Brilio.net - The Academy Awards atau yang akrab dengan nama Oscar merupakan salah satu ajang paling bergengsi bagi industri perfilman dunia. Deretan film yang masuk dalam berbagai nominasi di ajang Oscar tentu merupakan film pilihan. Pasalnya, untuk masuk dalam nominasi adalah film yang mampu mengalahkan puluhan hingga ratusan film lainnya.

Sepanjang sejarah The Academy Awards yang telah digelar ke-89 ini telah tercatat beberapa hal mengejutkan. Salah satunya mengenai nama-nama film yang keluar menjadi pemenang. Dalam ajang The Academy Awards, judul pemenang yang muncul begitu mengejutkan karena film tersebut kurang populer untuk ditonton. Film tersebut bukanlah film yang masuk dalam box office.

Ini dia 7 film yang nggak box office tapi berhasil di ajang Oscar dilansir dari laman Hollywood pada Jumat (14/7).

1. The Wizard of Oz.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: moviepostershop.com

Loading...

Saat rilis film The Wizard of Oz, film yang mengisahkan kisah klasik Dorothy ini kurang mendapat apresiasi yang banyak dari pecinta film. Namun demikian film tersebut berhasil memenangkan dua kategori meliputi Original Song and Original Score.

2. Hugo.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: divitapandey.files.wordpress.com

Pada saat penanyangannya, film Hugo kurang populer bagi penonton. Film Hugo berhasil memenangkan lima nominasi sekaligus di ajang The Academy Award 2012 di antaranya Best Cinematography, Best Visual Effects, Best Production Design, Best Sound Editing, dan Best Sound Mixing.

3. Citizen Kane.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: artshound.com

Film Citizen Kane dianggap sebagai film terbaik sepanjang masa. Akan tetapi film tersebut kurang populer pada rilisnya. Meski begitu film Citizen Kane berhasil meraih best original screenplay di ajang The Academy Awards tahun 1942.

4. The Artist.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: impawards.com

Film yang muncul pada 2011 ini menyajikan film bernuansa hitam putih dengan latar tahun 1920-an. Menurut IMDB, saat rilis film ini hanya mampu meraih pendapatan sekitar USD 204.878 atau setara dengan Rp 2, 7 miliar. Sementara proses produksi film ini menghabiskan dana mencapai Rp 200 triliun. Pada ajang Oscar, film The Artist berhasil menyabet 5 nominasi sekaligus pada 2012.

5. The Last Emperor.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: blu-ray.com

Film lawas The Last Emperor ini berhasil memborong 9 kategori pada ajang Academy Awards tahun 1988. Film ini pada awal penayangannya kurang mendapat respons baik yang hanya memeroleh pendapatan sebesar Rp 281 jutaan. Angka tersebut sangat kecil untuk dana produksi yang besar.

6. The Hurt Locker.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: rogerebert.com

Hal sama juga terjadi pada perilisan The Hurt Locker. Film ini kurang mendapat penonton banyak saat awal rilis. Meski begitu, film yang ini berhasil menyabet 6 piala The Academy Awards pada tahun 2010.

7. The Crying Game.

 oscar non box office © 2017 brilio.net-foto: moviepostershop.com

Pada tahun 1993, The Crying Game berhasil menyabet penghargaan di ajang Oscar untuk kategori Best Original Screenplay. Saat pertama ditayangkan, film ini tak mendapat banyak penonton. Namun demikian, setelah film ini berhasil masuk nominasi Oscar, penjualan dari film ini meningkat.