Brilio.net - Jembatan biasanya menjadi penghubung dua wilayah yang dibatasi sungai. Dengan adanya jembatan dapat memudahkan aktivitas msayarakat untuk menyebrangi sungai yang ada.

Namun seringkali fasilitas akan sarana dan prasana seperti jembatan ini tidak terpenuhi. Masih banyak daerah yang bahkan tidak adanya jembatan yang aman untuk menyebrang sungai. Hal ini tentu menganggu aktivitas masyarakat.

Seperti salah satu peristiwa yang terganggu karena tidak adanya sarana jembatan untuk menyebrang sungai dalam video yang belakangan ini beredar di media sosial. Dilansir dari Instagram @aceh.viral, Rabu (17/11) mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sejumlah warga terpaksa menyeberangi sungai berarus deras dengan menggotong keranda jenazah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dari keterangan pada unggahan video tersebut diketahui peristiwa itu terjadi di wilayah Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Para warga yang mengangkat keranda jenazah tersebut terlihat kesusahan menyebrangi sungai.

warga di Aceh sebrangi arus deras sungai angkat jenazah © 2021 Instagram

foto: Instagram/@aceh.viral

Terlihat air sungai itu pun cukup deras dan tingginya mencapai pinggang orang dewasa. Warga terpaksa harus menerjang arus yang cukup deras dan menyebrangi sungai selebar 25 meter itu untuk menuju area pemakaman karena tidak adanya akses jalan lain.

"Penguburan jenazah harus menyebrang sungai dengan arus deras dikarenakan jembatan tidak ada," tulisnya pada keterangan unggahan.

warga di Aceh sebrangi arus deras sungai angkat jenazah © 2021 Instagram

foto: Instagram/@aceh.viral

Momen tersebut rupanya bukan yang pertama kalinya terjadi. Masyarakat di daerah itu ternyata memang kerap kali terpaksa harus membawa jenazah menyebrangi sungai untuk membawanya ke pemakaman.

Video yang diunggah oleh akun @aceh.viral tersebut lantas menjadi sorotan publik. Video yang diunggah pada (15/11) lalu ini ramai dengan berbagai rekasi warganet.

"Astagfirullah,,sangat menyedihkan rakyat kita,' tulis @irwanayuni.

"Menetes air mata melihat nya," balas @ikhsanuddin547.

(brl/far)