Brilio.net - Menghabiskan waktu senggang dengan menonton film memang menjadi pilihan yang cocok untuk kamu yang sedang mencari hiburan. Meski ada banyak luar yang populer, namun film Indonesia juga tak kalah menarik lho. Selain memiliki kisah yang relate dengan kehidupan sehari-hari, menonton film Indonesia juga menjadi bentuk apresiasi atas karya anak bangsa.

Mayoritas genre yang diangkat oleh film Indonesia adalah genre romantis. Inspirasi ceritanya pun beragam, misalkan saja seperti Habibie Ainun yang diangkat dari kisah nyata Mantan Presiden Indonesia, Alm. BJ Habibie dan istrinya. Ada pula yang diadaptasi dari novel terkenal seperti Dilan 1990 dan Ayat-Ayat Cinta.

Nah, dari sekian banyak film Indonesia bergenre romantis, ada beberapa film yang dianggap menjadi film terbaik sepanjang masa. Selain menguras emosi penonton, film-film ini juga sarat akan makna dan meraih penghargaan bergensi lho. Apa saja? Berikut dua belas film Indonesia terbaik sepanjang masa yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (27/1).

1. Heart.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

Loading...

foto: imdb.com

Heart menjadi salah satu film Indonesia romantis yang begitu populer dan meninggalkan kesan pada penontonnya. Bagaimana tidak, film ini bahkan sudah di-remake dalam bentuk sinetron hingga web series. Film yang rilis pada tahun 2002 ini berpusat pada tokoh bernama Rachel, Farel, dan Luna. Mereka terlibat kisah cinta segitiga yang rumit dan mengharukan. Scene dimana Rachel mendonorkan hatinya untuk Luna sukses membuat para penonton terbawa perasaan dan banjir air mata. Film ini juga dibintangi Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir.

2. Ada Apa dengan Cinta (AADC).

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Nicholas Saputra ini juga menjadi film romantis yang populer di masanya. Setelah mengakui cintanya, Cinta dan Rangga justru terpisah jauh. Ending yang dirasa menggantung itupun dilanjutkan pada film Ada Apa dengan Cinta 2 yang rilis pada tahun 2016 lalu. Nah, dalam film sekuelnya ini, Rangga dikisahkan kembali ke Indonesia dan menemui Cinta yang saat itu berada di Yogyakarta.

3. Ayat-Ayat Cinta.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film romantis selanjutnya adalah Ayat-Ayat Cinta yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy. Film ini mengisahkan tentang pemuda muslim bernama Fahri (Fedi Nuril) yang dihadapkan pada persoalan jodoh. Ia harus menemukan wanita yang akan ia nikahi. Ada tokoh wanita yang diperlihatkan dalam film ini yakni Maria, Noura, Nurul, dan Aisha. Mereka adalah wanita yang mencoba mencuri hati Fahri. Selain kisah cinta, ada berbagai scene yang sarat akan nilai keislaman tersaji dalam film ini. Film ini juga dilanjutkan dalam sekuel Ayat-Ayat Cinta 2.

4. Habibie & Ainun.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Menjadi film romantis Indonesia yang laris dan meraih jumlah penonton fantastis. Film ini mengangkat kisah nyata dari tulisan mendiang BJ Habibie tentang sang istri, Ainun. Diperankan oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari, film ini mengisahkan bagaimana Habibie dan Aiunun menjalani rumah tangganya. Bahkan setelah Habibie menjadi Presiden, Ainun selalu memperhatikan dan mempersiapkan segalanya bagi sang suami. Kisah Habibie Ainun juga menghadirkan prekuel dalam film Rudy Habibie dan Habibie & Ainun 3.

5. Surga Yang Tak Dirindukan.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Surga Yang Tak Dirindukan diangkat dari novel terkenal karya Asma Nadia. Film ini mengisahkan tentang Pras (Fedi Nuril) yang menolong seorang perempuan bernama Mei Rose (Raline Shah) yang putus asa dan ingin bunuh diri. Untuk menghentikannya, Pras pun berjanji untuk menikahinya. Di sisi lain, Pras sebenarnya sudah menikah dengan Arini (Laudya Cintia Bella). Film ini juga menghadirkan sekuel berjudul Surga Yang Dirindukan 2 dengan menghadirkan sosok dokter yang diperankan oleh Reza Rahardian.

6. London Love Story.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Dibintangi Michelle Ziudith dan Dimas Anggara, chemistry mereka berhasil membuat kisah cinta Caramel dan Dave terlihat nyata. Diadaptasi dari karya novel, film London Love Story juga kembali dengan 2 sekuelnya. Seri pertamanya mengisahkan bagaimana Caramel dan Dave jatuh cinta. Seri kedunya mengisahkan tentang masa lalu Caramel. Sedangkan seri ketiganya mengisahkan kecelakaan besar yang membuat Caramel merasa tak pantas bersanding dengan Dave.

7. Dear Nathan.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel Wattpad karya Erisca Febriani dengan judul yg sama, film Dear Nathan mengisahkan tentang pelajar SMA yang sering berbuat onar. Latar belakang keluarganya lah yang membuat Nathan menjadi pribadi yang mudah tersulut emosi. Namun takdir membawa Nathan bertemu dengan Salma, siswi pindahan yang pintar dan taat pada aturan. Salma berhasil membuat Nathan jatuh cinta dan merasa dihargai sebagai seorang manusia.

8. Surat Cinta untuk Starla.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film yang diangkat dari lagu romantis ciptaan Virgoun ini berpusat pada tokoh Hema (Jefri Nichol) dan Starla (Caitlin Halderman). Hema dikisahkan sebagai sosok yang suka menulis surat cinta untuk alam dengan mesin ketik sang kakek. Ia juga suka menggambar mural untuk sarana mengekspresikan dirinya. Sedangkan Starla adalah gadis cantik yang berhasil membuat Hema jatuh cinta dalam waktu enam jam. Tak lagi membuat surat cinta untuk alam, Hema menulis surat cinta untuk Starla.

9. Dilan 1990.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film Dilan 1990 diangkat dari novel terkenal karya Pidi Baiq dengan judul yang sama. Sejak trailernya rilis, film ini sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Terbukti, Dilan 1990 berhasil menjadi film Indonesia terlaris. Mengangkat kisah cinta Dilan dan Milea, film ini terbagi menjadi 3 seri, yakni Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea:Suara Dari Dilan yang akan tayang pada Februari 2020 mendatang. Film ini menghadirkan Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla sebagai peran utama.

10. Teman Tapi Menikah.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Film Teman Tapi Menikah mengangkat kisah cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion yang telah ditulis dalam novel. Seperti judulnya, Ayu dan Ditto telah lama bersahabat. Setelah sekian lama, Ditto baru mengakui bahwa ia menyimpan rasa pada Ayu. Meski awalnya terasa canggung, namun hubungan mereka pun berlanjut hingga ke jenjang pernikahan. Nah pada film Teman Tapi Menikah, Ditto diperankan oleh Adipati Dolken sedangkan Ayu diperankan oleh Vanesha Prescilla. Pada Februari 2020 mendatang, TTM 2 akan rilis dengan mengangkat kisah Ayu dan Ditto setelah menikah. Namun dalam sekuelnya ini, peran Ayu akan digantikan oleh Mawar Eva de Jongh.

11. SIN.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel Wattpad terkenal, SIN akhirnya diangkat ke layar lebar. Film ini mengisahkan tentang hubungan Metta dan Raga yang pelik. Mulanya mereka saling benci lalu jatuh cinta. Namun cinta mereka tak berjalan mulus, setelah Raga dan Metta mengetahui suatu kebenaran yang baru saja terungkap. Sama seperti novelnya, kisah dalam film ini juga tak terduga. SIN juga menghadirkan bintang muda seperti Bryan Domani dan Mawar Eva de Jongh.

12. Dua Garis Biru.

Film Indonesia romantis © 2020 imdb.com

foto: imdb.com

Mengangkat tema sex education, film Dua Garis Biru sukses menjadi film yang terlaris kedua setelah Dilan 1991 pada tahun 2019 lalu. Dibintangi Angga Yunanda dan Zara eks JKT48, film ini berpusat pada kisah cinta Dara dan Bima yang melampaui batas. Karena perbuatannya, mereka harus menanggung segala risiko. Konflik keluarga juga ditampilkan dalam film ini. Selain itu, Gina S.Noer juga menghadirkan scene-scene tersirat yang sarat akan makna lho.

Reporter: Deta Jauda Najmah