Brilio.net - Film Spencer yang mengisahkan kehidupan Putri Diana menarik atensi dari penonton dari seluruh dunia. Film tersebut mengisahkan keputusan Putri Diana (Kristen Stewart) untuk mengakhiri pernikahannya dengan Pangeran Charles ( Jack Farthing) dan meninggalkan keluarga kerajaan Inggris.

Film ini ditayangkan pertama kali di Festival Film Internasional Venesia ke-78 pada 3 September 2021 dan berhasil meraih ulasan positif. Selain itu, kelihaian Kristen Stewart saat memerankan Putri Diana dianggap sebagai akting yang luar biasa bagus.

Selain Spencer yang mengisahkan Putri Diana yang menjadi ratu Inggris, ada film lain yang juga mengisahkan sosok wanita berpengaruh. Film tersebut dibingkai dalam film biografi yang mengisahkan perjalanan hidup sosok tersebut. Selain itu, sosok tersebut menjadi inspirasi banyak orang, terutama untuk para wanita yang sedang berjuang di mana pun berada.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (26/11), berikut 5 film Hollywood biografi wanita yang tak kalah menarik dari Spencer.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Respect (2021).

Film Hollywood biografi wanita berbagai sumber

foto: imdb.com

Respect merupakan drama musikal biografi yang diangkat dari kehidupan nyata penyanyi Amerika Aretha Franklin. Film yang dibintangi Jennifer Hudson sebagai Franklin ini, mengisahkan dua dekade pertama kehidupan penyanyi tersebut.

Mulai dari dilahirkan sebagai keajaiban musik dalam keluarga Afrika-Amerika yang makmur, efek kehilangan ibunya pada usia 10 tahun hingga kebangkitannya yang sulit menjadi bintang musik internasional yang secara bersamaan bertahan dalam pernikahan yang kasar. Selain itu, film ini juga menggambarkan bagaimana Franklin bertahan dalam lingkungan sosial yang patriarkis.

2. Jackie (2016).

Film Hollywood biografi wanita berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Jackie merupakan film yang mengisahkan Jacqueline "Jackie" Kennedy, istri John F. Kennedy yang harus kehilangan suaminya. Seminggu setelah insiden Pembunuhan John F. Kennedy (Caspar Phillipson), seorang jurnalis (Billy Crudup) mengunjungi sang istri, Jacqueline "Jackie" Kennedy (Natalie Portman), untuk wawancara di rumahnya di Hyannis Port, Massachusetts, mengenai warisan suaminya.

Film ini menggambarkan bagaimana kondisi Jackie pasca kejadian yang membuat suaminya yang saat itu menjadi Presiden Amerika Serikat meninggal dunia. Setelah peristiwa tersebut, kehidupan Jackie tak mudah karena depresi dan tergantung dengan obat-obatan. Film ini merupakan biografi terbaik tentang istri John F. Kennedy dan berhasil meraih tiga nominasi di di Academy Awards ke-89.

3. The Iron Lady (2011).

Film Hollywood biografi wanita berbagai sumber

foto: imdb.com

The Iron Lady merupakan film yang diadaptasi dari kehidupan Perdana Menteri Inggris terlama dan wanita pertama yang memegang jabatan tersebut, Margaret Thatcher. Menelusuri kehidupannya mulai dari karier politik hingga perjuangannya melawan dementia. Dalam film ini, tampak Margaret Thatcher mengusung cita-cita ideologis tentang apa yang disebut sebagai neoliberalisme.

Film ini juga menjadi salah satu film yang secara praktis menerangkan pola awal bagaimana negara melakukan kebijakan untuk kepentingan pasar internasional. Selain itu, dalam film ini juga tergambar jelas bagaimana Margaret Thatcher merupakan simbol dari gerakan feminisme liberal yang berkembang di negara Eropa Barat.

4. Marie Antoinette (2006).

Film Hollywood biografi wanita berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Marie Antoinette mengisahkan seorang gadis Austria bernama Marie Antoinette menikahi Louis XVI pada umur 15 tahun. Dia kemudian menjadi ratu pada umur 19 tahun dan tinggal di Istana Versailles.

Antoinette hidup dengan penuh kemewahan dan pesta meski di sisi lain rakyat Prancis mulai jatuh dalam kemiskinan. Seiring berjalannya waktu, Marie-Antoinette menemukan kehidupan di istana Versailles menyesakkan.

Para abdi dalem suaminya meremehkan dia sebagai orang asing dan menyalahkan dia karena tidak menghasilkan ahli waris, meskipun kesalahannya benar-benar ada pada suaminya. Film yang diperankan oleh Kirsten Dunst ini menjadi biopik tentang ratu Prancis terakhir tersebut sebelum Revolusi Prancis meletus dan mengadili semua keluarga kerajaan, termasuk Marie Antoinette.

5. Frida (2002).

Film Hollywood biografi wanita berbagai sumber

foto: imdb.com

Film yang mengisahkan sosok Frida Kahlo ini diperankan dengan baik oleh Salma Hayek. Film ini mengisahkan perjuangan Frida Kahlo yang menjadi korban kecelakaan pada 1922. Kecelakaan tersebut membuatnya terluka parah hingga di bagian punggung dan kakinya. Selain itu, Frida juga harus menerima kenyataan bahwa rahimnya terluka akibat tusukan besi yang mengakibatkan dirinya tak bisa hamil.

Setelah mendapatkan kembali kemampuan untuk berjalan dengan tongkat, Frida mengunjungi muralis Diego Rivera, menuntut kritik yang jujur terhadap lukisannya. Rivera jatuh cinta dengan pekerjaannya, dan mereka memulai hubungan yang disfungsional. Ketika Rivera melamar, ia mengatakan kepadanya bahwa dia mengharapkan kesetiaan dari Rivera.

Namun, sepanjang pernikahan, Rivera berselingkuh dengan beragam wanita dan membuat hubungan ini penuh dengan ketidaknyamanan hingga akhirnya mereka bercerai. Film ini menjadi salah satu film terbaik yang mengisahkan kehidupan penting Frida Kahlo yang namanya dikenal luas sebagai pelukis dalam dunia seni rupa dunia.

(brl/lea)