Brilio.net - Film animasi menjadi salah satu jenis film yang banyak digemari. Tidak hanya bagi anak-anak, film animasi juga bisa dinikmati oleh orang dewasa. Tak ingin ketinggalan, Indonesia juga memiliki film animasi karya anak bangsa.

Para animator Indonesia telah banyak menghasilkan film animasi yang ditayangkan di bioskop. Beberapa karya animasi ini juga menghadirkan kisah-kisah yang menarik. Ada yang diadaptasi dari komik dan ada pula yang terinspirasi dari kisah sejarah.

Nah, pada tahun 2020 ini Indonesia kembali dengan film animasi terbarunya, yaitu "Titus Mystery of The Enygma". Namun sebelum animasi Titus rilis, ada film-film animasi buatan Indonesia yang tak kalah menarik untuk disaksikan lho.

Penasaran apa saja? Berikut tiga belas film animasi buatan Indonesia yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (9/1).

1. Battle of Surabaya.

Loading...

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: goodnewsfromindonesia.id

Battle of Surabaya merupakan salah satu film karya anak bangsa yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan seperti People Choice Award di International Movie Trailer Festival tahun 2013 dan INAICTA tahun 2012. Mengambil kisah sejarah dari pertempuran 10 November yang terjadi di Surabaya, film ini bercerita tentang tokoh bernama Musa. Ia adalah tukang semir sepatu yang sekaligus menjadi kurir yang mengantarkan pesan dari pejuang Surabaya.

2. Si Juki The Movie.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: liputan6.com

Rilis tahun 2017, Si Juki The Movie merupakan film animasi yang diadaptasi dari komik karya Faza Meonk. Dalam versi filmnya mengisahkan petualangan Si Juki melakuakan misi penyelamatan dari bencana meteor. Film animasi ini juga melibatkan artis Indonesia seperti Bunga Citra Lestari dan Indro Warkop.

3. Knight Kris.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diproduseri oleh Deddy Corbuzier, film animasi Knight Kris mengisahkan seorang anak laki-laki bernama Bayu yang menemukan keris sakti. Setelah mencabut keris yang berada di dalam candi, Bayu berubah menjadi kesatria yang punya kekuatan super. Namun, Bayu harus siap untuk berhadapan pada raksasa bernama Asura yang hendak menghancurkan kota.

4. Petualangan Singa Pemberani.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: fimela.com

Film animasi yang menjadi icon dari merk ice cream ini juga dibuat oleh anak bangsa. Film animasi Petualangan Singa Pemberani menghadirkan Giring Nidji dan Putri Titian sebagai pengisi suara dari tokoh utama. Misi singa pemberani dan kawan-kawannya adalah mendapatkan kristal dan melawan Shadow Master.

5. Meraih Mimpi.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Rilis tahun 2009, Meraih Mimpi merupakan film animasi Indonesia pertama yang ditayangkan di layar lebar. Termasuk film animasi musical, pengisi suara sang tokoh utama bernama Dana, diberikan kepada Gita Gutawa. Film ini mengisahkan gadis remaja yang berusaha mempertahankan desa dari pengusaha kejam bernama Pairot.

6. Lakon Pada Suatu Ketika.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: Youtuber/@Trippsaudio

Terkenal sebagai film Transformer ala Indonesia, film animasi Lakon Pada Suatu Ketika juga tak kalah mencuri perhatian publik. Film ini sebenarnya menggambarkan situasi dan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, namun uniknya transportasi seperti bajaj dan bus bisa berubah menyerupai robot.

7. Petualangan Si Adi.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Film petualangan Si Adi merupakan salah satu karya yang patut diapresiasi. Karya animasi ini dibuat oleh sejumlah siswa SMK terpilih di Indonesia. Film ini mengisahkan tentang anak SMK bernama Adi yang berusaha menyadarkan ayahnya yang berubah menjadi jahat karena mendapat kekuatan dari Naga. Adi pun harus mencari sembilan pusaka yang tersebar di penjuru Nusantara.

8. Uwa dan Rimba Indonesia.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: uwaandfriends.com

Film Uwa dan Rimba Indonesia menjadi salah satu animasi yang layak sebagai pilihan tontonan bagi anak-anak. Tokoh utama dalam animasi ini juga merupakan binatang-binatang khas Indonesia, seperti Orang Utan bernama Uwa, Harimau Sumatera bernama Mica, dan Badak Bercula Satu bernama Pito. Kisahnya pun tetap menarik dan memiliki pesan moral yang mendidik.

9. Kuku Rock You.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: liputan6.com

Seperti judulnya Kuku Rock You mengisahkan seekor ayam yang mencintai musik Rock. Setiap pagi, mereka membangunkan setiap orang dengan nada suara seperti rocker. Film ini memiliki kisah yang ringan seperti gambaran kehidupan sehari-hari. Namun film animasi ini tetap lucu dan menghibur.

10. Binekon.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@Binekon

Film animasi Binekon mulanya bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia atas asas Bhinekka Tunggal Ika. Karena itulah, animasi ini banyak mengandung nilai-nilai persatuan dan memperkenalkan budaya Indonesia dengan cara yang menarik.

11. Hebring.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Film animasi yang diproduksi oleh Main Motion Studio ini mengisahkan kehidupan sang superhero. Tidak hanya aksi yang keren, super hero yang satu ini juga bersikap lucu dan bisa membuatmu tertawa saat menontonnya.

12. Tendangan Halilintar.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: Twitter/@Tendangan Halilintar

Film Tendangan Halilintar mengisahkan sepasang kakak beradik yang suka memainkan permainan sepak bola di papan. Mereka berimajinasi hingga menghasilkan tendangan-tendangan unik seperti tendangan halilintar. Film ini diproduksi oleh MD Animation.

13. Titus Mystery of The Enygma.

film animasi lokal © 2020 brilio.net

foto: layar.id

Film Titus Mystery of The Enygma merupakan film animasi karya anak bangsa yang akan tayang pada 9 Januari 2020. Film animasi yang diproduksi oleh MNC Animation ini mengisahkan petualangan dalam memecahkan misteri bersama Titus, detektif tikus dan Fira, kadal cantik yang merupakan pilot amatir. Film ini melibatkan bintang muda seperti Arbani Yazid dan Ranty Maria sebagai pengisi suara.

Reporter: Deta Jauda Najmah