1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Film
Vindiasari Putri 16 Juli 2017 16:04

9 Fakta menarik film Dunkirk ini wajib kamu tahu, ada kapal perang lho

Sebuah karya terbaru dari Christopher Nolan.

Brilio.net - Di Juli ini tak sedikit orang yang menantikan film besutan dari Christopher Nolan. Film bertajuk Dunkirk ini menjadi karya terbaru dari Christopher Nolan yang akan muncul di bioskop pada 21 Juli mendatang. Beberapa film karya sebelumnya seperti The Dark Knight, Inception, and Memento telah dikenal banyak orang.

Dunkirk mengisahkan momen Perang Dunia II yang mampu menghancurkan kehidupan banyak pemuda. Nama Dunkirk diambil dari sebuah kisah nyata yang bernama pertempuran Dunkirk di mana pertempuran antara Jerman dan Sekutu. Setelah melewati proses syuting selama bertahun-tahun, film Dunkirk pun telah menggelar premierenya di London pada Kamis (13/7).

Deretan bintang yang turut andil dalam film pun hadir dalam penayangan perdananya, seperti Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, dan masih banyak lainnya. Sebelum menonton filmnya, yuk cari tahu seputar film Dunkirk. Ini dia 9 fakta menarik film Dunkirk yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (15/7).

 

1. Bertabur bintang.


foto: facebook.com/@CGV.ID


Film Dunkirk memberikan tampilan bintang-bintang muda seperti Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Jack Lowden, Harry Styles, Aneurin Barnard, James D'Arcy, Barry Keoghan, Kenneth Branagh, Cillian Murphy, Mark Rylance and Tom Hardy. Film ini juga menjadi film pertama anggota dari One Direction Harry Styles.

 

2. Jadi film paling pendek dari Christoper Nolan.


foto: screenrant.com


Film Dunkirk menjadi film paling pendek dari Christoper Nolan, yaitu hanya berdurasi 1 jam 40 menit. Sementara itu, dialog dalam film ini termasuk sangat sedikit yaitu hanya 112 halaman. Hal tersebut dibuat untuk memberikan suasana dan perasaan ketakutan dan kebingungan dalam film semakin kentara.

 

3. Mengisahkan tentara tapi bukan film perang.


foto: screenrant.com


Film Dunkirk mengisahkan tentang para pemuda saat Perang Dunia II. Meski begitu film ini bukanlah film tentang perang. Dunkirk berisi penggambaran pemuda yang berjuang untuk bertahan hidup saat PD II. Sang sutradara memfokuskan pada aspek kelangsungan hidup dan evakuasi, bukan mengenai strategi perang, pertempuran, dan politik di balik kisah Dunkirk. Christoper Nolan menegaskan, Dunkirk bukan film yang menjelaskan Jerman VS Sekutu.

 

4. Dunkirk melawan arus mainstream Hollywood.


foto: screenrant.com


Industri perfilman Hollywood sangat menyukai produksi film tentang perang. Kemunculan film Dunkirk seolah membongkar industri perfilman Hollywood di mana film ini bukan soal kemenangan melainkan

 

5. Karakter yang ada hanyalah fiktif.


foto: screenrant.com


Kejadian Dunkirk sendiri merupakan kisah nyata yang terjadi pada saat PD II. Meski begitu, film Dunkirk menawarkan kisah para pemuda yang sebenarnya tidak ada alias hanya fiktif belaka.

 

6. Film karya Christoper Nolan makin oke dengan Hans Zimmer.


foto: screenrant.com


Komposer Hans Zimmer selalu turut andil dalam karya dari Nolan. Lewat film sebelumnya, Interstellar, Hans Zimmer berhasil meraih Oscar. Komposer asal Jerman ini telah ambil bagian dalam film-film kece, seperti The Lion King, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, Muppet Treasure Island, Frost/Nixon.

 

7. Mencoba film dengan sentuhan sedikit CGI.


foto: screenrant.com


Dunkirk mencoba memberikan tampilan yang senyata mungkin. Ia mencoba mengurangi penggunaan computer Generated Image(CGI). Langkah yang diambil Nolan seperti menggunakan hal-hal konvensional dan praktikal seperti menggunakan kapal perang sungguhan selama proses produksi film. Sebuah kapal angkatan laut Prancis T-47 digunakan selama proses syuting. Selain itu, Nolan mencoba menggunakan potongan karton untuk membuat kapal seolah ada lebih dari 300 kapal.

 

8. Menyajikan kombinasi IMAX dan 65 mm.


foto: screenrant.com


Saat proses produksi, Nolan menggunakan kamera dengan pita analog. Film Dunkirk sendiri direkam menggunakan kombinasi dua media film berukuran besar IMAX 65mm dan film 65mm. Di mana ukuran yang besar akan menjamin kualitas gambar yang lebih tajam.

 

9. Prolog dengan tiga aspek berbeda.


foto: screenrant.com


Letak menarik dari film Dunkirk ada di bagian prolog, di mana ada 3 aspek berbeda yang sekaligus ditampilkan di awal, yaitu suasana di tanah, laut, dan udara. Terdapat efek suara yang memberikan suasana semakin mencekam dan mengerikan. Prolog film memberikan pengetahuan mengenai Dunkirk.

Pasti nggak sabar lihat debut film pertama Harry Styles. Catat tanggal tayangnya ya, 21 Juli di bioskop terdekat! Siap-siap disuguhkan suasana mencekam saat perang.

 

(brl/nng)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

9 Fakta menarik film Dunkirk ini wajib kamu tahu, ada kapal perang lho.
Sebuah karya terbaru dari Christopher Nolan.
https://www.brilio.net/film/9-fakta-menarik-film-dunkirk-ini-wajib-kamu-tahu-ada-kapal-perang-lho-1707159.html
SEND

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

BAB Jongkok Atau Duduk, Sehat Mana?
Kalau kamu tipe yang mana guys? Suka jongkok atau duduk?

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?