Brilio.net - Sudah bukan menjadi hal asing lagi jika banyak penggemar artis Korea Sellatan ada di Indonesia. Para penggemar sering heboh melihat penampilan memukau boyband dan girlband Korea saat tampil di panggung.

Namun, kegilaan para penggemar Korea tidak hanya karena boyband dan girlband aja lho. Ada yang tak kalah mengesankan dari dunia hiburan Korea, yaitu Drama Korea. Ya, tidak diragukan lagi kisah Drama Korea dengan berbagai tema mampu merebut hati pemirsa di Indonesia.

Salah satu genre drama yang sering diangkat adalah kehidupan sekolah. Persahabatan dan kisah cinta semasa sekolah pastinya menjadi tema yang tak akan ada habisnya untuk diangkat. Namun di antara banyaknya drakor yang mengusung kisah kehidupan sekolah, ada beberapa drakor yang inspiratif dan penuh pesan moral. Pokoknya wajib ditonton deh.

Penasaran drama kehidupan sekolah apa saja yang inspiratif dan wajib kamu tonton ini? Berikut brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Kamis (29/11).

1. School 2013.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: asianwiki.com

Ini adalah salah satu Drama Korea yang patut diacungi jempol. Drama ini jauh dari kisah percintaan dan lebih mengangkat tema sekolah. Permasalahan yang dihadirkan pun soal reputasi sekolah yang buruk berdasarkan nilai siswa-siswinya dari 178 SMA di Seoul. Sekolah ini pun berusaha mendatangkan guru dari luar untuk meningkatkan nilai murid SMA Seungri.

 

2. Master (God) of Study.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: viki.com

Tidak jauh berbeda dengan School 2013, alur cerita di God of Study yang tayang tahun 2012 ini mengangkat tema sekolah. Permasalahannya hampir sama, yaitu tentang reputasi buruk sekolah hingga sekolah itu nyaris ditutup. Keajaiban pun mulai muncul ketika seorang pengacara ditugaskan untuk mengubah kebiasaan murid-murid di SMA Byeong Meon.

Sang pengacara pun akhirnya membuat kelas khusus yang berisi lima murid yang ingin masuk di universitas favorit. Yang sangat menjadi inspirasi di drama ini adalah perjuangan lima murid yang mati-matian berusaha membunuh kemalasan dan kebodohan mereka. Berbagai kebiasaan unik bin aneh pun dilakukan demi bisa belajar dengan fokus. Drama ini wajib ditonton untuk yang ingin berjuang demi meraih pendidikan terbaik.

 

3. Dream High.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: viki.com

Drama ini mengangkat kisah perjuangan enam siswa di SMA Kirin, sebuah sekolah seni di Korea Selatan. Enam siswa ini berjuang dari nol untuk menjadi seorang bintang. Berbagai pelajaran seni pun disuguhkan, seperti menyanyi, menulis lagu, menari, dan berakting. Enam siswa ini pun saling bahu-membahu untuk dapat meraih impian mereka menjadi bintang dan memulai debutnya di dunia hiburan. Drama ini mendapat sambutan yang sangat baik oleh penonton penggemar drama Korea.

 

4. Dream High 2.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: pinterest.com

Masih mengangkat tema yang sama dengan Dream High pertama yaitu tentang sekolah seni, Dream High 2 hadir tak kalah mengagumkan. Cerita yang diangkat kali ini tentang sekolah Kirin yang sudah diambil alih oleh Oz Entertainment. Oz Entertainment pun mengirimkan artis sendiri ke sekolah itu untuk menghindari kasus artis di bawah umur.

Perjuangan dimulai ketika ada seorang siswa masuk sekolah Kirin dengan skor tinggi namun tidak memiliki bakat bernyanyi. Keterlibatan kisah cinta ada di dalam drama ini. Meski begitu tidak mengurangi kisah perjuangan inspiratif para siswa untuk mencapai mimpi mereka menjadi bintang.

 

5. School 2017.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: sbs.com.au

Drama Korea satu ini juga nggak boleh ketinggalan untuk ditonton. Drama ini diangkat dari realita di kehidupan nyata, yaitu permasalahan-permasalahan sekolah, seperti jalur masuk khusus siswa berprestasi, hingga banyaknya kehawatiranpara murid di sekolah.

 

6. Angry Mom.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: viki.com

Drama ini mengisahkan seorang perempuan yang semasa SMA suka bikin masalah. Begitu hamil dan melahirkan bayi, ia berubah menjadi ibu yang bertanggung jawab. Anaknya tumbuh besar, namun sayang ia menjadi korban bully. Sang ibu tidak terima jika anaknya ikut dibully. Ia bertekad menyelidiki kasus bully itu dengan menyamar menjadi siswa SMA.

Begitu masuk sekolah, ternyata ibu itu justru menemui berbagai sisi gelap sekolah yang bisa mengancam banyak orang. Perjuangan menyelesaikan masalah di sekolah dilakukan wanita itu dengan bantuan berbagai pihak.

 

7. Cheer Up!.

drakor tema sekolah inspiratif viki.com

foto: wikipedia.org

Drama Cheer Up atau yang kerap disebut Sassy Go Go menceritakan kehidupan siswa-siswi di SMA Sevit yang penuh dengan perbedaan di bidang akademik dan ekonomi keluarga. Ada yang memiliki nilai tertinggi di sekolah dan hidup dari keluarga kaya, namun ada grup yang memiliki peringkat rendah dari keluarga miskin.

Dua grup itu dipertemukan untuk menjadi pemandu sorak. Demi menjaga nama baik dan keberhasilan klub, mereka mengesampingkan perbedaan yang ada di antara mereka. Kisah cinta dan persahabatan juga dihadirkan di drama ini.