Brilio.net - Kisah seorang pengacara menghadapi berbagai kasus rumit, memang tak pernah ada habisnya dibahas dalam drama Korea. Kisah tersebut selalu punya titik relevansinya dengan berbagai kondisi yang terjadi dan bahkan sebagai sebuah imajinasi.

Hal tersebut hadir dalam beberapa drama Korea seperti yang baru-baru ini tayang seperti Extraordinary Attorney Woo yang mengisahkan seorang penyandang ASD menjadi seorang pengacara atau mantan pekerja medis yang mengambil profesi tersebut untuk menuntut keadilan dalam Doctor Lawyer.

Drama-drama Korea tersebut hadir dengan realis dan tampak riil seperti kenyataan yang terjadi di sekitar penontonnya. Karena itu, tak heran jika drama-drama Korea tentang pengacara ini seolah menyuarakan kegelisahan banyak orang, terutama kegelisahan tentang penindakan hukum.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (12/7), berikut 11 drama Korea tentang pengacara, terbaru Extraordinary Attorney Woo.

1. Extraordinary Attorney Woo (2022).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary Attorney Woo atau Strange Lawyer Woo Young-woo merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara dengan autisme (ASD). Dialah pengacara Woo Young-woo (Park Eun-bin) yang bekerja di sebuah firma hukum besar di Korea.

Woo Young-woo memiliki IQ tinggi 164, memori yang luar biasa, dan cara berpikir kreatif, tetapi memiliki EQ rendah dan keterampilan sosial yang buruk. Meskipun begitu, adalah pengacara terpintar di Korea Selatan dengan ASD.

2. Doctor Lawyer (2022).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Doctor Lawyer merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara Han Yi-han berlatar bekalang pekerja medis. Hal ini terjadi sebagai bentuk ketidakpuasannya sebagai pekerja medis saat terjadi ketidakadilan yang menimpa dirinya.

Seorang jaksa bertanggung jawab atas kejahatan medis yang membuat Yi-han kehilangan satu-satunya keluarga dan kekasih karena operasi tersebut. Setelah itu, ia bekerja sama untuk menghukum orang-orang terlibat dalam konspirasi tersebut dan menuntut keadilan untuk para korban.

3. Vincenzo (2021).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara Vincenzo Cassano atau yang dikenal dengan nama lain Park Joo-hyung. Karakter ini diperankan dengan baik oleh Song Jong-ki yang tampil sebagai seorang consigliere, pengacara mafia di Italia.

Namun karena sebuah persengketaan, ia kemudian kembali ke Korea Selatan dan bekerja sama dengan pengacara lain untuk menjatuhkan sebuah korporasi jahat guna melindungi para penyewa yang tinggal di Geumga Plaza.

4. Law School (2021).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Law School merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara jebolan sebuah kampus hukum. Drama ini mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal. Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Drama ini semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya. Drama ini mengajarkan tentang realitas di sebuah kampus yang juga sama persis dengan kehidupan lainnya. Ada banyak macam pergolakan hidup dan berbagai hal yang membuat kita semua bikin mengelus dada. Namun, di balik itu semua, karakter utama drama ini terus berusaha berperilaku jujur dan mengambil hukum legal sebagai jalan untuk menemukan keadilan.

5. Hyena (2020).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Hyena merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara Jung Geum-Ja (Kim Hye-soo). Jung Geum-Ja dikenal sebagai pengacara pemberani yang bisa berbuat apa pun antara hukum dan pelanggaran hukum. Jung Geum-Ja mengejar uang dan kekuasaan, tidak peduli apakah tindakannya ilegal atau kriminal. Saingannya adalah Yoon Hee-Jae (Ju Ji-Hoon) yang dikenal keras kepala dan juga keras terhadap prinsip yang dipegangnya.

Hyena merupakan drama Korea yang mengisahkan dua pengacara dari Song & Kim Law Firm, yang melayani 1 persen teratas kelas menengah yang menggunakan jasa hukum. Namun, walaupun bekerja di tempat yang sama, kedua pengacara ini bertolak belakang dan sering kali saling bermusuhan.

6. Touch Your Heart (2019).

drama Korea tentang pengacara berbagai sumber

foto: imdb.com

Touch Your Heart merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang pengacara Kwon Jung-rok di sebuah firma hukum. Suatu waktu, ia membutuhkan seorang sekretaris yang dapat membantu pekerjaannya. Akhirnya, sebuah lowongan pun dibuka. Lowongan tersebut kemudian membuat Oh Yoon-seo tertarik untuk bekerja karena pada saat yang sama kariernya sebagai artis menurun drastis akibat sebuah skandal.

Pekerjaan tersebut membuat Yoon-seo harus bekerja ekstra dengan Jung-rok yang dikenal sebagai pengacara yang perfeksionis. Hubungan yang awalnya berlangsung canggung tersebut perlahan mencair dan membuat hubungan mereka semakin dekat tak sebatas rekan kerja.