film serial Netflix pemilihan umum berbagai sumber foto: imdb.com

Whose Vote Counts, Explained fokus pada cara kerja sistem pemungutan suara di Amerika Serikat. Film serial ini menjelaskan berbagai hal tentang sejumlah suara yang bernilai dan mana yang tidak.

Tidak hanya itu, film serial ini melacak dan mempertanyakan peredaran uang yang ada dalam pemilihan umum presiden Amerika Serikat. Whose Vote Counts, Explained mengungkapkan praktik-praktik kotor yang dilakukan selama proses pemilihan umum tersebut.

2. Agents Of Chaos (2020).

film serial Netflix pemilihan umum berbagai sumber foto: imdb.com

Agents Of Chaos mengisahkan pemilihan umum intervensi Rusia saat pemilu Amerika Serikat pada 2016. Saat itu, film yang disutradarai Alex Gibney ini merekam berbagai usaha Rusia untuk ambil bagian saat Donald Trump dan Hillary Clinton menjadi lawan politik yang cukup sengit.

Film ini merekam bagaimana intervensi Rusia dilakukan seperti, membayar orang untuk membuat konten dan mengunggahnya serta melakukan perundungan kepada siapa pun yang mendukung Trump. Menurut film ini, Rusia ingin mengacaukan anggapan banyak orang tentang Trump sehingga membuat intervensi yang sebenarnya saling bertolak belakang.

3. The Politician (2019).

film serial Netflix pemilihan umum berbagai sumber foto: imdb.com

The Politician berlatar di sekolah fiksi Saint Sebastian High School di Santa Barbara, California. Payton Hobart sudah bermimpi menjadi Presiden terpilih Amerika Serikat sejak kecil. Hal ini lalu membuatnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden badan mahasiswa melawan River Barkley yang populer dan atletis di kampusnya.

Payton didukung dan diarahkan oleh teman-temannya yang ambisius McAfee Westbrook, James Sullivan, dan Alice Charles, memilih Infinity Jackson, seorang pasien kanker dan korban Munchausen gangguan Proxy, untuk menjadi wakil presidennya.

Sementara itu, River, di bawah arahan pacarnya Astrid Sloan, memilih Skye Leighton, teman sekelas kulit hitam yang tidak sesuai gender umum di kampusnya untuk menjadi wakil presidennya. Film serial ini menampilkan bagaimana proses politik secara rill dilakukan.

4. The Society (2019).

film serial Netflix pemilihan umum berbagai sumber foto: imdb.com

The Society merupakan film serial Netflix kisah pemilihan umum bukan dalam arti modern, melainkan dalam praktik yang sangat tradisional. Film serial ini mengisahkan sekelompok remaja yang harus belajar menjalankan komunitas mereka sendiri setelah sisa penduduk kota mereka (West Ham, Connecticut) menghilang.

Misteri dimulai ketika para siswa sekolah menengah setempat kembali lebih awal dari kunjungan lapangan yang dibatalkan dan menemukan bahwa semua orang telah pergi. Sebuah hutan lebat muncul di sekitar kota, dunia luar ternyata sudah tidak ada lagi dan tidak bisa dihubungi melalui telepon atau internet.

Para remaja harus membuat aturan sendiri untuk bertahan hidup dengan sumber daya yang terbatas. Sejak saat itulah, mereka berusaha memutuskan perkara dengan baik dengan pemilihan umum untuk memilih siapa yang menjadi koordinator kelompok maupun memutuskan sesuatu hal yang menyangkut kehidupan mereka semua.