Brilio.net - Kamu pernah dengar istilah film omnibus? Film omnibus merupakan salah satu genre film yang sangat terkenal di Hong Kong dan Thailand. Di Indonesia sendiri genre film yang satu ini memang jarang banget ditemui karena jumlahnya nggak terlalu banyak, tapi bukan berarti nggak ada yang terkenal ya.

Film omnibus terdiri dari beberapa film pendek (cerita) yang ada di dalamnya dengan jalan cerita berbeda. Biasanya, film bergenre satu ini juga digarap dengan sutradara yang berbeda-beda serta pemain berbeda pula. Kalau dalam dunia sastra dikenal dengan istilah kumpulan cerpen, maka di dunia film dikenal dengan istilah omnibus.

Film omnibus ini juga sudah mulai dikembangkan para pelaku industri film Indonesia, sebagai salah satu fokus untuk memajukan dunia perfilman dengan mengangkat film-film pendek yang disatukan. Langkah tersebut diyakini mampu mengangkat film-film pendek Tanah Air untuk sampai kepada para penikmat film dengan kemasan yang khas.

Di industi film Tanah Air sendiri, sudah ada beberapa film omnibus yang populer banget di kalangan penikmat film. Bukan hanya karena dibintangi jajaran seleb papan atas yang kemampuan aktingnya sudah tak diragukan lagi, namun film-film ini juga memiliki cerita yang kuat. Apa saja film-film omnibus yang populer tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, brilio.net sudah merangkum enam film omnibus yang populer, Kamis (1/2).

1. Cinta Setaman.

Loading...

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Film Cinta Setaman ini mengisahkan 8 cerita unik yang mampu membuat penonton sedih lantaran jalan ceritanya yang menguras emosi. Salah satunya adalah kisah anak kecil yang selalu bekerja keras seharian demi mendapatkan sebotol air bersih dan sepasang sepatu roda. Dibintangi jajaran nama besar seperti Nicholas Saputra, Slamet Rahardjo, Jajang C Noer, Ria Irawan dan Marsha Timothy, film ini dirilis pada tahun 2008 lalu. Disutradarai oleh Harry Dagoe Suharyadi, film ini berhasi menjadi nominasi Film Bioskop Terbaik diajang Singapore Internasional Film Festival.

2. Perempuan Punya Cerita.

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Perempuan Punya Cerita merupakan film omnibus yang memiliki empat cerita berbeda dan disutradarai empat sutradara berbeda dan dua penulis skenario. Dirilis pada tahun 2008, film yang dibintangi Fauzi Baadila, Sarah Sechan, Kirana Larasati dan Winky Wiriawan ini memiliki cerita berdasarkan perspektif perempuan. Empat cerita tersebut terdiri dari Cerita Pulau, Cerita Yogyakarta, Cerita Cibinong dan Cerita Jakarta.

3. Takut: Face Of Fear.

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Masih di tahun 2008, film Takut: Face Of Fear menjadi salah satu film omnibus horor Indonesia yang mampu mencuri perhatian banyak orang. Dibintangi Dinna Olivia, Fauzi Baadila, Marcella Zalianty, Shanty, Lukman Sardi hingga Eva Celia, film ini berisi enam cerita yang disutradarai enam sutradara top Tanah Air, sebut saja Rako Prijanto, Riri Riza, Ray Nayoan, Raditya Sidharta dan The Mo Brothers.

4. Jakarta Maghrib.

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Film yang dirilis pada tahun 2010 ini bukanlah sebuah film religi, melainkan film omnibus yang mengangkat sebuah cerita berbeda saat maghrib di Jakarta. Film ini disutradarai oleh Salman Aristo dan berisi enam cerita berbeda yang saling berkaitan di akhir cerita. Film ini diisi jajaran seleb papan atas seperti Indra Birowo, Widi Mulia, Lukman Sardi, Ringgo Agus Rahman, Reza Rahadian hingga Adinia Wirasti.

5. Rectoverso.

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Rectoverso merupakan salah satu film omnibus yang paling mencuri perhatian publik. Selain karena diadapatasi dari sebuah novel dan album musik karya Dewi Lestari, Rectoverso juga menghadirkan cerita unik yang disutradarai oleh para aktris ternama seperti Marcella Zalianty, Rachel Maryam, Cathy Sharon, Olga Lydia dan Happy Salma. Selain nama besar mereka yang bertindak sebagai sutradara, jajaran seleb papan atas yang bermain dalam film ini juga mampu membuat cerita semakin hidup. Mereka adalah Lukman Sardi, Prisia Nasution, Asmirandah, Dwi Sasono, Yama Carlos hingga Sophia Latjuba.

6. Aku Cinta Kamu.

Film omnibus karya anak bangsa © 2018 berbagai sumber

Aku Cinta Kamu menjadi salah satu film omnibus populer di Indonesia yang dirilis pada tahun 2014 lalu. Film ini terdiri dari empat kisah yang diangkat dari empat lagu ciptaan dari Piyu berjudul Firasatku, Cinta Itu Adalah, Sakit Hati dan Jernih. Cerita-cerita tersebut mampu membuat para penonton meneteskan air mata saat melihat kisah cinta yang terjadi di antara para tokoh. Film ini dibintangi oleh Rio Dewanto, Acha Septriasa, Eriska Rein, Pevita Pearce, Giorgino Abraham, Dimas Anggara dan Manohara.