Brilio.net - Industri perfilman Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan. Tidak hanya menampilkan para aktor dan aktris yang berbakat, kisah-kisah dalam film Indonesia juga menarik untuk disaksikan. Beberapa tema yang diangkat sangat relate dengan kehidupan sehari-hari.

Inspirasi filmnya pun mulai beragam, ada yang diadaptasi dari kisah nyata, novel best seller, webtoon, hingga sinetron. Nah, beberapa tahun terakhir ini film Indonesia sering mengadaptasi sinetron populer untuk diangkat ke layar lebar.

Ada beberapa hal yang membuat film adaptasi sinetron banyak diminati hingga sekarang. Pertama, sebagai ajang nostalgia. Kedua, sinetron populer selalu meninggalkan kesan di hati penggemar, karena itulah banyak yang antusias menyambut filmnya.

Ketiga, rasa penasaran untuk menyaksikan akhir kisah sang tokoh utama. Kadang beberapa sinetron tak memiliki akhir yang cukup jelas, sehingga masih menggantung dan menimbulkan rasa penasaran. Jadi, film mungkin menjadi jawaban atas semua pertanyaan yang belum terjawab pada versi sinetronnya.

Jika kamu tertarik untuk menonton versi film dari kisah sinetron, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber pada Rabu (22/1), tujuh film Indonesia yang diadaptasi dari sinetron populer.

Loading...

1. Keluarga Cemara.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: imdb.com

Berasal dari sinetron keluarga populer di tahun 90-an, Keluarga Cemara pun diproduksi kembali dalam bentuk karya film. Kisahnya pun masing berpusat pada keluarga kaya yang tiba-tiba bangkrut karena terlilit utang.

Memulai semuanya dari titik terendah, banyak kesulitan yang mereka dapatkan untuk melanjutkan hidup. Namun dengan kejadian ini, mereka justru menemukan arti keluarga yang sangat berharga.

Dialog antar tokohnya pun terangkai dengan indah dan menginspirasi. Dibintangi Ringgo Agus, Nirina Zubir, Zara, dan Widuri Putri Sasono, film Keluarga Cemara berhasil menjadi film Indonesia terlaris tahun 2019 dengan jumlah 1,7 juta penonton.

2. Rompis.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film Rompis yang didaptasi dari sinetron Roman Picisan. Masih dibintangi Arbani Yazid dan Adinda Azani, versi filmnya mengangkat kisah yang sedikit berbeda dari sinetron.

Jika sebelumnya Roman dan Wulan masih SMA, film ini merupakan kelanjutan dari kisah mereka. Konflik dimulai ketika Roman harus meninggalkan Wulan untuk melanjutkan studinya di Belanda.

Menjalani LDR ternyata cukup menguji cinta mereka, apalagi setelah ada karakter baru bernama Meira (Beby Tsabina). Meira jatuh cinta dan berusaha menarik perhatian Roman selama di Belanda.

3. Di Sini Ada Setan The Movie.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: Wikipedia

Di Sini Ada Setan The Movie juga merupakan film yang diadaptasi serial horor yang terkenal tahun 2004.

Film yang dibintangi Nagita Slavina ini mengisahkan tentang para remaja yang mengalami hal-hal mistis. Salah satu contohnya adalah adegan di mana Lola hilang secara misterius, ketika Anya dan Chocky sedang berjalan-jalan di dekat Danau.

Tak selalu menakutkan, film ini juga menyelipkan kisah kasih remaja yang romantis lho.

4. Wiro Sableng Pendekar 212.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: imdb.com

Wiro Sableng adalah tokoh pendekar yang menjadi ikon superhero Indonesia sekitar tahun 1989 dan 1994. Sukses dengan sinetronnya, Wiro Sableng pun dibuat versi filmnya dengan menghadirkan Vino G Bastian sebagai pemeran utama.

Film ini mengisahkan tentang pria bernama Wiro yang memiliki senjata Kapak Maut Naga Geni 212. Selain Wiro, ada juga karakter lain seperti Anggini (Sherina) dan Bujang Gila Tapak Sakti (Fariz Alfarizi).

5. Suami Suami Takut Istri.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: kapanlagi.com

Menjadi sitkom paling populer tahun 2007, setahun berikutnya Suami Suami Takut Istri diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama. Nah di versi filmnya, dikisahkan para suami kembali bersikap genit saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Bukan genit dengan sang istri, mereka justru menggoda wanita-wanita cantik yang ditemui. Selanjutnya, kamu pasti sudah bisa menebak kan apa yang terjadi ketika para istri memergoki mereka?

6. Preman Pensiun.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: imdb.com

Tayang 2019, film Preman Pensiun juga mendapatkan respons baik dari masyarakat. Melanjutkan kisah di sinetronnya, film ini menampilkan keadaan para mantan preman dengan pekerjaan barunya.

Selain kisahnya yang kocak dan bikin penasaran, film ini juga mengobati kerinduan penggemar dengan adegan flashback ketika Kang Bahar menyerahkan posisinya pada Kang Mus.

7. Akhir Kisah Cinta Si Doel.

film adaptasi sinetron istimewa

foto: imdb.com

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan memang menjadi tontonan yang hits pada zamannya. Bahkan beberapa tahun lalu, salah satu stasiun televisi juga kembali menayangkan sinetron legendaris ini.

Tak berhenti sampai disitu, Si Doel juga dibuat versi filmnya hingga 3 seri. Seri pertama berjudul Si Doel The Movie, kemudian Si Doel The Movie 2, dan yang terbaru adalah Akhir Kisah Cinta Si Doel.

Untuk film seri ketiganya ini, Doel harus dihadapkan pada pilihan yang sulit. Zaenab telah positif mengandung, sedangkan Sarah juga harus memutuskan untuk bercerai atau rujuk demi sang anak.

Film ini masih dibintangi oleh Rano Karno, Maudy Koesnaedi, dan Cornelia Agatha.

Reporter: Deta Jauda Najmah