Brilio.net - Industri film Hollywood berduka, Sean Connery menghembuskan napas terakhirnya pada Sabtu(31/10) pada usianya yang ke-90 tahun. Kabar kematian sang aktor ini pun langsung menyebar ke media sosial.

Menurut keterangan istri keduanya, Micheline Roquebrune, Sean Connery sempat mengalami demensia."Dia menderita demensia dan itu membuatnya menderita. Dia juga ingin 'pergi diam-diam' (meninggal)," ungkap Micheline dikutip dari News pada Senin (2/11).

Micheline sudah mengarungi rumah tangga dengan Sean Connery selama 45 tahun. Micheline menyampaikan, pernyataan yang memilukan. Kepergian Sean tentu membuat Micheline kehilangan.

"Dia sangat luar biasa dan kami memiliki kehidupan yang indah bersama. Dia adalah bintang seorang pria. Akan sangat sulit tanpa dia, Aku tahu itu. Tapi itu tidak bisa bertahan selamanya dan dia pergi dalam damai," ujar Micheline.

Di mata Micheline, Sean yang berusia 90 tahun meninggal dalam damai saat tidur. "Setidaknya dia meninggal dalam tidur dan itu sangat damai. Saya bersamanya sepanjang waktu dan dia pergi begitu saja. Itu yang dia inginkan," lanjut Micheline.

Loading...

Sepanjang kariernya, Sean Connery membintangi 94 film, serial televisi, dan produk audio visual lain. Untuk mengenang Sean Connery, tak ada salahnya menonton karya filmnya yang populer. Berikut enam film populer yang dibintangi Sean Connery, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (2/11).

1. Dr.No.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: Liputan6.com

Nama Sean Connery semakin dikenal dunia usai membintangi film Dr.No pada tahun 1962. Karakter James Bond pun begitu melekat pada dirinya. Ia tampil necis dengan setelan jas. Pada film ini, James Bond dikisahkan melanggar aturan nomor satu agen mata-mata, yakni membocorkan identitasnya sendiri.

2. The Name of the Rose.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: imdb.com

Tahun 1988 menjadi momen keemasan bagi Sean Connery. Lewat karakter William Von Baskerville di film The Name of the Rose, ia disebut menetapkan standar emas bagaimana sebuah peran semestinya dihidupkan. Sean Connery menerima dua nominasi kategori akting di BAFTA. Pertama, Pemeran Pendukung Pria Terbaik di The Untouchable. Kedua, Pemeran Utama Pria Terbaik lewat The Name of The Rose.

3. The Untouchable.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: imdb.com

Yang tak kalah membanggakan adalah prestasi Sean Connery di film The Untouchable. Film ini memperoleh empat nominasi Oscar yakni Tata Artistik Set Dekorasi, Musik, Desain Kostum, dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik yang dimenangkan Sean Connery. Sebelumnya, sang aktor menang di Golden Globes, London Critics Circle Film Awards, National Board of Review USA, dan Kansas City Film Critics Circle Awards.

4. India Jones and The Last Crusade.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: imdb.com

Tahun 1989, Sean Connery kemudian bekerja sama dengan Steven Spielberg untuk megaproyek Indiana Jones and The Last Crusade, yang mempertemukannya dengan Harrison Ford. Dalam film itu, Sean Connery menjelma Henry Jones, yang mengantarnya meraih nominasi Pemeran Pendukung Pria Terbaik di Golden Globes dan BAFTA.

5. The Hunt for The Red October.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: imdb.com

Selanjutnya, Sean Connery terlibat dalam film The Hunt for The Red October yang tayang pada tahun 1990. Lewat aktingnya yang memukau, Sean Connery mendapat penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang perfilman tertua Inggris, BAFTA.

6. The Rock.

Film Sean Connery © 2020 brilio.net-foto: imdb.com

The Rock juga menjadi film tersukses Sean Connery karena telah meraih pendapatan sebesar 134 juta dolar AS atau sekitar 2 triliun rupiah. Pencapaian ini menempatkan Sean Connery bersama karakter John Patrick Mason sebagai salah satu ikon box office pada masanya.