6. Danur 2: Maddah (2018).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Danur 2: Maddah merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 2,57 juta penonton. Film ini merupakan sekuel kedua dari seri Danur yang melanjutkan kisah Risa, seorang gadis indigo. Ia kini tinggal bersama adiknya, Riri, dan tiga teman hantunya: Peter, William, dan Janshen, di Bandung. Ibu Risa, Riri, dan Ell, sedang ikut ayah mereka dinas ke luar negeri, mereka sering mengunjungi kediaman bibi mereka, Tina, yang juga terletak di Bandung.

Tina tinggal bersama dengan suaminya, Ahmad, dan putra mereka, Angki. Riri saat ini sedang belajar balet dan menjadi kesal ketika Risa mempermalukannya pada suatu latihan dengan menjerit setelah dia dikejutkan oleh arwah penari di teater balet. Sementara itu, Risa mengetahui bahwa Peter, William, dan Janshen berteman dengan dua hantu Indo baru, Hendrick dan Hans, tanpa sepengetahuannya.

7. Jailangkung (2017).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Jailangkung merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 2,55 juta penonton. Film ini mengisahkan saat Bella, anak kedua dari pengusaha tambang Ferdi, ingin menguak misteri yang dialami ayahnya. Seminggu yang lalu, Ferdi ditemukan tak sadarkan diri oleh Kapten Wardana di sebuah vila di Pulau Alaskramat yang terletak di Jawa Timur. Secara medis, Ferdi sehat-sehat saja, tetapi dia tetap tak kunjung bangun. Bella meminta bantuan dari Rama, seorang mahasiswa yang tertarik pada hal metafisika. Bersama dengan kakak dan adik Bella, Angel dan Tasya, mereka berdua menuju ke Alaskramat.

Di Alaskramat, Bella mengetahui bahwa selama enam bulan terakhir, Ferdi telah menggunakan sebuah jailangkung untuk berkomunikasi dengan mendiang istrinya, Sarah. Setelah beberapa kali berkomunikasi, Sarah memohon Ferdi untuk tidak memanggilnya lagi, karena bila dia melakukannya, dia akan memanggil makhluk gaib bernama Matianak. Ferdi tetap keras kepala dan pada akhirnya memanggil Matianak.

Rama menduga bahwa Matianak telah menempel dalam diri Ferdi. Selama dia tidak dikembalikan ke tempatnya, Ferdi tidak akan bisa bangun. Bella, Rama, dan Angel memainkan jailangkung supaya Matianak dapat kembali. Alih-alih terkembalikan, Matianak menyerang Tasya dan membuatnya tak sadarkan diri, persis seperti Ferdi.

8. Danur 3: Sunyaruri (2019).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Danur 3: Sunyaruri merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 2,4 juta penonton. Film ini menjadi sekuel ketiga dari seri Danur. Dalam film ini, Risa Saraswati merasa harus melepaskan pertemanan dengan teman-teman hantunya, Peter, Janshen, William, Hans dan Hendrik. Risa sekarang berpacaran dengan Dimas, seorang penyiar radio sekitar, dan takut apabila Dimas akan mencampakkannya jika dia tahu bahwa Risa adalah seorang indigo.

Suatu hari, Risa merayakan ulang tahun Dimas beserta teman-temannya dari siaran radio: Clara, Raina, Anton, dan Erik. Teman-teman hantu Risa mulai mengusili mereka, pertama dengan menyalakan mobil mainan, kemudian membisikkan lagu Sunda ketika Anton sedang merekam rumah Risa, dan terakhir ketika mereka meletuskan balon sehingga Dimas kaget dan melukai tangannya. Dalam kemarahannya, Risa meneriakki mereka dan mengatakan bahwa dia tidak mau melihat mereka lagi.

Memimpikan hal ini, Risa bertemu dengan hantu bernama Kartika, yang menawarinya untuk menutup mata batinnya. Dalam amarahnya, Risa mengiyakan. Namun, bukannya bisa tenang dan tidak bisa melihat makhluk gaib lagi, Risa justru mengalami rentetan peristiwa yang lebih menyeramkan.

9. Perempuan Tanah Jahanam (2019).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 1,79 juta penonton. Film ini mengisahkan Maya dan Dini, dua sahabat karib yang bekerja sebagai kasir gerbang tol. Pada suatu malam saat bertugas, Maya bercerita kepada Dini melalui telepon seluler tentang seorang pengemudi misterius yang selalu melintas setiap malam dengan tatapan tajam yang tentu saja membuat Maya takut.

Tiba-tiba ,laki-laki yang mereka bicarakan datang dan menyerang Maya. Setelah berupaya kabur, laki-laki tersebut ditembak mati oleh polisi yang baru datang tepat di kepala laki-laki tersebut. Sejak saat itu, peristiwa menegangkan itu menjadi awal dari berbagai rentetan kejadian menyeramkan yang dialami oleh dua gadis tersebut.

10. Kuntilanak 2 (2019).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Kuntilanak 2 merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 1,72 juta penonton. Film ini mengisahkan Dinda (Sandrinna Skornicki) yang sebelumnya berhasil lepas dari teror Kuntilanak, tanpa persetujuan Tante Donna (Nena Rosier). Ia berniat untuk menemui seseorang yang diyakini sebagai ibu kandungnya, Karmila (Karina Suwandi).

Namun, dia bersama adik-adiknya ditemani Julia (Susan Sameh) dan Edwin (Maxime Bouttier), malah terjebak dalam sebuah rumah di tengah hutan. Banyak kejanggalan terjadi mulai dari teka-teki latar belakang Dinda, hingga akhirnya menyadari bahwa mereka tidak sendiri di sana. Dinda kembali harus berhadapan dengan Kuntilanak, tetapi berbeda dengan yang pernah dikalahkannya menggunakan paku atau mantra.

11. Asih (2019).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Asih merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 1,71 juta penonton. Film ini merupakan spin-off dari film Danur yang menceritakan kisah asal-usul karakter hantu Asih. Film ini mengisahkan Puspita (Citra Kirana) dan Andi (Darius Sinathrya) sebagai pasangan muda. Keduanya tengah menanti kehadiran buah hati mereka. Memasuki bulan kedelapan kehamilannya, bayi yang dikandung Puspita lahir.

Bidan Sekar (Djenar Maesa Ayu) berusaha menenangkan Puspita meski kemudian ia berpesan agar sang ibu lebih waspada untuk 40 hari ke depan. Beberapa minggu lalu, Sekar mendengar kabar soal tragedi di desa tetangga. Asih (Shareefa Daanish) tewas bunuh diri setelah membunuh anaknya sendiri. Rumor menyatakan hantu Asih kerap mengganggu anak-anak kecil yang ia temui.