Brilio.net - Film adalah sebuah gambar hidup yang ditampilkan pada layar. Proses pembuatan film merupakan gabungan dari seni dan industri. Hingga saat ini banyak sekali masyarakat yang antusias dan senang menikmati sebuah film, tak terkecuali film yang berasal dari India yang sering disebut dengan film Bollywood.

Kamu yang suka nonton film, khususnya pecinta film Bollywood. Tahun 2018 digadang–gadang banyak film India yang sudah rilis dan menghiasi layar bioskop. Mulai dari genre laga, drama hingga romantis.

Kamu yang mengaku pecinta film India jangan pernah puas kalau belum menonton film yang sudah rilis di tahun 2018. Beberapa film India tidak kalah bagus untuk ditonton. Selain kisahnya yang menarik, film Bollywood memiliki ciri khas menyanyi dan menari yang tentunya bisa membuatmu terhibur bahkan juga bisa ikut menghayati.

Berikut sudah brilio.net rangkum berdasarkan rating terbaik versi Internet Movie Database (IMDb) dan dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (15/11).

1. Andhadhun.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: ndtv.com

Andhadhun adalah film India yang bernuansa thriller kejahatan, komedi hitam India 2018 yang ditulis dan disutradarai oleh Sriram Raghavan. Dibintangi oleh Ayushmann Khurrana, Tabu, dan Radhika Apte. Menceritakan tentang seorang pemain piano tunanetra tidak sengaja terlibat dalam pembunuhan seorang mantan aktor film. Film berdurasi 139 menit sudah rilis sejak 5 Oktober 2018, dan temasuk menjadi salah satu fil India terbaik tahun 2018 karena berhasil meraup hingga Rp 200 miliar di box office. Film ini mendapatkan rating 9.

2. Padman.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: bollywoodlife.com

Film yang dibintangi oleh Akshay Kumar, Radhika Apte, dan Sonam Kapoor ini bernuansa biography dan drama. Berkisah mengenai seorang pria yang menyadari wanita sangat dipengaruhi oleh siklus menstruasi. Pria yang diperankan oleh Akshay Kumar mulai untuk menciptakan mesin pembalut dan menyediakan pembalut dengan harga murah untuk wanita di pedesaan India. Film ini berdurasi 140 menit dan sudah rilis sejak 9 februari 2018. Padman menjadi salah satu film India terbaik 2018 dengan rating 8 dengan pendapatan Rp 245 miliar box office.

3. Stree.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: wikipedia.com

Film bernuansa komedi dan horor ini dibintangi oleh Rajkummar Rao, Shraddha Kapoor, dan Pankaj Tripathi. Menceritakan mengenai kehidupan di sebuah kota kecil bernama Chanderi. Di kota itu para kaum pria selalu hidup dalam ketakutan akan roh jahat yang bernama 'Stree'. Konon ceritanya roh Stree sering menculik para lelaki di malam hari. Cerita mistis tersebut berdasarkan legenda urban yang pernah viral pada tahun 1990-an yakni 'Nale Ba'. Film yang di produseri oleh Amar Kaushik ini berdurasi 128 menit, rilis sejak 31 Agustus 2018 dan sudah mendapatkan Rp 369 miliar box office. Mendapatkan rating 8,3.

4. Geetha Govindam.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: thehindu.com

Geetha Govindam salah satu India terbaik dan terbaru 2018 yang layak kamu tonton. Film ini cocok untuk kamu yang suka dengan drama dan kisah romantis. Dibintangi oleh Vijay Deverakonda, Rashmika Mandanna, dan Subbaraju sudah rilis sejak 14 Agustus 2018. Film ini diproduseri sekaligus ditulis oleh Parasuram dan berdurasi 142 menit. Bercerita mengenai Seorang dosen muda yang disalahpahami dan dihina sebagai dosen yang cabul oleh seorang wanita yang kebetulan adalah adik ipar laku-lakinya. Dari kesalahpahaman keduanya, memunculkan benih-benih cinta. Mendapatkan rating 8,2.

5. Laila Majnu.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: Indiatimes.com

Film yang diproduseri sekaligus diproduseri sekaligus ditulis oleh Sajid Ali ini sudah rilis sejak 7 September 2018. Film bernuansa drama romantis ini menjadi pilihan film India terbaik dan terbaru di tahun ini. Dibintangi oleh Avinash Tiwary, Tripti Dimri, dan Sumit Kaul berdurasi 140 menit. Bercerita mengenai cerita rakyat klasik. Laila Majnu memiliki masalah masalah mengenai keluarga yang saling bermusuhan dengan kekasih yang ia cintai. Mendapatkan rating 8,1.

6. Hello Guru Prema Kosame.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: telugutimes.net

Hello Guru Prema Kosame adalah film yang dibintangi oleh Ram Pothineni dan Anupama Parameshwaram. Disutradai oleh Trinadha Rao Nakkina dan berdurasi 140 menit. Film ini menjadi salah satu film India terbaik dan terbaru di tahun 2018 dengan nuansa komedi romantis. Sanju (Ram Pothineni) adalah seorang pemuda yang bahagia dan beruntung di Kakinada yang hidup bersama orang tua yang dicintainya dan teman-temannya. Meskipun ia pertama sangat keras kepala untuk tinggal di kota kelahirannya, ia akhirnya memutuskan untuk pindah ke Hyderabad setelah mengetahui keinginan orangtuanya yang menginginkan Sanju mendapatkan pekerjaan yang baik. Mendapatkan rating 7,9.

7. Kuchh Bheege Alfaaz.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: hindustantimes.com

Film yang bernuansa romantis ini menceritakan tentang dua orang asing yang terhubung melalui media sosial dan menjalani hubungan tersebut dengan nyaman. Hubungan yang akhirnya mengalir di antara hati keduanya dan mereka bermaksud untuk mengungkapkan kebenaran perasaan mereka satu sama lain. Film ini berdurasi 146 menit dan dibintangi oleh Geentanjali Thapa, Zain Khan durrani, dan Shray Rau Tiwari sudah rilis sejak 16 Februari 2018 mendapatkan rating 7,8.

8. Hiccup.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: hindustantimes.com

Film ini mendapatkan rating 7,6. Dibintangi oleh  Rani Mukerji, Neeraj Kabi, Sachin. Bercerita mengenai kisah yang positif dan inspiratif tentang seorang wanita yang mengubah kelemahan terbesarnya menjadi kekuatan terbesarnya. Film ini menjadi salah satu film India yang terbaik dan terbaru bisa kamu nikmati karena sudah rilis sejak 23 Maret 2018, tak hanya menarik film ini juga bernuansa komedi yang bisa membuatmu terhibur.

9. Badhaai Ho.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: wikipedia.org

Film India yang satu ini mendapatkan rating 8,3. Dibintangi oleh Ayushmann Khurrana, Sanya Malhotra, dan Neena Gupta. Sudah rilis sejak 19 Oktober 2018. Bernuansa komedi dan bercerita mengenai seorang pria menghadapi malu di masyarakat ketika dia tahu ibunya hamil. Film yang menarik dan seru untuk ditonton.

10. Sarkar.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: gstatic.com

Film India yang baru dirilis 6 November 2018 lalu ini dibintangi oleh Joseph Vijay, Varalaxmi Sarathkumar, dan Keerthi Suresh. Bercerita mengenais Seorang pengusaha yang sukses dan terlibat dalam pertempuran politik dengan 2 menteri terkenal tentang kesejahteraan nelayan di Tamil Nadu. Bernuansa drama aksi, diproduseri oleh oleh A.R Murugadoss. Mendapatkan rating 8.

11. Raid.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: India.com

Film India Raid dibintangi oleh Ajay Devgn, Saurabh Shukla, dan Ileana D'Cruz. Film bedurasi 120 menit ini bernuansa aksi, kriminal, dan drama. Bercerita mengenai Seorang petugas pajak penghasilan yang tidak takut menggerebek rumah pria paling berkuasa di Lucknow setelah seseorang secara misterius menarik perhatiannya terhadap bukti. Film ini sudah rilis pada 16 Maret 2018. mendapatkan rating 7,5.

12. Raazi.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: livemint.com

Film India yang bercerita mengenai Seorang wanita Kashmir yang setuju untuk menikahi seorang perwira militer Pakistan untuk memata-matai Pakistan selama Perang Indo-Pakistan tahun 1971. Film aksi ini dibintangi oleh Alia Bhatt, Vicky Kaushal, Rajit Kapoor dan sudah rilis sejak 11 Mei 2018. Menjadi salah satu film India terbaik di tahun ini. mendapatkan rating 7,8.

13. Parmanu: The Story of Pokhran.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: sirfnews.com

Film India bernuansa aksi, drama ini memiliki durasi 120 menit. Rilis 25 Mei 2018 dan disutradarai oleh Abhishek Sharma. Dibintangi oleh John Abraham, Boman Irani, dan Diana Penty. Bercerita mengenai kehidupan militer yang menguji coba nuklir rahasia kedua India di Pokhran yang dipimpin oleh Dr. APJ Abdul Kalam, selama masa jabatan PM Atal Bihari Vajpayee. Mendapatkan rating 7,9.

14. Caravan.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: imdb.com

Film India ini mendapatkan rating 7,7 dan berdurasi 114 menit. Dibintangi oleh Irrfan Khan, Dulquer Salmaan, Mithila Palkar sudah rilis sejak 3 Agustus 2018. Film ini bernuansa komedi yang bercerita mengenai dua orang teman melakukan perjalanan dengan seorang remaja ceria melalui perjalanan darat dari Bangalore ke Kochi.

15. October.

15 film india 2018 hindustantimes.com

foto: hindustantimes.com

Film India ini dibintangi oleh Varun Dhawan, Banita Sandhu, dan Gitanjali Rao. Disutradai oleh Shoojit Sircar. Tak seperti judulnya Oktober, fil ini rilis pada 13 April 2018. Bercerita mengenai sekelompok pekerja magang yang tiba-tiba sebuah kecelakaan mengubah hidup mereka. Film berdurasi 100 menit ini menjadi salah satu film terbaik di tahun ini. Mendapatkan rating 7,6.