1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Film
14 November 2017 21:37

Durasi cuma 5 menit, 5 film ini bikin kamu ngakak hingga menangis haru

Semuanya sudah melalui seleksi sutradara kondang Joko Anwar, Mouly Surya, dan Lucky Kuswandi.

Brilio.net - Banyak orang meremehkan waktu sepanjang 5 menit. Akhirnya waktu yang seharusnya berguna habis percuma buat melamun atau cuma mager nggak ngapa-ngapain. Padahal hanya dalam waktu 5 menit saja, kamu bisa melakukan banyak kegiatan produktif. Salah satunya dengan menonton film pendek karya anak bangsa dari ajang The 5-Min Video Challenge. Eits, nggak cuma jadi penonton, kamu juga bisa jadi penentu kemenangan film pendek berdurasi 5 menit tersebut.

The 5-Min Video Challenge merupakan kompetisi video pendek yang diselenggarakan operator seluler yang tergabung dalam Singtel Grup. Mereka antara lain Singtel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Airtel (India dan Afrika), Globe (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia).

Untuk kompetisi di Indonesia, pemenangnya ditentukan juri-juri yang kompetensinya sudah diakui di industri film. Mereka adalah Joko Anwar, Mouly Surya, dan Lucky Kuswandi.

Kompetisi The 5-Min Video Challenge Indonesia sudah memilih lima film jagoan. Dari lima film, juga sudah dipilih juga dua film yang mewakili Indonesia ke kancah internasional bertanding dengan film-film dari negara lain seperti Australia, Singapura, dan Thailand. Seluruh finalis akan saling beradu di babak final yang diselenggarakan 22 November 2017 mendatang.

Lima film pendek karya anak bangsa pilihan juri The 5-Min Video Challenge tersebut menawarkan cerita dari sudut pandang baru yang sayang dilewatkan. Penasaran seperti apa filmnya? Yuk, langsung cek bocoran brilio.net berikut ini, Selasa (14/11).

1. Sowan.


Film ini bercerita tentang seorang pria yang mengelilingi kota dengan motornya. Saat dia melakukan perjalanan ke pelosok desa, dia menemukan konflik antara petani, pengepul, dan penjual di pasar. Sekian waktu berlalu, masalah tersebut akhirnya terselesaikan. Lalu siapakah sosok pria tersebut? Apa sebenarnya yang telah dia lakukan? Daripada penasaran yuk langsung tonton film pendek ini.


Nah kerennya, Sowan menjadi video terbaik pilihan juri The 5-Min Video Challenge yang maju mewakili Indonesia berhadapan dengan film-film negara lain. Waktunya sekarang kamu dukung karya anak bangsa ini menangin penghargaan The 5-Min Video Challenge tingkat regional dengan langsung vote Sowan di sini. Batas waktunya cuma sampai 21 November 2017, lho. Buruan, yuk!

2. Chick Chick.


Seorang gadis kecil, Kara, tinggal bersama neneknya karena orangtuanya sedang bertengkar. Tak disangka, selama tinggal di desa, dia berteman dengan seekor ayam.

Bersama sahabat barunya ini, ia berusaha mengembalikan keharmonisan keluarganya. Gimana caranya? Apakah rencana Kara berhasil? Simak selengkapnya dalam video yang bisa kamu tonton berikut ini.


Film pilihan juri The 5-Min Video Challenge tingkat nasional ini juga berkesempatan melenggang ke The 5-Min Video Challenge tingkat regional, bersaing dengan film dari negara lainnya. Nah, kamu bisa jadi penentu kemenangan film ini dengan vote sekarang juga di sini.

3. Memori Terakhir.


Film pendek ini mengisahkan sepasang suami-istri penyuka musik. Mereka baru saja merayakan anniversary pernikahan ke-47 secara sederhana namun romantis. Sayangnya pada momen bahagia itu, mereka berdua mendapatkan kabar buruk. Sang istri didiagnosis mengalami alzheimer.

Kisah cinta yang telah mereka pupuk selama hampir setengah abad itu pun dipertaruhkan karena sang istri mulai lupa dengan suaminya. Film karya Adriyanto Dewo ini menjadi inspirasi tersendiri bahwa cinta sejati itu benar-benar ada.

4. My Demonic Ex.


Selanjutnya ada film pendek yang bisa membuatmu ngakak atau tersenyum kecut. Namun film My Demonic Ex ini dikemas dalam balutan nuansa mistis.

Pada awal cerita dikisahkan kuntilanak dan setan terlihat sedang dinner bareng di sebuah restoran. Raut tegang menghiasi wajah keduanya. Sebabnya si setan mengakui dirinya sudah berselingkuh dari kuntilanak. Pertengkaran sengit akhirnya tak terelakkan. Air dan mi menjadi saksi bisu kisah di antara mereka.

Uniknya, kisah yang lekat dengan kaum muda ini disajikan dengan musik dan dialog yang mengundang gelak tawa. Film pendek ini menjadi sebuah perpaduan unik yang sayang sekali untuk dilewatkan.

5. Surat dari Sinabung.


Sejak tahun 2010 hingga sekarang, erupsi gunung Sinabung belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Situasi ini membuat lebih dari 3.000 jiwa mengungsi. Mereka harus rela meninggalkan tempat tinggal dan lahan pertanian yang selama ini menjadi ladang mata pencaharian. Lahan pertanian mereka rusak akibat material erupsi gunung yang telah tidur selama lebih dari 400 tahun tersebut. Film pendek dokumenter ini mengajak kamu melihat lebih dekat kehidupan saudara-saudara kita yang tengah menghadapi musibah.

Gimana, Sobat Brilio? Film-film pendek di atas punya nilai dan inspirasi tersendiri bukan? Nah, sekarang waktunya kamu mendukung kelima karya anak bangsa di atas untuk menjadi film terfavorit dalam The 5-Min Video Challenge tingkat nasional. Gimana caranya? Yuk, langsung vote di 5minvideo.id. Untuk voting tingkat nasional ini berlangsung dari 9-21 November 2017 saja, lho. Pastikan film pendek jagoanmu menang, ya!

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    82%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    12%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    6%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Durasi cuma 5 menit, 5 film ini bikin kamu ngakak hingga menangis haru.
Semuanya sudah melalui seleksi sutradara kondang Joko Anwar, Mouly Surya, dan Lucky Kuswandi.
https://www.brilio.net/film/durasi-cuma-5-menit-5-film-ini-bikin-kamu-ngakak-hingga-menangis-haru-171114a.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?