Brilio.net - Hari raya Idul Fitri telah tiba. Bersama dengan keluarga dan sanak saudara, umat Islam di berbagai belahan negara pun kini tengah bersuka-cita.

Lebih jauh, bersamaan dengan momen Hari Kemenangan tersebut, biasanya sejumlah stasiun televisi juga akan kembali menayangkan film-film lawas yang dapat dinikmati bersama keluarga. Sederet film bergenre drama religi adalah salah satunya.

Nah, buat kamu yang kebetulan sedang kangen dan ingin kembali menonton ulang film-film bergenre drama religi ini, kebetulan banget nih! Pasalnya, brilio.net punya beberapa rekomendasi yang cocok ditonton saat Lebaran.

Penasaran kan, apa saja?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut film-film drama religi lawas terbaik yang cocok ditonton ulang ketika libur Lebaran.

Loading...

1. Ayat-ayat Cinta (2008).

drama religi lebaran berbagai sumber

foto: imdb.com

Ayat-ayat Cinta berkisah tentang perjalanan hidup seorang mahasiswa Indonesia bernama Fahri yang tengah menggapai gelar master di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir. Film yang diadaptasi dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy ini dibintangi oleh Fedi Nuril, Dewi Sandra, dan sejumlah artis papan atas lainnya.

2. Sang Pencerah (2010).

drama religi lebaran berbagai sumber

foto: imdb.com

Sang Pencerah berkisah tentang kegelisahan KH Ahmad Dahlan atas pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah sesat. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh sejumlah artis ternama, seperti Lukman Sardi, Slamet Rahardjo, Sujiwo Tejo, Zaskia Adya Mecca, dan Dennis Adhiswara.

3. Negeri 5 Menara (2012).

Film yang proses syutingnya dilakukan di Jakarta, Bandung, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan London ini bercerita tentang kehidupan 6 orang santri ketika tengah menuntut ilmu di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur.

4. Sang Kiai (2013).

Sang Kiai mengangkat kisah tentang salah seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dari Jombang, Jawa Timur, KH Hasyim Asyari. Film yang dibintangi oleh Adipati Dolken ini berhasil meraih penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2013 untuk kategori Film Terbaik.

5. 99 Cahaya di Langit Eropa (2013).

Film yang diangkat dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan judul yang sama ini mengisahkan kehidupan seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang menemani suaminya kuliah doktor di Vienna, Austria.

6. Mencari Hilal (2015).

drama religi lebaran berbagai sumber

foto: liputan6.com

Film garapan Ismail Basbeth ini mengisahkan tentang bapak dan anak yang memiliki konflik tentang perbedaan pandangan agama. Meski tak bertengger dalam jangka waktu yang lama di bioskop, Mencari Hilal ini sukses memborong sejumlah piala di ajang Indonesia Movie Award 2016.

7. Surga yang Tak Dirindukan (2015).

Surga yang Tak Dirindukan adalah film yang diadaptasi dari novel milik Asma Nadia. Film ini berkisah tentang kehidupan rumah tangga Prasetya dan Arini yang kemudian diuji dengan kedatangan seorang perempuan bernama Mei Rose. Emosional banget nih~

8. Ada Surga di Rumahmu (2015).

drama religi lebaran berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Ada Surga di Rumahmu ini bercerita tentang kehidupan Ramadhan yang hidup terpisah dari orangtuanya, lantaran ia dikirim ke pesantren untuk mengurangi kenakalannya. Drama religi berdurasi 106 menit ini dibintangi oleh Zee Zee Shahab, Husein Alatas, dan Elma Theana.