Brilio.net - Film animasi memang menjadi salah satu hiburan yang digemari berbagai kalangan. Tak hanya anak-anak, film animasi juga bisa jadi tontonan bagi orang dewasa sekalipun. Imajinasi penonton saat menyaksikan film animasi pun bisa terbangun dengan tampilan grafis yang memukau.

Beberapa film animasi populer banyak dihasilkan oleh Amerika Serikat. Karena itulah, marak ajang penghargaan untuk program televisi maupun perfilman di Amerika Serikat sebagai bentuk apresiasi atas sebuah karya. Salah satunya adalah Golden Globe Awards 2020.

Golden Globe Awards pertama kali diselenggarakan pada tahun 1943. Ada banyak nominasi mulai dari serial televisi, aktor, aktris, hingga film animasi. Memasuki acara penyelenggaraannya yang ke-77, ada lima film animasi yang masuk nominasi Golden Globe Awards 2020. Dari kelima nominasi tersebut, film animasi 'Missing Link' yang keluar sebagai pemenangnya. Meski demikian kelima film ini tetap menarik dan layak ditonton ulang.

Apa saja? Berikut enam film animasi yang masuk nominasi Golden Globe Awards tahun 2020, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (8/1).

1. Frozen 2.

Loading...

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: amazon.com

Film animasi Frozen 2 juga menjadi salah satu yang paling ditunggu. Tayang perdana pada November 2019 lalu, film animasi ini berhasil meraih penonton dengan jumlah yang fantastis.

Frozen 2 masih berpusat cerita pada karakter Elsa dan Anna. Namun kali mereka akan pergi ke hutan ajaib yang pernah diceritakan oleh ayahnya sewaktu kecil. Elsa juga pergi ke Atohallan dan mengungkap kisah masa lalu kedua orangtuanya.

Film animasi Frozen 2 juga akan menjawab rasa penasaranmu atas film Frozen yang pertama. Misalnya seperti asal-usul kekuatan Elsa, kelanjutan hubungan Anna bersama Kristoff, dan masih banyak lagi. Ada pula karakter-karakter baru yang akan mencuri perhatianmu.

2. Toy Story 4.

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Toy Story 4 menjadi salah satu film animasi yang masuk pada nominasi Golden Globe Awards 2020. Film animasi ini memang telah populer hingga sampai seri keempatnya. Dalam film terbarunya ini, Woody dan para mainan lainnya berpetualang dan bertemu Bo Peep.

Karakter Bo Peep sebenarnya pernah muncul pada film Toy Story pertama. Kini Bo Peep menjadi salah satu lost toy, yakni sebutan untuk mainan yang hilang dan terbuang.

Selain itu, ada pula karakter baru yang menjadi icon Toy Story 4, yakni karakter Forky. Terlihat sebagai garpu biasa, rupanya Forky merupakan mainan pertama yang dibuat sendiri oleh Bonnie.

Pada awalnya Forky sering sekali masuk ke tempat sampah karena menganggap bahwa tempat itu adalah tempat paling aman. Tak ingin Bonnie kehilangan mainan kesayangan, Woody juga sigap untuk selalu menjaga Forky.

3. Lion King.

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: amazon.com

Lion King, film animasi populer dari Disney ini juga kembali di-remake dan telah tayang pada 2019 lalu. Film ini mengisahkan tentang Simba, anak singa yang masih muda. Kelak, Simba akan menjadi Raja Hutan menggantikan sang ayah.

Namun, mewarisi tahta bukan perkara mudah. Simba harus dihadapkan pada kematian ayahnya, Raja Mufasa yang dibunuh oleh Scar. Pamannya sendiri telah lama menaruh iri dan kedengkian yang besar pada Simba. Akhirnya Simba pun bertekad untuk mengalahkan Scar dan menempati posisi Raja Hutan yang sudah direnggut olehnya.

4. How to Train Your Dragon: The Hidden World.

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Masih berpusat cerita pada karakter Hiccup dan naganya Toothless, mereka mencoba menemukan tempat tersembunyi bagi para naga. Uniknya, Toothless juga akan bertemu pada naga lain yang membuatnya jatuh cinta.

Jenisnya pun sangat serasi, Toothless adalah jenis Night Fury sedangkan naga betina yang muncul adalah jenis Light Fury. Namun ada jebakan yang sebenarnya sedang mengintai Toothless dan para naga lainnya.

Nah, melalui film ini, kamu juga akan mendapatkan pesan moral dan kisah persahabatan sejati yang digambarkan oleh sang tokoh utama.

5. Abominable.

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: amazon.com

Tayang pada Oktober 2019 lalu, Abominable juga merupakan animasi yang masuk dalam nominasi Golden Globe Awards 2020. Film animasi dari Universal dan DreamWorks ini mengisahkan tentang gadis bernama Yi yang bertemu dengan Yeti, makhluk berbulu yang tinggal di Himalaya.

Yi dan teman-temannya pun menamakan makhluk tersebut dengan panggilan Everest. Mereka pun berpetualang untuk mengembalikan Everest pulang ke tempat tinggalnya.

6. Missing Link.

Film animasi masuk nominasi Golden Globes 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Menjadi pemenang dari film animasi terbaik versi Golden Globe Awards 2020, Missing Link mengisahkan tentang makhluk mitologi Yeti di Himalaya. Karakter utamanya bernama Mr Link, seorang Sasquatch berbulu yang berusaha mencari kerabatnya yang hilang bernama Shangri-La. Ia pun melakukan perjalanan bersama Sir Lionel Forst dan Adelina Fortnight.

Film animasi Missing Link termasuk film stop motion. Artinya film ini dibuat dengan teknik pembuatan video menggunakan jutaan foto yang dislideshow berkecepatan tinggi.

Tak heran, dengan kisah yang menarik dan teknik pembuatannya yang penuh ketelitian, telah berhasil mengantarkan Missing Link mendapatkan penghargaan.

Reporter: Deta Jauda Najmah