Brilio.net - Jonah Jameson atau yang bernama lengkap John Jonah Jameson Jr. merupakan sosok jurnalis nyentrik The Daily Bugle yang akan kembali muncul di Spider-Man: No Way Home. Dengan kostum dan topi hitam, Jameson datang ke lokasi munculnya para penjahat super yang menjadi musuh Spider-Man.

Jonah Jameson digambarkan sebagai sosok pimpinan redaksi dan atasan pemarah, keras kepala, dan sombong. Melalui surat kabar yang dikelolanya, popularitas Spider-Man selalu menjadi berita utamanya, bahkan saat identitas asli Spider-Man terbongkar dan diketahui publik.

Gayanya yang mirip dengan Kogoro Mouri dalam seri komik Detektif Conan, JK Simmons berhasil dengan baik sekaligus nyentrik memerankan karakter Jonah Jameson. Penampilannya kali ini digambarkan dengan jelas di trailer terbaru Spider-Man: No Way Home dan menjadi karakter yang juga diperhitungkan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Minggu (21/11), berikut 7 kisah unik Jonah Jameson, jurnalis nyentrik Spider-Man: No Way Home.

1. Menjadi jurnalis dan pimpinan redaksi Daily Bugle.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto:marvelcinematicuniverse.fandom.com

Sejak awal film Spider-Man, Jonah Jameson bekerja di The Daily Bugle, sebuah media kontroversial yang lebih sering diragukand pada dipercaya para pembacanya. Namun, Saat ia membuat laporan berita mengenai Spider-Man, The Daily Bugle menjadi salah satu surat kabar di New York yang dicari banyak orang.

Selain itu, walaupun dikenal sebagai seorang jurnalis, Jonah Jameson juga dikenal seseorang yang percaya dengan teori konspirasi sehingga membuatnya menghubungkan Spider-Man dengan berbagai hal yang dianggapnya logis.

2. Kemampuan membuat berita kontroversial.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto:marvelcinematicuniverse.fandom.com

Jameson merupakan reporter yang terampil yang bisa mengolah sebuah isu yang didapatkannya. Ia juga mampu menemukan fakta tentang cerita dan memutarbalikkan kata-kata agar sesuai dengan caranya melaporkan berita.

Meskipun ia sering melaporkan dengan sensasional, ia menceritakan kisah berdasarkan fakta dan wawancara, dan menyisipkan komentarnya sendiri atas cerita yang ditulisnya. Selain itu, Jonah Jameson menggunakan ceritanya untuk kepentingan agendanya sendiri, terutama saat memberitakan Spider-Man.

3. Punya keterkaitan erat dengan Peter Parker.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Hubungan Jonah Jameson dengan Peter Parker sudah lama terjalin sejak film Spider-Man pertama. Ia dikenal sebagai pimpinan redaksi Daily Bugle, surat kabar yang juga menjadi tempat Peter Parker bekerja. Namun, hubungan Peter Parker dan Jonah Jameson lebih sering tidak akur dan bahkan sering berselisih.

4. Sudah menikah dua kali.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto: comicbook.com

Walaupun dikenal sebagai orang yang sombong, Jameson pernah menikah dua kali. Jameson pernah menikah Joan Jameson dan juga Marla. Namun, istri pertamanya tersebut meninggal dunia saat Jonah Jameson menjadi jurnalis di Daily Bugle. Sementara Marla berpulang karena terbunuh oleh musuh Jonah Jameson.

5. Pernah membenci Spider-Man.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun dikenal sebagai seorang jurnalis yang sering memberitakan Spider-Man, Jonah Jameson tidak lantas menyukai manusia laba-laba tersebut. Jonah Jameson tidak mempercayai orang-orang yang tidak dikenal, termasuk Spider-Man. dan bahkan sempat iri. Hal inilah yang kemudian mau untuk membiayai robot yang kelak ditugaskan untuk menculik Spider-Man.

6. Saat ini, Jonah Jameson pun mencintai Spider-Man.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak melakukan kesalahan atas robot yang turut dibiayainya, Jonah Jameson pun mulai mencintai Spider-Man. Hal ini terjadi saat dalam sebuah wawancara antara Jameson dan Spider-Man, manusia laba-laba tersebut mengungkapkan identitas aslinya kepada mantan bosnya tersebut. Setelah itu, Jameson menjadi sekutu publik terbesar bagi Spider-Man.

7. Punya koneksi dengan Captain Marvel Carol Danvers.

Kisah unik Jonah Jameson berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun terkait erat dengan Spider-Man, Jonah Jameson punya koneksi yang kuat dengan Captain Marvel Carol Danvers. Kaitan ini masih menjadi misteri besar saat Carol menjadi salah satu editor perempuan dalam surat kabar The Daily Bugle yang dikelolanya. Karakter Jonah Jameson diprediksi akan tampil sebagai salah satu karakter dalam film Captain Marvel selanjutnya.

(brl/lak)

(brl/lak)