×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Fakta menarik film horor Makmum, ada momen mistis saat syuting

View Image

0

BRILIO » Film

6 Fakta menarik film horor Makmum, ada momen mistis saat syuting

Film ini akan rilis 15 Agustus 2019 mendatang

11 / 08 / 2019 20:02

Brilio.net - Dunia perfilman Tanah Air akan segera diramaikan oleh sebuah film bergenre horor berjudul Makmum. Film yang digarap oleh produser Dheeraj Khalwani dan sutradara Hadrah Daeng Ratu itu mengisahkan tentang gangguan sosok ghaib yang menimpa para penghuni sebuah asrama.

Rini, salah satu karakter utama dalam film menyadari ada sesuatu yang memang tidak beres di dalam asrama tersebut, ia mencoba membantu para siswi dan berusaha menguak misteri itu, hingga ia tidak sadar bahwa nyawanya sedang terancam.

Mereka pun kerap diganggu ketika melaksanakan ibadah salat sendirian pada malam hari. Menurut rencana, film tersebut akan dirilis pada 15 Agustus 2019 mendatang.

Penasaran dengan film tersebut? Berikut 6 fakta menarik film Makmum yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (11/8).

1. Diadaptasi dari film pendek.

Loading...

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@rizapahlevittm

Kisah dalam film Makmum diadaptasi dari sebuah film pendek dengan judul yang sama Karya Riza Pahlevi pada tahun 2015. Film pendek tersebut sukses maraih beberapa penghargaan, mulai dari Best Horror di HelloFest 2016, Direction Special Mention di The Crappy International Movies in Sueca (CIM-Sueca) di Spanyol 2016, hingga Best Ideas Film and Audience's Favorit di Salatiga Film Festival 2017.

Di YouTube, film pendek tersebut juga meraih kesuksesan. Hingga saat ini, film pendek Makmum telah ditonton sebanyak 19 juta kali.

2. Tayang di empat negara.

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@makmummovie

Tak hanya tayang di Tanah Air, film Makmum versi layar lebar akan ditayangkan serentah di tiga negara lainnya, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Tiga negara tetangga tersebut dipilih lantaran melihat antusias penonton dari negara tersebut. Kedekatan budaya dan spiritualitas menjadi salah satu alasan film ini diterima baik oleh negara tetangga.

3. Film horor pertama Titi Kamal.

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@titi_kamall

Film Makmum menjadi debut film bergenre horor bagi artis Titi Kamal. Di dalam film tersebut, Titi Kamal berperan sebagai Rini. Ia dikisahkan sebagai perempuan misterius yang biasa merias wajah jenazah.

Peran tersebut tentu berbeda dan unik yang belum pernah diperankan selama merintis kariernya. Meski ia tidak memungkiri sempat merasa khawatir ketika mendapat tawaran.

4. Ada kejadian mistis saat syuting.

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: YouTube/MD Pictures

Proses syuting film horor Makmum ternyata menyisakan sejumlah cerita mistis. Hal itu diungkap oleh Titi Kamal. Ibu dua anak ini mengingat, setidaknya ada tiga kejadian mengerikan selama proses pengambilan gambar.

Ia menceritakan, rekan mainnya, Bianca Hello mendengar suara mendesah seperti orang sesak napas. Pada awalnya Bianca berpikir itu ulah kru iseng ternyata setelah dicek, ruangan sebelah terkunci tidak ada orang. Usut punya usut, tempat syuting tersebut merupakan bekas rumah sakit paru-paru yang dibangun pada 1920-an.

Kejadian lainnya, ada salah satu pemain yang mengantre di kamar mandi. Ia mengira kamar mandi sedang dipakai karena terdengar seseorang yang sedang berbilas. Lama ditunggu tak kunjung selesai, ternyata tak ada orang di kamar mandi tersebut.

Yang terakhir, menurut Titi Kamal, kejadian mistis dialami oleh aktris Tissa Biani saat melakukan adegan salat. Tissa mendengar suara berbisik lalu ia menegur, "Siapa sih, jangan berisik". Ternyata, kata Titi Kamal, sutradara juga mendengar bisikan serupa namun tak ada wujudnya.

5. Dibumbui kontroversi.

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: YouTube/MD Pictures

Sejak muncul dalam versi film pendek, film Makmum tak sedikit menuai kritikan. Sebagian orang menganggap film ini justru membuat penonton takut melaksanakan ibadah salat sendirian ketika malam. Namun, hal itu telah dibantah oleh para pembuat film. Film ini justru memiliki pesan moral agar kita lebih khusyuk dalam beribadah.

6. Pendalaman karakter.

fakta film makmum © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@makmummovie

Tentu tak mudah memerankan karakter dalam film horor. Hal itulah yang juga dialami sejumlah pemain film Makmum. Adila Fitri yang memerankan karakter Putri mengaku harus menghabiskan waktu berjam-jam menonton film horor agar dapat mendalami peran.

Hal serupa juga dialami oleh Ali Syakieb. Berperan sebagai uztaz, Ali mendalami karakter tersebut dengan menonton video rukiah.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more