Brilio.net - Film adalah salah satu teman terbaik untuk menikmati hari libur. Menonton tayangan yang kamu sukai bisa jadi salah satu cara refreshing yang ampuh untuk melepas penat. Apalagi kalau kamu menonton bersama keluarga atau orang tersayang. Wah, dijamin deh rasanya makin seru dan puas untuk menikmati film bersama.

Begitu juga dengan tayangan drama. Walaupun memiliki durasi episode yang lebih lama, tapi sekali kamu menonton drama dijamin deh susah untuk berhenti.

Harus diakui Korea menjadi salah satu negara yang berhasil menyihir penonton dengan kreativitas film dan dramanya. Bahkan demam drama Korea sukses 'meracuni' masyarakat Indonesia lho. Deretan drama Korea terbaru selalu diikuti fans Indonesia hingga akhir penayangan. Nggak heran kalau semakin banyak penggemar drama Korea yang betah untuk mengikuti setiap episode barunya.

Yang nggak kalah tren akhir-akhir ini adalah adanya drama It's Okay To Not Be Okay (IOTNBO). Karya terbaru dari Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji itu berhasil membuat banyak orang jatuh hati. Nggak hanya karena totalitas para pemainnya, namun juga karena pesan yang disampaikan.

Drama IOTNBO memberikanmu banyak pengetahuan baru mengenai pentingnya kesehatan mental. Dalam drama ini kamu juga akan diajak untuk lebih peduli dengan orang yang sedang mengalami permasalahan mental.

Loading...

Bukan hanya sekali drama tentang kesehatan mental meraih hati para penonton. Ada juga film dan drama Korea lainnya mengenai permasalahan ini yang ternyata berhasil meraih pujian. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (19/8), berikut film dan drama Korea yang bertema kesehatan mental.

1. Dr Frost.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: AsianWiki

Drama Dr Frost menjadi salah satu yang menarik di tahun 2015. Drama ini merupakan karya yang diadaptasi dari Webtoon lho.

Dr Frost menampilkan kisah seorang profesor bernama Baek Nam-bong (Song Chang-eui) yang mengalami kecelakaan. Tragedi itu mengakibatkan luka pada bagian frontal lobe. Sehingga ia sulit untuk merasakan empati dengan orang lain.

Drama Dr Frost juga semakin menarik dengan penampilan Jung Eun-chae, Sung Ji-ru, Lee Yoon-ji, dan Choi Jeong-woo. Dengan menyuguhkan genre thriller misteri, Dr Frost akan memberikanmu sensasi menonton drama yang mendebarkan.

2. Hello Monster.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: AsianWiki

Hello Monster bukan judul yang asing lagi untuk para pecinta drama Korea. Bukan tanpa sebab, drama ini dibintangi oleh para profesional seperti Seo In-guk, Park Bo-gum, Doo Kyung-soo, serta Won Young-choi.

Memiliki 16 episode, drama Hello Monster menceritakan tentang seorang detektif yang mecari adiknya yang diculik oleh seorang psikopat. Keseruan di dalam drama ini dijamin bikin kamu susah berhenti menonton.

Apalagi drama Hello Monster ditulis oleh Kwon Ki-young yang ikut menjadi sosok di balik kesuksesan drama Suspicious Partner, All About My Romance, Protect The Boss, dan Crazy in Love.

3. It's Okay That's Love.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: AsianWiki

Ada lagi drama bertema kesehatan mental yang diperankan Doo Kyung-soo. It's Okay That's Love, adalah salah satu judul drama yang ramai dibicarakan para penonton.

Bukan tanpa alasan, kamu akan menikmati drama ini dengan santai dan serasa masuk di dalam ceritanya. Seorang penulis dan sekaligus penyiar radio yang bernama Jang Jae-yeol, ternyata nggak menyadari kalau ia juga mengidap Schizophrenia.

Ia menjalani hidup yang ternyata beda dari orang biasanya. Menariknya, kamu mungkin nggak akan menyadari sikapnya yang beda dari yang lainnya. Siap-siap untuk menebak dan terkejut ya, hingga akhir episodenya.

Drama ini semakin lengkap dengan dibintangi Gong Hyo-jin, Lee Kwang-soo, Lee Sung-kyung, dan pastinya Jo In-sung sebagai pemeran utama.

4. Kill me heal me.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@killmehealmee

Kill me heal me juga nggak kalah populer di masanya. Bahkan hingga saat ini masih banyak yang merekomendasikan untuk menonton drama ini.

Gangguan kepribadian ganda menjadi fokus yang diangkat dalam drama ini. Tapi bersiap untuk fokus dalam drama ini, karena tokoh dalam Kill me heal me memiliki 7 kepribadian sekaligus.

Dijamin deh kamu akan terkesima dengan akting yang dibawakan Ji Sung. Ditambah lagi adanya Park Seo-joon, Hwang Jung-eum, Kim Yoo-ri,dan Oh Min-seok yang ikut membuat drama kill me heal me semakin pecah!

5. Good Doctor.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: AsianWiki

Drama dengan latar belakang kehidupan para medis memang selalu berhasil mencuri perhatian. Nggak cuma romantis, drama ini memiliki konflik yang membuat emosi penonton ikut terbawa.

Joo Won yang memerankan Park Shi-on merupakan seorang dokter yang jenius. Di sisi lain ternyata ia juga harus menghadapi kondisi autisme yang ia derita. Kondisi ini membuat banyak orang menilainya kekanak-kanakan.

Sehingga kritik pedas kerap diterima Park Shi-on di dalam kehidupan sehari-harinya. Meski begitu, ia tetap berusaha untuk maju dan membuktikan bahwa ia layak menjadi seorang dokter bedah.

6. Hyde, Jekyll, Me.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: AsianWiki

Buat kamu penggemar aktor Hyun Bin, wajib banget nonton drama ini. Kamu nggak hanya tersihir pesona Hyun Bin, tapi juga akan semakin yakin kalau aktor ternama ini memang lihai dalam membawakan berbagai peran.

Karena kamu akan bertemu Hyun Bin yang memiliki dua karakter berbeda. Di satu sisi, pria konglomerat ini memiliki sisi penyayang dan lemah lembut. Tapi jangan kaget, kalau kepribadian lainnya sudah muncul kamu akan bertemu dengan karakter pria yang dingin dan sinis.

Kamu akan mengetahui juga bagaimana kisah yang pertama kali dialaminya pada 15 tahun yang lalu. Jadi kalau kamu pengen merasakan sensasi deg-degan dan baper sekaligus, wajib nonton Hyde, Jekyll, Me ya!

7. Fix You.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@somin_jj

Kalau kamu sudah bertemu dengan kisah para pasien, kini saatnya kamu mengetahui kisah para psikiater. Para tenaga medis ini akan memberikan pertolongan pada para pasien yang memiliki gangguan pada mental mereka.

Namun ternyata bukan hal yang mudah, ada lika-liku yang harus mereka alami dalam menjalankan pekerjaannya. Kamu nggak hanya akan tahu bagaimana emosi yang dirasakan para psikiater dalam menangani pasien.

Dalam drama Fix You kamu juga akan melihat makna kebahagiaan yang disampaikan oleh Jung So-Min dan Shin Ha-kyun sebagai pemeran utama. Mumpung drama ini masih jadi tontonan segar di 2020, jangan sampai kelewatan ya.

8. Kim Ji-Young, Born 1982.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@_jungyumi

Siap-siap untuk tarik napas saat melihat film ini ya. Karena kamu akan melihat fenomena yang kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata membuat sebagian orang terluka.

Sikap pemakluman yang diberikan orang lain ternyata bisa menjadi tekanan tersendiri. Kamu juga akan diajak untuk mengenal diri sendiri dan juga perasaanmu.

Apalagi untuk para pasangan muda, wajib banget deh untuk menyaksikan film ini bersama-sama. Karena akan ada juga scene yang 'menyentil' tentang hubungan mertua dan menantu. Diperankan Jung Yu-mi dan Gong Yoo, pastinya kamu nggak akan menyesal mengenal sosok Kim Ji-young.

9. It's Okay To Not Be Okay.

Film dan Drama kesehatan mental © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@soohyun_k216

Drama yang baru saja tamat ini memang harus diapresiasi. Meskipun sempat mendapat kritikan di awal penayangan, drama ini membuktikan mampu membuka mata banyak orang.

Kisah antara penulis buku dan perawat ini akan membuatmu gemas-gemas geregetan. Meskipun sekilas tampak ringan, tapi kamu akan dibawa jalan-jalan pada masa lalu seseorang.

Mengungkap dalang di balik trauma seseorang juga akan semakin menguras emosimu. Menariknya, drama It's Okay To Not Be Okay juga menyampaikan mengenai cara mengatasi emosi yang labil dengan ringan. Ada banyak pelajaran dan nilai yang bisa kamu ambil dari karya Kim Soo-hyun dan Seo Ye-ji ini.