatur bagaimana kontakmu muncul pada kontak orang lain.

5. GetContact.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: getcontact.com

Aplikasi yang tak kalah banyak digunakan untuk melacak nomor telepon adalah GetContact. Dengan memasukkan sebuah nomor HP, kamu bisa mengetahui apa nama kontak yang diberikan oleh orang lain dengan nomor tersebut. Selain itu kamu pun juga bisa memasukkan nomormu sendiri untuk mengetahui nama yang diberikan orang lain untukmu.

GetContact juga memberikan fasilitas untuk memblokir nomor seseorang. Jika ingin mendapatkan layanan lebih, kamu bisa memilih fitur berbayar atau berlangganan dengan Get Contact.

6. Hiya.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: hiya.com

Untuk menghentikan nomor spam kamu juga bisa mencoba Hiya. Aplikasi ini dikenal sebagai solusi untuk memblokir nomor-nomor yang tidak dikenal. Hampir sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya, Hiya pun juga mampu menganalisis panggilan yang masuk ke dalam HP milikmu.

7. Sync.ME.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: sync.me

Cara mengetahui nomor tak dikenal dengan Sync.ME pun tak kalah menarik. Aplikasi ini memudahkan penggunanya untuk mencari identitas hingga foto orang yang menelponmu. Sync.Me juga memberikan fasilitas merekam telepon masuk, memblokir nomor, sampai dengan mengatur kontak.

8. Call Control.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: callcontrol.com

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan mengatur panggilan yang masuk dalam HPmu. Call Control akan memberikanmu peringatan jika ada telepon masuk yang dideteksi sebagai spam. Sehingga kamu bisa lebih waspada dan mengenali sumbernya. Aplikasi ini cocok untuk menghindarimu dari penipuan yang bisa datang kapan saja.

9. Simpler Caller ID.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: play.google.com

Sementara itu, Simpler Caller ID akan membantumu untuk menyimpan data panggilan yang tidak terjawab di dalam HPmu. Di samping itu tentu saja kamu pun bisa menggunakannya untuk melacak nomor yang tidak dikenal.

10. TrapCall.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: trapcall.com

Ketika ada nomor yang ingin kamu hindari, masukkan dalam catatan blacklist dalam TrapCall. Dengan begitu, TrapCall akan langsung memblokir nomor tersebut. Selain itu, TrapCall juga mampu mengidentifikasi pemanggil anonim.

11. Mobile Number Locator.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: play.google.com

Dan ada juga Mobile Number Locator yang bisa sekaligus melacak lokasi penelpon. Namun perlu diingat bahwa fitur ini bisa digunakan apabila penelepon tersebut mengaktifkan GPS. Sebab dengan cara itulah, lokasi dapat terlacak.

Cara melacak nomor HP melalui Google.

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mencoba melacak nomor HP melalui fitur Google maupun fitur yang sudah disediakan pada HPmu. Cara ini mempermudahmu juga untuk menemukan HP yang hilang. Ada apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Melalui Google Maps.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

Berikut langkah-langkah melacak nomor HP lewat Google Maps:

a. Buka aplikasi Google Maps dan koneksikan dengan internet.

b. Masuk ke menu option. Lanjutkan ke friend list atau daftar teman.

c. Tambahkan atau add keluarga, sahabat, kolega, atau nomor HP gebetan yang ingin kamu lacak.

d. Untuk melacak nomor HP, pastikan nomor HP sudah menerima undangan.

e. Klik pada salah satu target yang ingin kamu lacak dan Google Maps akan mendeteksi keberadaan target yang kamu cari.

2. Menggunakan satelit GPS.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

Berikut langkah-langkah mudah untuk melacak nomor HP melalui satelit GPS:

a. Buka situs www.SAT-GPS-Tracker.com.

b. Pilih menu Track a phone number Here.

c. Pilih negara dimana handphone itu hilang, isikan kode nomor ponsel dengan angka 62 lalu diikuti nomor lengkapnya.

d. Terakhir klik to Search.

3. Melalui email.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

Kali ini untuk melacak HP yang hilang, kamu bisa melacak melalui email, langkah yang perlu dilakukan sebagai berikut ini:

a. Akses gmail.com melalui PC atau personal computer.

b. Login sesuai alamat email dan password yang terpasang di HP yang hilang.

c. Pilih ikon klik 9 atau ikon titik yang berjumlah 9.

d. Pilih menu akun Google, lalu masuk ke opsi buka aktivitas saya.

e. Cari menu strip 3 yang berada di pojok kiri tampilan PC dan klik kontrol aktivitas.

f. Setelah itu, klik pilihan kelola aktivitas.

4. Melalui fitur dalam Google Maps.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

Selain melalui email, manfaatkan juga beberapa fitur dalam Google Maps dalam mendeteksi HP. Berikut beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk pelacakan:

a. Driving directions (Pemandu perjalanan).

Melalui fitur driving and directions, pengguna akan mempermudah dalam melacak nomor HP yang hilang. Fitur ini akan menunjukan jalur jalan atau arah yang dilewati dari suatu lokasi ke lokasi yang lain.

b. Street view.

Untuk mengetahui lebih detail dalam melacak nomor HP melalui Google Maps, kamu bisa menggunakan fitur street view. Melalui fitur ini, kamu akan mendapat informasi mengenai peta jalan termasuk dengan lokasi tempat-tempat tersebut.

c. Transit and walking directions.

Untuk mendapatkan rute terbaik dalam melacak nomor HP yang hilang, transit and walking directions akan memudahkan rute. Fitur ini akan memberikan rute dan jadwal perjalanan baik dengan jalan kaki maupun bus.

d. Latitude.

Fitur ini sangat membantu dalam pelacakan nomor HP yang hilang. Melalui fitur latitude, untuk kamu bisa membantu melacak lokasi nomor HP teman kamu yang hilang.

e. My Location.

Meksipun tanpa GPS, kamu juga bisa mengetahui keberadaan nomor HP. Kamu bisa memanfaatkan fitur my location untuk mendapatkan jawabannya.

f. Business listings.

Business listings sering digunakan untuk mencari nama area atau wilayah tertentu, baik bisnis ataupun tempat penting yang lain. Sehingga, kalau kamu mendeteksi keberadaan nomor teleponmu di suatu tempat yang belum kamu ketahui, coba cari saja melalui fitur bussiness listings.

5. Melalui provider yang kamu gunakan.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

Andalkan operator nomor HP kamu untuk melakukan pelacakan. Berikut cara-caranya:

- Indosat: Anda bisa melacak nomor handphone melalui layanan SMS. Anda hanya perlu mengetik LACAK (spasi) nomor handphone Indosat tujuan kemudian kirim ke 9111.

- XL Axiata: Buka menu SMS, Ketik CARI (spasi) nomor handphone XL tujuan dan kirim ke 9455. Untuk layanan ini Anda akan dikenakan biaya sebanyak Rp 1.000.

- Telkomsel: Telkomsel memiliki layanan pelacakan nomor HP yakni Telkomsel Finder.

6. Menggunakan google ADM.

Cara melacak nomor HP tidak dikenal © Istimewa

foto: pexels.com

ADM atau Android Device Manager adalah aplikasi gratis yang disediakan oleh Google yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan HP Android yang hilang dengan mengaktifkan GPS di HP tujuan. Namun, cara ini akan sulit dilakukan jika HP yang hilang dalam keadaan mati. Berikut langkah-langkahnya:

a. Gunakan ponsel atau laptop untuk login ke ADM dengan masuk ke akun Google kamu.

b. Masukkan alamat email dan kata sandi.

c. Di sana kamu akan melihat nama HP Android yang terkoneksi dengan alamat email yang telah kamu masukkan.

d. Catat alamat di mana HP tersebut berada. Jika tidak muncul, kemungkinan besar HP kamu sudah dalam kondisi mati.

(brl/lea)