Brilio.net - Hampir setiap orang, kini sudah memiliki akun media sosial. Jejaring ini digunakan sebagai media daring antar penggunanya untuk berpartisipasi, berinteraksi, berbagi dan berjejaring sosial tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Media sosial yang saat ini tengah populer di kalangan masyarakat diantaranya Instagram, Facebook dan Whatsapp.

Media tersebut bisa diakses melalui komputer atau langsung dari handphone. Tak hanya untuk bertukar pesan, media sosial tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai media berjualan, mempromosikan diri, bertukar informasi, video call, dan lain sebagainya.

Bahkan dari media sosial ini pula banyak orang berhasil meraih pundi-pundi uang dengan mudah. Tak hanya itu, orang bisa dengan mudah terkenal melalui sarana media sosial tersebut. Maka tak heran jika di era modern saat ini banyak yang nggak bisa lepas dari media sosial Instagram, Facebook, hingga Whatsapp.

Sayangnya semua hal yang dipakai terlalu berlebihan pasti ada risiko atau dampaknya. Sama halnya jika seseorang telah memiliki rasa ketergantungan bermain media sosial. Dampak buruk pada kesehatan tubuh bisa menghampiri tanpa kamu sadari seperti perasaan tidak percaya diri, menjauhkan dari orang-orang terdekat, hingga bisa mengganggu konsentrasi. Pasalnya tanpa disadari orang cenderung punya perasaan cemas jika tidak memeriksa media sosialnya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Maka tak heran bagi mereka yang sudah sadar dampak buruk media sosial atau ingin mencoba mengurangi intensitas penggunaannya memilih untuk menghapus akun pribadinya. Kamu bisa menghapus Instagram, Facebook dan Whatsapp hanya untuk sementara saja, atau bisa juga untuk selamanya.

Untuk memudahkanya, berikut brilio.net telah merangkum cara menghapus akun Instagram, Facebook dan Whatsapp dari berbagai sumber pada Kamis (1/7). Cara ini mudah diparktikkan dan anti ribet.

- Cara menghapus akun Instagram secara permanen.

Menghapus akun Instagram secara permanen artinya adalah untuk selamanya. Semua profil, foto, video, komentar, like atau suka, pengikut (follower), dan yang kamu ikuti (following) otomatis hilang. Kamu tidak akan bisa masuk lagi ke akun Instagrammu yang lama. Jika kamu masih ingin berselancar di Instagram, kamu perlu buat akun baru mulai dari awal.

Kamu juga tidak bisa mendaftarkan lagi nama yang sama (nama profil) seperti yang pernah kamu punya. Berikut cara menonaktifkan akun Instagram secara permanen.

1. Buka Instagram melalui web. Kamu tidak bisa menghapus akun melalui Android atau aplikasi di handphone.

2. Buka link berikut ini, https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/.

3. Pilih alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagrammu selamanya. Opsi ini ada di bagian samping kanan.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: brilio.net

4. Masukkan ulang kata sandi akunmu. Maka opsi untuk menghapus akunmu secara permanen otomatis muncul.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: brilio.net

5. Pilih atau klik 'Hapus akun saya secara permanen'.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: brilio.net

- Cara menghapus akun Instagram melalui smartphone.

Menghapus akun Instagram secara permanen juga bisa kamu lakukan lewat ponsel pintarmu. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Instagram di smartphone, masuk ke profil Instagrammu

2. Pilih ikon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Lalu masuk ke menu 'Settings' yang ada di paling bawah, lalu pilih opsi 'Help Centre'.

3. Selanjutnya, kamu akan di-direct ke situs help.instagram.com

4. Pilih menu 'Mengelola Akun Anda'. Lalu lanjutkan dengan memilih menu 'Hapus Akun Anda'.

5. Pilih 'Bagaimana Cara Menghapus Akun Saya?'. Kemudian, dari pilihan yang tersedia, pilih nomor satu dan klik 'Halaman Menghapus Akun Anda'.

6. Pilih salah satu alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Instagram.

7. Terakhir, masukkan password atau kata sandi akun Instagrammu, lalu klik 'Permanently Delete My Account'.

- Cara menghapus akun Facebook secara permanen.

Ketika seseorang sudah merasa bosan dengan akun Facebook-nya, ia akan menghapus akun Facebook-nya secara permanen. Tidak perlu waktu lama, kamu bisa langsung melakukannya dengan mudah.

Sebelum menghapus akun, pastikan terlebih dahulu bahwa informasi seperti foto atau postingan yang penting sudah disalin sebab kamu tidak akan bisa mengaksesnya. Nah, berikut ini cara mudah untuk menghapus akun Facebook melalui situs website https://www.facebook.com/:

1. Login ke akun Facebook.

2. Buka laman profil akun kamu.

3. Kemudian pilih tampilan Titik Tiga Vertikal yang terletak di samping menu edit profil.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: brilio.net

3. Setelah itu, klik kolom Lihat Pintasan Privasi. Disana akan tersedia beberapa kolom, lalu ada di kolom Informasi Facebook Anda pilih Hapus Akun dan Informasi Anda.

4. Pilih Hapus Akun untuk menghapus akun secara permanen. Namun jika ingin menghapusnya sementara pilih kolom Nonaktifkan Akun. Selanjutnya, klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: brilio.net

5. Pilih alasan mengapa kamu menghapus akun ini, lalu klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun.

6. Jika sudah menanggapi segala pernyataan yang tersedia, klik Hapus Akun. Kemudian masukkan kata sandi, lalu klik Lanjutkan.

- Cara menghapus akun Whatsapp secara permanen lewat smartphone.

Jika kamu menginstall aplikasi Facebook di smartphone, ikut langkah-langkah menghapus akun Facebook berikut ini:

1. Buka aplikasi Facebook.

2. Pilih menu ikon garis tumpuk tiga yang terletak di pojok kanan atas.

3. Setelah itu, klik Pengaturan & Privasi pada urutan paling bawah. Lalu klik Pengaturan.

4. Posisi paling atas akan muncul kolom Akun. Kemudian, klik tulisan Kepemilikan dan Kontrol Akun dan pilih kolom Penonaktifan & Penghapusan.

5. Sama seperti cara hapus akun di browser, selanjutnya klik Hapus Akun jika ingin menghapus akun Facebook secara permanen.

6. Ikuti langkah-langkah selanjutnya seperti cara menghapus akun melalui browser atau website.

- Cara mencadangkan akun Whatsapp dan menghapus WhatsApp secara permanen.

menghapus akun Instagram © berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebelum melakukan penghapusan akun WhatsApp, ada baiknya kamu mencadangkan data WhatsApp ke Google Drive agar data pribadi tidak tersimpan secara permanen.

Cara mencadangkan (backup) data ini pun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone kamu.

2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk mengunjungi menu Setelan. Lalu pilih opsi Chat, lalu klik Cadangan Chat.

3. Kemudian ketuk opsi kolom Cadangkan ke Google Drive.

4. Pastikan kamu sudah login ke akun Google yang aktif.

5. Nantinya akan muncul berbagai pilihan, kemudian kamu bisa memilih Jangan pernah agar aplikasi tidak dapat mencadangkan data secara berkala.

6. Setelah semua tahapan dilakukan, klik Cadangkan untuk memulai proses pemindahan data ke Google Drive.

Jika sudah melalui proses pencadangan, berikutnya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus akun WhatsApp secara permanen.

1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone.

2. Pilih tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas, lalu pilih Setelan, kemudian klik Akun, lalu pilih Hapus akun saya.

3. Setelah itu, masukkan nomor telepon yang digunakan. Lalu, klik Hapus akun saya.

4. Pilih alasan kenapa kamu ingin menghapus akun Whatsapp pada kolom yang disediakan.

5. Klik Hapus akun saya.

Perlu diketahui bahwa Whatsapp tidak memberikan kesempatan kedua kepada penggunanya untuk mengaktifkan kembali akun yang sudah dihapus. Untuk itu, jika kamu sudah menghapus akun, Whatsapp akan menghapus kontak kamu dari semua grup Whatsapp kamu, riwayat pesan, dan cadangan riwayat pesan yang ada di Google Drive.

(brl/lea)