Brilio.net - Gotham City selalu identik dengan semua film yang masuk dalam DC Extended Universe yang dihuni oleh para superhero dan para penjahat super, terutama Batman dan Joker. Namun, sepanjang sejarah superhero dan antihero DC, Gotham City hanya salah satu di antara kota-kota yang ada di DC Extended Universe (DCEU).

Kota-kota yang digambarkan dalam DCEU selalu punya tampil dengan tingkat kriminalitas yang tinggi dan hal itu hampir menjadi ciri khusus dari semua kota di DCEU. Seperti Gateway City yang menjadi tempat asal Wonder Woman atau seperti Metropolis yang dekat sekali dengan Gotham City.

Kota-kota tersebut ada yang menjadi kota masa kecil para superhero dan kemudian ditinggalkan begitu saja. Ada pula yang kota yang dilengkapi dengan infrastruktur mapan, tetapi masih dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Selain itu, kota-kota tersebut hampir selalu menjadi latar atas komik, film, dan semua adaptasi DCEU.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (24/11), berikut 7 kota fiksi dalam DC Extended Universe selain Gotham City.

1. Gateway City.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: headhuntersholosuite.fandom.com

Gateway City dikenal sebagai rumah asal bagi Wonder Woman. Superhero perempuan Dc tersebut pernah tinggal di sebuah pelabuhan di pantai barat kota tersebut. Selain itu, kota ini juga menjadi rumah bagi Spectre, seorang antihero DC yang belum pernah muncul dalam DC Extended Universe (DCEU). Gateway City sudah menjadi salah satu kota yang cukup sering tampil di DCEU dan bahkan sebagai kota San Francisco. Walaupun begitu, Gateway City sudah ditinggalkan oleh Wonder Woman yang pergi ke New York dan Boston sebagai bagian dari petualangan hidupnya.

2. Metropolis.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: dcextendeduniverse.fandom.com

Kota Metropolis menjadi salah satu kota yang cukup terkenal sebagai kota asal dan tempat superhero Superman muncul. Metropolis digambarkan sebagai kota yang makmur dan besar di Amerika Serikat bagian Timur Laut, dekat dengan Kota Gotham. Dalam beberapa tahun terakhir, dinyatakan berlokasi di Delaware. Dalam DCEU, Metropolis digambarkan sebagai salah satu kota terbesar dan terkaya di dunia dengan populasi penduduk sebanyak 11 juta orang. Selain Superman, kota ini rumah bagi superhero lain seperti Booster Gold dan Blue Beetle.

3. Central City.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: dcextendeduniverse.fandom.com

Central City merupakan salah satu kota yang sulit teridentifikasi secara jelas. Sebab, sejak 1970-an dikenalkan pertama kali, kota ini selalu berganti-ganti ciri setiap tahun sehingga memiliki identifikasi berbeda-beda. Selain itu, kota ini disebut sebagai kota kelahiran Flash, salah satu superhero DC yang dikenal yang memiliki kemampuan kecepatan super.

4. Coast City.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: superheroes.fandom.com

Coast City merupakan kota fiksi yang ada di negara bagian California. Kota ini merupakan rumah bagi Hal Jordan atau yang kerap dikenal sebagai superhero Green Lantern. Namun, pada 1990-an, Coast City sempat dihancurkan oleh Mongul saat kapal raksasa Mongul ada di atas kota tersebut dan melepaskan ribuan bom yang meledak bersamaan. Semua penduduk di kota tersebut meninggal dunia dan tidak ada yang tersisa. Coast City pun kemudian dibangun kembali dari reruntuhan yang tersisa oleh Spectre dan juga Hal Jordan. Walaupun begitu, kota ini akan terus dikenal sebagai kota hantu sebagai akibat dari menjadi tempat pembunuhan massal pada masa lalu.

5. Smallville.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: arrow.fandom.com

Smallville merupakan kota yang dikenal sebagai kampung halaman masa kecil Superman saat ditemukan oleh suami-istri Kent (Jonathan dan Martha Kent) ketika peristiwa hujan meteor. Kota ini dikenal sebagai kota yang asri, jauh dari kebisingan, dan polusi. Namun, setelah hujan meteor melanda, kota ini menjadi salah satu kota dengan tingkat kejahatan tertinggi untuk ukuran kota kecil. Di kota ini, keluarga Kent mempunya lahan persawahan dan perkebunan.

6. Star City.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: arrow.fandom.com

Star City merupakan kota yang menjadi tempat tinggal awal superhero Green Arrow beserta makhluk lain yang berafiliasi dengannya. Kota ini menjadi kota pertama saat Maggie Sawyer mengawali kariernya sebagai seorang polisi dan kemudian membangun reputasinya di kota Metropolis. Kota ini disebut sebagai salah satu kota yang memiliki infrastruktur yang mapan. Dilengkapi dengan jembatan modern, hingga prasarana yang memadai seperti stadion olahraga dan lainnya.

7. Midway City.

kota fiksi dalam DC berbagai sumber

foto: dcextendeduniverse.fandom.com

Midway City merupakan nama kota yang diambil dari sebuah kota di California, Amerika Serikat. Namun, deskripsi tentang kota ini jauh berbeda. Midway City digambarkan sebagai sebuah kota di negara bagian Michigan di Amerika Serikat. Midway City terkenal sebagai rumah dari dua kelompok superhero yang berbeda. Superhero pertama adalah The Doom Patrol yang beroperasi di jantung kota, sementara superhero kedua dikenal sebagai sebagai Hawkman dan Hawkwoman. Walaupun diam di kota yang sama, dua kelompok superhero tersebut tidak pernah bertemu satu sama lain. Selain itu, kota ini muncul beberapa kali dalam Suicide Squad dan muncul dalam seri The Flash episode musim 6.