6. The Devil Judge (2021).

drama Korea skandal korupsi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Devil Judge merupakan drama Korea yang mengisahkan sebuah skandal korupsi denan latar belakang semesta alternatif yang ditulis oleh Moon Yoo-seok, seorang mantan hakim. Drama ini dibuka dengan acara peresmian Kang Yo-han sebagai hakim yang akan menghukum siapa saja yang melakukan korupsi. Dalam acara ini, Heo Joong-se (Baek Hyun-jin), presiden terpilih lewat pemilu, menerangkan bahwa Korea sedang berada dalam situasi krisis ekonomi dan politik akibat wabah.

Akibatnya, banyak perusahaan berjatuhan dan gelandangan di mana-mana. Hal ini melahirkan kekacauan di beberapa tempat. Ketimpangan sosial semakin lebar dan membuat orang tidak beruntung secara sosial bertindak nekat kepada mereka yang lebih beruntung secara sosial.

7. Watcher (2019).

drama Korea skandal korupsi berbagai sumber

foto: imdb.com

Watcher merupakan drama Korea yang mengisahkan sebuah skandal korupsi di sebuah kepolisian. Drama ini berkisah tentang Do Chi-kwang, seorang detektif yang sudah banyak menangkap para penjahat selama kariernya. Ia dikenal sebagai orang yang keras terhadap korupsi di dalam kepolisian.

Sikapnya tersebut kemudian membuatnya menjadi tim investigasi internal saat menemukan kebenaran tentang sebuah insiden. Chi-kwang, seorang perwira polisi yang suka menyendiri bergabung dengan tim investigasi tersebut dan segera melakukan berbagai misi menegangkan untuk mengungkap kasus kepolisian.

8. My Fellow Citizens (2019).

drama Korea skandal korupsi berbagai sumber

foto: imdb.com

My Fellow Citizens merupakan drama Korea yang mengisahkan sebuah skandal korupsi saat Yang Jung-kook, seorang penipu yang memang lahir dari keluarga penipu generasi ketiga. Ia punya utang kepada rentenir dalam jumlah besar untuk biaya pernikahan dengan pacarnya. Namun sial, ia ditipu dan pacarnya membawa semua uang pinjaman tersebut.

Sampai suatu ketika, Jung-kook bertemu dengan Kim Mi-young yang juga sama-sama patah hati karena pacarnya selingkuh. Mereka kemudian dekat dan segera menjadi sepasang kekasih. Selama pacaran, Mi-young tidak mengungkapkan siapa dan apa pekerjaannya. Sampai suatu ketika mereka memutuskan untuk menikah, Mi-young baru jujur kepada Jung-kook bahwa dirinya adalah seorang detektif.

9. Good Manager (2017).

drama Korea skandal korupsi berbagai sumber

foto: imdb.com

Good Manager merupakan drama Korea yang mengisahkan sebuah skandal korupsi di sebuah perusahaan. Drama ini mengisahkan kehidupan Kim Sung-ryong, seorang Akuntan Publik Bersertifikat yang biasa mengelola keuangan sebuah kelompok. Ia kemudian bekerja sebagai kepala departemen akuntansi perusahaan TQ.

Namun, ternyata, perusahaan barunya tersebut punya segudang masalah, terutama soal penggelapan uang yang menyebabkan gaji karyawan sebagai hak dasar terbengkalai. Ia kemudian membuat transformasi baru untuk perusahaan tersebut dan melawan semua bentuk korupsi dan hal-hal yang tidak rasional di perusahaan.