1. KKN di Desa Penari (2022).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

KKN di Desa Penari merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus rekor baru sebanyak 4,5 juta penonton dalam 12 hari. Film ini merupakan versi adaptasi dari utas Twitter yang pernah viral pada 2019. Film ini mengisahkan enam mahasiswa KKN di sebuah desa terpencil. Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton, dan Wahyu tidak pernah menyangka kalau desa yang mereka pilih ternyata bukanlah desa biasa.

Pak Prabu, sang kepala desa, memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang. Satu per satu dari mereka mulai merasakan keanehan desa tersebut. Bima pun mulai berubah sikap dan program KKN mereka berantakan. Tampaknya, penghuni gaib desa tersebut tidak menyukai mereka. Nur akhirnya menemukan fakta bahwa salah satu dari mereka melanggar aturan yang paling fatal di desa tersebut. Teror sosok penari misterius semakin menyeramkan. Mereka meminta bantuan Mbah Buyut, yang merupakan dukun setempat. Sayangnya, mereka terancam tidak bisa pulang dengan selamat dari desa yang dikenal dengan sebutan desa penari tersebut.

2. Pengabdi Setan (2017).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Pengabdi Setan merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 4,2 juta penonton pada 2017. Film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama dan tayang pada 1980 silam. Raihan tersebut membuat film ini menjadi satu-satunya film yang laris pada 2017. Film ini mengisahkan Rini (Tara Basro) yang tinggal di pinggiran kota Jakarta di sebuah rumah tua milik neneknya, Rahma Saidah (Elly D Luthan).

Ia tinggal bersama ibunya, Mawarni Suwono (Ayu Laksmi), bapaknya (Bront Palarae), dan ketiga adik laki-lakinya, Tony (Endy Arfian), Bondi (Nasar Annuz), dan Ian (Muhammad Adhiyat). Kisah dibuka dengan masalah finansial keluarga mereka yang kehabisan uang untuk biaya pengobatan sakit sang ibu. Penyakit yang begitu parah membuat Mawarni tak mampu menggerakkan tubuh dan hanya berbaring di tempat tidur. Untuk memanggil dan meminta bantuan, Mawarni harus membunyikan lonceng. Hingga suatu saat, berbagai peristiwa mengerikan datang ke rumah tersebut.

3. Suzanna: Bernapas dalam Kubur (2018).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Suzanna: Bernapas dalam Kubur merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 3,3 juta penonton. Film ini merupakan sebuah penghormatan pada sosok Suzanna yang dikenal sebagai ratu horor Indonesia. Film ini mengisahkan Suzanna (Luna Maya) dan Satria (Herjunot Ali) yang sudah menikah selama lima tahun tapi belum punya anak. Suatu ketika Suzanna hamil, tapi sayangnya Satria harus dinas ke luar negeri.

Kepergian Satria dimanfaatkan oleh empat karyawannya; Jonal (Verdi Solaiman), Umar (Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra). Mereka dendam kepada Satria dan berniat merampok rumahnya ketika si tuan rumah tak ada. Rencana perampokan itu berujung kematian Suzanna. Setelah itu mereka mengubur istri majikannya tersebut. Namun, keesokan harinya, Suzanna kembali beraktivitas seperti biasa seolah ia belum mati dan dikubur di belakang rumah. Empat karyawan tersebut heran hingga akhirnya teror mengerikan mendatangi mereka.

4. Danur: I Can See Ghosts (2017).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Danur: I Can See Ghosts merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 2,7 penonton. Film ini merupakan sekuel pertama seri Danur yang mengisahkan Risa, seorang gadis indigo yang memiliki kemampuan untuk melihat makhluk gaib. Sejak kecil, Risa menjalani hidup kesepian karena ayahnya bekerja di luar negeri dan hanya berkunjung enam bulan sekali. Sementara ibunya, Elly, bekerja sebagai seorang guru.

Ketika Risa genap usia delapan tahun, dia berharap dikaruniai teman. Tak disangka, tiga bocah laki-laki sebayanya: Janshen, Peter, dan William hadir secara tiba-tiba. Anehnya, hanya Risa yang dapat melihat mereka. Tiga bocah laki-laki ini akhirnya mengungkapkan, mereka adalah hantu orang Indo yang mati saat masa pendudukan Jepang di Hindia Belanda. Muak dengan keanehan yang dialami Risa, Elly memanggil Asep, seorang dukun yang juga memiliki indra indigo. Dia menjelaskan, Risa dapat melihat makhluk gaib karena dia dapat mencium bau danur, atau mayat. Asep memperlihatkan wujud asli Janshen, Peter, dan William kepada Risa untuk menakutinya sehingga dia lupa akan kemampuan melihat mereka.

5. Hangout (2016).

film horor Indonesia terlaris 2022 berbagai sumber

foto: imdb.com

Hangout merupakan film horor Indonesia terlaris yang berhasil menembus 2,6 juta penonton. Film ini bermula saat seorang pria misterius bernama Toni Sacalu, dengan inisial Tonni P Sacalu mengundang 9 publik figur untuk 'Hangout' di villa di sebuah pulau terpencil.

Hangout ini bertujuan untuk membicarakan sebuah proyek dengan sejumlah uang besar. Mereka pun berangkat memenuhi undangan tersebut. Setibanya di tempat tersebut, masalah muncul sejak malam pertama ketika Mathias Muchus mati diracun di hadapan mereka. Kendala berikutnya, mereka tidak bisa segera kembali karena perahu penjemput mereka, akan tiba lima hari kemudian. Mereka pun terjebak dalam pulau tersebut. Sejak saat itu, misteri menakutkan mengancam nyawa mereka satu per satu.