Brilio.net - Film berlatar perang punya tempat sendiri di hati penonton. Film ini sering kali menampilkan berbagai cerita, mulai dari ambisi perang hingga paradoks perang itu sendiri. Tak jarang, film perang sering menampilkan realitas manusia perang yang kadang tak berdaya untuk tidak mengangkat senjata. Demi alasan nasionalisme dan alasan negara, mau tidak mau para tentara harus terjun ke medan perang.

Film-film perang yang pernah tayang di seluruh dunia dikumpulkan dan dinilai di situs Rotten Tomatoes. Situs ini merupakan situs web yang menyediakan informasi tentang film dari seluruh dunia, termasuk orang-orang yang terlibat di dalamnya mulai dari aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata rias dan musikus. Situs web ini didirikan oleh Senh Duong sejak Januari 2010. Situs ini menjadi situs yang banyak ditakuti oleh sutradara di seluruh dunia karena sering memberikan rating yang nilai yang sangat sadis.

Film-film perang tersebut kemudian dikurasi dan menampilkan ratusan film terbaik dari seluruh dunia. Namun, brilio.net hanya mengambil sembilan film perang terbaik yang dapat menjadi rekomendasi menarik.

Dirangkum dari Rotten Tomatoes dan berbagai sumber Rabu (24/11), berikut 9 film perang terbaik versi Rotten Tomatoes, Casablanca nyaris sempurna.

1. Casablanca (1942)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Casablanca merupakan film klasik Amerika Serikat yang berlatar Perang Dunia 2. Film ini berfokus pada seorang ekspatriat Amerika (Bogart) yang harus memilih antara cintanya pada seorang wanita (Bergman) atau harus pergi berperang bergabung bersama tentara Sekutu. Walaupun digambarkan sebagai film fiksi, nyatanya, pada tahun film ini dibuat, Perang Pasifik sedang berlangsung. Amerika bersama Sekutu melawan Jepang yang bekerja sama dengan Jerman dan juga Italia. Film ini berhasil memenangkan Academy Award untuk Film Terbaik dan bahkan skor di Rotten Tomatoes nyaris sempurna sebesar 99%. Raihan ini membuat Casablanca menjadi film bertema perang terbaik versi Rotten Tomatoes.

2. The Grand Illusion (1937)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

sebuah film perang Prancis tahun 1937 yang disutradarai oleh Jean Renoir , yang ikut menulis skenario dengan Charles Spaak. Film mengisahkan hubungan kelas di antara sekelompok kecil perwira Prancis yang menjadi tawanan perang selama Perang Dunia I dan merencanakan pelarian. Judul film tersebut berasal dari buku The Great Illusion tahun 1909 karya jurnalis Inggris Norman Angell yang berpendapat bahwa perang adalah sia-sia karena kepentingan ekonomi bersama semua negara Eropa. Perspektif film ini sangat humanistik dengan karakternya dari berbagai negara. Film ini menjadi film terbaik kedua di Rotten Tomatoes sebesar 97%.

3. The Battle of Algiers (1966).

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

sebuah film perang 1966 yang ditulis dan disutradarai oleh Gillo Pontecorvo. Film ini didasarkan pada peristiwa yang dilakukan oleh pemberontak selama Perang Aljazair (1954–1962) melawan pemerintah Prancis di Afrika Utara. Film ini berkonsentrasi terutama pada pejuang revolusioner Ali La Pointe selama tahun-tahun antara 1954 dan 1957, ketika pejuang gerilya dari FLN berkumpul kembali dan diperluas ke Casbah, benteng Aljir. Film ini berhasil menjadi urutan ketiga sebagai film terbaik versi Rotten Tomatoes.

4. Dunkirk (2017)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Dunkirk menggambarkan evakuasi Dunkirk dari Perang Dunia II melalui perspektif darat, laut, dan udara. Film yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh Christopher Nolan ini tampil dengan sedikit dialog, tetapi dengan adegan yang kuat. Film ini menjadi film Perang Dunia II terlaris, menghasilkan $526 juta di seluruh dunia. Selain itu, film ini menjadi film terbaik keempat rekomendasi Rotten Tomatoes.

5. All Quiet on the Western Front (1930)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

All Quiet on the Western Front merupakan sebuah film epik pra-Perang Amerika Serikat tahun 1930 berdasarkan novel Erich Maria Remarque tahun 1929 dengan judul yang sama. Film ini disebut sebagai kisah peperangan yang realistis dan mengerikan dalam Perang Dunia I. Selain itu, film ini menjadi film pertama yang memenangkan Academy Award untuk nominasi Produksi Luar Biasa dan Sutradara Terbaik. Di situs Rotten Tomatoes, film berada di urutan kelima sebagai film terbaik yang harus ditonton banyak orang.

6. Army of Shadows (1969)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Army of Shadows mengisahkan sekelompok kecil pejuang perlawanan saat mereka bergerak di antara rumah-rumah yang aman dari bom. Mereka bekerja dengan militer Sekutu, membunuh informan dan berusaha menghindari penangkapan serta eksekusi yang mereka tahu adalah nasib mereka yang paling mungkin. Film ini menampilkan karakter-karakter yang penuh heroik, tetapi saat bersamaan film ini juga menampilkan pandangan suram tentang perlawanan. Film ini banyak dipuji oleh banyak kritikus film dan berhasil menjadi film keenam terbaik versi Rotten Tomatoes.

7. Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb (1964)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb merupakan film dark comedy dan satir yang menyindir ketakutan banyak orang terhadap Perang Dingin antara Uni Soviet dan Amerika Serikat. Film ini mengisahkan seorang jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat yang memerintahkan serangan nuklir serangan pertama di Uni Soviet. Film ini dianggap sebagai film komedi terbaik yang pernah dibuat dan masuk dalam peringkat 26 dalam daftar film Amerika Terbaik. Film ini berhasil menjadi salah satu pilihan Rotten Tomatoes di urutan ketujuh sebagai film terbaik.

8. The Hurt Locker (2008)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Film The Hurt Locker merupakan film yang mengisahkan tim Pembuangan Senjata Peledak Perang Irak yang menjadi sasaran pemberontak dan menunjukkan reaksi psikologis mereka terhadap tekanan pertempuran. Boal sebagai penulis naskah memanfaatkan pengalamannya selama akses tertanam untuk menulis skenario. Film ini tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia 2008 dan berhasil memenangkan enam nominasi dari sembilan kategori. Film ini menjadi film yang masuk dalam urutan kedelapan sebagai film terbaik versi Rotten Tomatoes.

9. Lawrence of Arabia (1962)

Film perang terbaik versi Rotten Tomatoes berbagai sumber

foto: imdb.com

Lawrence of Arabia merupakan film drama sejarah Inggris yang diadaptasi dari kehidupan TE Lawrence dan bukunya Seven Pillars of Wisdom yang terbit pada 1926. Film ini mengisahkan pengalaman Lawrence di provinsi Hijaz dan Suriah Raya di Kekaisaran Ottoman selama Perang Dunia I, khususnya serangannya terhadap Aqaba dan Damaskus dan keterlibatannya di Dewan Nasional Arab. Lawrence of Arabia dinominasikan untuk sepuluh Oscar di Academy Awards ke-35 pada 1963 dan berhasil memenangkan tujuh piala, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Film ini berhasil menjadi film terbaik kesembilan versi Rotten Tomatoes.

*

INFOGRAFIS FILM BERTEMA PERANG TERBAIK VERSI ROTTEN TOMATOES © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FILM BERTEMA PERANG TERBAIK VERSI ROTTEN TOMATOES
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan