film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

Eighth Grade merupakan rekomendasi film Netflix tentang bahaya media sosial yang mengisahkan Kayla Day, seorang gadis introvert dan harus berjuang melalui situasi sosial yang dihadapi. Dia juga harus melalui masa-masa akhir kelas delapannya sebelum menuju ke sekolah menengah atas.

Kayla kemudian mengekspresikan dirinya melalui YouTube. Hal itu dia lakukan untuk melewati masa-masa suramnya. Konten YouTube tersebut berisi vlog tentang bagaimana membangun kepercayaan diri, menjalin pertemanan dan menjadi dewasa. Dia berpura-pura melakukan hal tersebut yang mana sulit dilakukan di dunia nyata. Namun, dia melakukannya sekaligus untuk memotivasi dirinya.

5. The American Memes (2018).

film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

The American Meme merupakan film Netflix tentang bahaya media sosial yang mengeksplorasi jejak online. Selain itu, film ini juga berkisah di balik layar dari empat selebriti media sosial yang masing-masing menggunakan platform online untuk mendapatkan pengikut dan menjadi 'influencer' di era digital.

Film dokumenter ini mengangkat gagasan keterasingan modern di bawah kapitalisme dan mengeksplorasi berbagai materi, beragam seperti Paris Hilton, Josh Ostrovsky, Brittany Furlan dan Kirill Bichutsky yang naik ke ketenaran. 

Selain itu, film ini juga menampilkan strategi untuk mempertahankan pengaruh di ruang media sosial dan kesulitan dalam mempertahankan pengaruh tersebut serta penggunaan media sosial sebagai sumber pendapatan.

6. Men, Women & Children (2014).

film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

Men, Women & Children menceritakan tentang bahaya media sosial, sekumpulan siswa SMA dan orang tua mereka dalam usaha menjalani hidup dengan bantuan fasilitas internet yang mudah diakses. Internet tanpa mereka sadari mengubah gaya berkomunikasi mereka, cara mereka mencitrakan dirinya, sampai ke kehidupan asmara mereka.

Men, Women & Children akan menelanjangi isu sosial tentang pergeseran nilai-nilai di masyarakat. Munculnya budaya nge-game, anoreksia, hasrat ingin tenar, dan maraknya konten vulgar tak bisa dilepaskan dari semakin mudahnya masyarakat mengakses internet.

7. Terms and Conditions May Apply (2013).

film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

Terms and Conditions May Apply menceritakan tentang bahaya media sosial yang mengisahkan penyalahgunaan data pribadi yang dilakukan perusahaan atau pemerintah. Hal ini terjadi saat pengguna media sosial atau sebuah aplikasi meng-klik sebuah perjanjian yang cukup panjang sebelum bisa mengakses aplikasi yang akan digunakannya.

Dalam film tersebut, sutradara/narator Cullen Hoback membahas bahasa yang digunakan dalam perjanjian layanan pengguna dan bagaimana penyedia layanan online mengumpulkan dan menggunakan informasi pengguna dan pelanggan.
Terms and Conditions May Apply mengkritik perusahaan seperti Facebook, Google, dan LinkedIn karena memiliki kebijakan privasi atau persyaratan layanan buruk dan menyesatkan. 

Aplikasi tersebut menggunakan bahasa yang tidak ramah pengguna dalam dokumen panjang dan memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pengguna dan memberikannya secara legal kepada pihak ketiga. Selain itu, film ini bertujuan untuk memperingatkan orang-orang tentang risiko mengklik "Saya Setuju".