×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup

View Image

0

BRILIO » Film

12 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup

Kisah para tokoh ini sarat dengan nilai-nilai kehidupan.

16 / 11 / 2018 22:30

Brilio.net - Banyak cerita unik mengenai tokoh-tokoh ternama dunia. Tokoh tersebut bisa dai latar belakang ilmuan, pemimpin negara, politikus, aktivis dan lain sebagainya. Masing-masing dari mereka memiliki kisah hidup inspiratif. Pelajaran hidup dari para tokoh ini bisa berdampak kepada pengagumnya.

Di Indonesia juga banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat yang bahkan namanya mendunia. Tak sedikit dunia perfilman ingin mengangkat kisah-kisah inspiratif dari tokoh-tokoh ternama tersebut. Pasalnya, kisah inspiratif setiap tokoh ini memiliki daya tarik luar biasa. Jika diangkat ke layar lebar, kisah inspiratif bisa disebarluaskan ke publik dengan cepat.

Nah, film yang mengangkat kisah hidup tokoh penting ini disebut film biopik. Film ini menggambarkan kembali perjalan sang tokoh sarat dengan nilai-nilai hidup dan nama asli dari karakter utamanya.

Biasanya film biopik ini tokoh yang diangkat sudah meninggal dunia. Namun, ada beberapa film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup sampai sekarang. Film apa saja? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber ulasannya, Jumat (16/11).

1. Habibie & Ainun

Loading...

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film yang dibintangi Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari ini mengisahkan perjalanan hidup Presiden B.J Habibie dan sang Istri, Hasri Ainun Habibie. Film ini benar-benar laris di pasaran. Mengingat Habibie sendiri merupakan tokoh yang cukup terkenal. Selain dirinya pernah menjabat sebagai Presiden RI ke-3, Habibie juga dikenal dengan keahliannya menciptakan pesawat.

Dalam film ini dikisahkan Habibie muda yang ahli dalam bidang pesawat terbang. Sedangkan Ainun merupakan dokter muda yang cerdas. Habibie dan Ainun dipertemukan di Bandung pada tahun 1962. Setelah keduanya jatuh cinta, kemudian menikah dan tinggal di Jerman. Saat itu lika-liku kehidupan dimulai. Banyak permasalahan yang muncul, mulai dari merasa tak dianggap oleh negarannya sendiri, godaan harta dan kekuasaan yang mengiringi perjalanan keduanya.

2. Rudy Habibie

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film Habibie & Ainun laris di bioskop. Kemudian muncul sekuel berjudul Rudy Habibie. Dalam film ini cerita lebih fokus pada sosok Habibie muda. Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, sama halnya dengan film pertama, sekuel ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat pecinta film.

Dalam film ini menceritakan sosok Habibie semasa kuliah di Jerman. Tak lepas pula kisah percintaan Habibie selama kuliah di Jerman, yaitu dengan gadis asal Polandia bernama Ilona Lanovska, yang diperankan Chelsea Islan. Dalam film ini diceritakan bahwa Habibie belum mengenal Ainun.

3. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Sudah tidak asing lagi bukan dengan Film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar? Film ini terinspirasi dari kisah Merry Riana, perempuan asal Indonesia yang berhasil meraih satu juta dolar pertamanya di Singapura pada usia 26 tahun. Film ini diperankan oleh Dion Wiyoko, Chelsea Islan, Kimberly Ryder dan Ferry Salim.

Film ini membawa hal positif bagi penontonnya. Pasalnya kisah yang diangkat dalam film adalah kerja keras yang begitu besar. Diksahkan, Merry Riana yang baru lulus SMA terpaksa harus mengungsi ke Singapura karena kondisi Indonesia tidak stabil. Di Singapura Merry harus berjuang untuk hidupnya sendiri, sampai akhirnya situasi membuatnya harus menempuh pendidikan yang tanpa direncanakan sebelumnya.

4. Jokowi

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Kisah Presiden Joko Widodo turut diangkat dalam sebuah film biopik. Film garapan KK Dheeraj ini berhasil membuat publik memahami sosok Jokowi dan latar belakang keluarganya. Film ini diliris pada 20 Juni 2013 untuk menyambut hari jadi ke-52 Joko Widodo.

Film yang diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana dan Prisia Nasution ini menceritakan seorang anak tukng kayu bernama Joko Widodo, yang tinggal di pinggiran sungai. Masa kanak-kanak yang jauh dari kata mewah telah dilaluinya. Namun hal itu tidak menyurutkan semangatnya. Hingga Jokowi tumbuh dewasa dan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Lahir dari keluarga yang jauh dari istilah cukup, membawa dirinya menjadi sosok yang sederhana meski sudah sukses.

5. 99 Cahaya di Langit Eropa

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film drama religi ini diadaptasi dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Film ini menceritakan kisah Hamum Rais dan sang suami Rangga Almahendra.

Dikisahkan seorang jurnalis asal Indonesia yang sedang menemani suami menjalani kuliah kedokteran di Vienna, Austria. Bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungannya, hingga bertemu dengan banyak sahabat yang membawanya menelusuri jejak-jejak Islam di Eropa yang dibawa oleh bangsa Turki pada zaman dulu.

Film ini menadapat pujian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan kabarnya, film 99 Cahaya di Langit Eropa merupakan film Maxima Pictures termahal yang dibikin dengan anggaran lebih dari Rp 15 miliar.

6. 99 Cahaya di Langit Eropa 2

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: 21cineplex.com

Film ini merupakan lajutan dari film sebelumnya. Selain mengungkap rahasia sejarah perkembangan Islam di belahan Eropa, film yang disutradarai oleh Guntur Soeharjanto ini menjawab beberapa hal yang merupakan pelengkap akhir cerita, seperti persahabatan, perseteruan, pendidikan Rangga dan kehidupan pasnagan ini selama di Eropa.

Film yang diliris tahun 2014 ini dibintangi sederet artis ternama, di antaranya, Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Raline Shah, dan Nino Fernandez.

7. Bulan Terbelah di Langit Amerika

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: 21cineplex.com

Sama halnya dengan 99 Cahaya di Langit Eropa, film Bulan Terbelah di Langit Amerika ini merupakan adaptasi dari novel karya Hanum Salsabiela Rais. Namun film ini berbeda dari film sebelumnya. Film yang diproduksi oleh Maxima Pictures ini menceritakan tentang Islam di Amerika.

Pengambilan gambarnya juga berlangsung di di Amerika Serikat. Film ini mengangkat isu Islamophobia di Barat. Pada saat itu isu yang diangkat di film ini sedang hangat menyusul serangan Teror Paris. Penggarapan film ini lebih banyak dilakukan di New York, dengan dibintangi artis ternama Acha Septriasa, Abimana Aryasatya, Nino Fernandez, Rianti Cartwright, and Boy William.

8. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani. Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 mengisahkan tentang kelanjutan petualangan Hanum dan Rangga. Untuk film ini penggarapannya dilakukan di San Fransisco, California dan Singkawang, Kalimantan Barat.

Dikisahkan, pada saat Hanum dan Rangga ingin kembali ke Wina, usai menyelesaikan tugasnya, Bos Hanum memberikan mereka sebuah misi baru. Di mana misi tersebut hanya bisa dipecahkan oleh pasangan suami istri ini. Misinya adalah menelusuri jejak harta karun misterius dari para pelaut Muslim Tiongkok, yang pergi berlayar ke Amerika Serikat sebelum Columbus.

Film ini dibintangi oleh sederet artis ternama. Di mana pemeran Hanum dan Rangga masih artis yang sama, yaitu Acha Septriasa dan Abimana Aryasatya. Serta beberapa artis yang sama di film sebelumnya.

9. Teman Tapi Menikah

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata yang dialami pesinetron Ayudia Bing Slamet bersama suaminya, Ditto 'Percussion'. Kisah keduanya awalnya dituangkannya dalam sebuah novel yang dirilis pada 2016 dengan judul yang sama dengan filmnya.

Film ini dibintangi oleh Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken. Dalam film ini menceritakan persahatan antara Ayudia dan Dito sejak SMP. Ternyata Dito telah memendam rasa pada Ayudia selama 12 tahun. Film yang disutradarai Rako Prijanto tersebut cukup banyak disukai anak muda. Karena kisah cinta yang dikemas dalam film ini benar-benar menarik.

10. Hanum dan Rangga

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film ini sedang hangat-hangatnya menjadi pembicaraan warganet. Banyak penonton yang terharu melihat kisah di film ini. Film Hanum dan Rangga tayang di bioskop sejak 8 November 2018.

Hanum dan Rangga merupakan film yang diangkat dari sebuah novel yang berjudul Faith & The City yang menceritakan kisah nyata Hanum Rais dan suami Rangga. Jika film cinta pada umumnya menceritakan perjuangan cinta, film lebih bercerita tentang perjalanan mempertahankan cinta. Dilema yang cukup berat tergambarkan dalam film ini, antara mengejar impian atau menjaga keutuhan keluarga.

11. A Man Called Ahok

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: imdb.com

Film ini dirilis pada 8 November 2018 bersamaan dengan Film Hanum dan Rangga. Film A Man Called Ahok belakangan ini ramai dibicarakan. Tak sedikit orang yang membanding-bandingkan Film A Man Called Ahok dengan Hanum dan Rangga.

Perjalanan hidup Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dikisahkan dalam film yang penuh inspirasi. Dalam film ini dikisahkan bagaimana hubungan Ahok dan orangtuanya. Dalam film ini Ahok diperankan oleh Daniel Mananta. Film ini menjadi salah satu film yang banyak ditonton oleh masyarakat.

12. Slank Nggak Ada Matinya

13 Film biopik Indonesia yang tokohnya masih hidup istimewa

foto: m.vidio.com

Film drama Indonesia yang dirilis pada 24 Desember 2013 ini mengisahkan perjalanana band Slank. Di mana dalam film tersebut diceritakan mengenai susahnya senang kehidupan Slank saat terjerat narkoba.

Bagi pecinta musik, Film Slank Nggak Ada Matinya ini menjadi tontonan wajib bagi mereka. Film ini merupakan film ke-4 band Slank. Kalau biasanya mereka memerankan sendiri karakter masing-masing, namun dalam film ini karakter personel Slank diperankan oleh beberap artis ternama, di antaranya Adipati Dolken, Ricky Harun, Ajun Perwira, Aaron Ashab dan Deva Mahenra. Film ini juga melibatkan ribuan Slankers.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more