4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Guru Bangsa: Tjokroaminoto merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan pada masa penjajahan Belanda. Film ini menceritakan tentang hijrahnya Putra Ponorogo, Tjokroaminoto dari Ponorogo ke Surabaya. Saat berkerja di urusan pemerintah hindia belanda di Ponorogo, Tjokroaminoto melihat ketidakadilan yang selama ini dirasakan kaum pribumi. Tjokroaminoto memilih undur diri dari pekerjaan setelah menikah dengan Soeharsikin. Keputusan ini membuat R M Mangoensoemo yang seorang wakil Bupati Ponorogo marah kepada Tjokroaminoto, tetapi ia tetap melanjutkan hijrahnya.

Di Surabaya, Tjokroaminoto bekerja sebagai kuli panggul dan berorganisasi SDI yang kemudian mendirikan Sarekat Islam. Ia pulang ke Ponorogo setelah mendapat kabar istrinya melahirkan sang anak, Oetari. Sejak saat itu, ia memboyong istri, anak, dan pembantu ke Surabaya.

Tjokroaminoto membuat perusahaan Batik dan menerima pemuda untuk kos di rumahnya. Tjokroaminoto makin dikenal dalam kontribusinya di Sarekat Islam. Selain itu, rumah Tjokroaminoto menjadi kamar kos tiga orang sosok yang kelak punya pengaruh besar dalam pergerakan nasional.

5. Sokola Rimba (2013).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sokola Rimba merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan di pelosok rimba di sebuah hutan di Jambi. Film ini mengisahkan Butet Manurung (Prisia Nasution) yang telah menemukan hidup sesuai keinginannya. Butet Manurung memilih untuk mengajar baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang dikenal sebagai Orang Rimba, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan Bukit Duabelas.

Hingga suatu hari Butet terserang demam malaria di tengah hutan, seorang anak tak dikenal datang menyelamatkannya. Nyungsang Bungo (Nyungsang Bungo) adalah nama anak itu. Ia berasal dari Hilir sungai Makekal, yang jaraknya sekitar tujuh jam perjalanan untuk bisa mencapai hulu sungai, tempat Butet mengajar.

Diam-diam Bungo telah lama memperhatikan ibu guru Butet mengajar membaca. Ia membawa segulung kertas perjanjian yang telah di’cap jempol’ oleh kepala adatnya, sebuah surat persetujuan orang desa mengeksploitasi tanah adat mereka. Bungo ingin belajar membaca dengan Butet agar dapat mengetahui isi surat perjanjian itu.

6. Sang Pemimpi (2009).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sang Pemimpi merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan sekaligus sekuel dari Laskar Pelangi. Film ini menceritakan mengenai Ikal dan saudara sepupunya, Arai, serta sahabatnya, Jimbron, pada usia remaja, Sang Pemimpi mengisahkan tentang anak remaja yang mencari identitas diri dan seksualitas pada usia 17 tahun.

Ikal masih merindukan cinta pertamanya yang telah pergi dari Belitung, menyisakan kenangan dan sebuah kotak kaleng yang bergambarkan menara Eiffel. Arai, seorang playboy bergaya Melayu, jatuh cinta kepada teman sekelasnya Zakiah Nurmala yang tampaknya bertepuk sebelah tangan. Sementara itu, Jimbron berangan-angan untuk menyelamatkan Laksmi, seorang gadis muda yang bekerja di sebuah pabrik cincau. Bersama-sama, ketiganya berusaha untuk mengatasi berbagai masalah yang mereka hadapi.

7. Laskar Pelangi (2008).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Laskar Pelangi merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan di sebuah kampung kecil di pulau Belitung. Film ini mengisahkan dua orang guru dan sepuluh murid yang berjuang agar sekolahnya tidak ditutup. Mereka berjuang bersama-sama agar bisa melaksanakan ujian sekolah di sekolah lain dan mendapatkan nilai terbaik. Hal ini mesti dilakukan agar ada murid baru yang masuk ke sekolah tersebut.