film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

The Tinder Swindler menceritakan tentang bahaya media sosial yang dilakukan melalui aplikasi kencan Tinder. Film ini mengisahkan Shimon Hayut, seorang pria Israel yang melakukan perjalanan keliling Eropa dan menampilkan dirinya sebagai putra mogul berlian Rusia-Israel Lev Leviev alias Raja Berlian.

Shimon menggunakan aplikasi kencan Tinder untuk menghubungi wanita sebagai Simon Leviev, dan menipu mereka untuk meminjamkan uang kepadanya yang tidak akan pernah dikembalikan. 

Dia akan memikat wanita dengan hadiah mewah dan mengajak mereka makan malam dengan jet pribadi menggunakan uang yang dia pinjam dari wanita lain yang sebelumnya dikelabui. Diperkirakan dia menipu $ 10 juta dari orang-orang di seluruh dunia yang pernah ditemuinya.

2. The Social Dilemma (2020).

film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

The Social Dilemma merupakan rekomendasi film Netflix tentang bahaya media sosial yang mengisahkan apa saja di balik media sosial. Film ini menyusuri bagaimana desain media sosial memelihara kecanduan, memanipulasi pandangan, emosi, perilaku, menyebarkan teori konspirasi serta disinformasi, dan memaksimalkan keuntungan bagi penyedia platform.
 
Film ini juga mengkaji isu pengaruh media sosial terhadap kesehatan mental (termasuk kesehatan mental remaja dan meningkatnya angka bunuh diri remaja).
Film ini menampilkan wawancara dengan banyak mantan karyawan, eksekutif, dan profesional lainnya dari perusahaan teknologi papan atas dan platform media sosial seperti Facebook, Google, Twitter, dan Mozilla.
 
Orang-orang yang diwawancarai ini memanfaatkan pengalaman utama di perusahaan mereka untuk membahas bagaimana platform semacam itu telah menyebabkan konsekuensi sosial, politik, dan budaya yang bermasalah dan negatif. 

Film ini juga mengkaji bagaimana platform media sosial telah mempengaruhi penyebaran berita palsu dalam beberapa tahun terakhir. Wawancara ini disajikan di samping dramatisasi skrip dari kecanduan media sosial remaja. Dramatisasi ini menarik perhatian pada meningkatnya kekhawatiran radikalisasi anak muda di internet.

3. The Great Hack (2019).

film Netflix bahaya media sosial  berbagai sumber foto: imdb.com

The Great Hack merupakan rekomendasi film Netflix tentang bahaya media sosial terkait skandal data Facebook Cambridge Analytica. Film ini berkisah tentang Profesor David Carroll dari Parsons dan The New School, Brittany Kaiser (mantan direktur pengembangan bisnis untuk Cambridge Analytica), dan jurnalis investigasi Inggris Carole Cadwalladr. Kisah-kisah mereka terjalin untuk mengekspos karya Cambridge Analytica dalam politik berbagai negara, termasuk kampanye Brexit Inggris dan pemilihan umum Amerika Serikat pada 2016.