Brilio.net - Mengingat Indonesia masih perlu berjuang di tengah kondisi pandemi Covid-19, pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang sudah dimulai sejak tanggal 3 Juli sampai dengan hari ini.

Kebijakan ini diharapkan bisa menekan jumlah penularan kasus Covid-19 di Indonesia. Namun tak bisa dipungkiri, kebijakan ini membuat dilema bagi sejumlah pedagang. Di satu sisi mereka harus mencari uang dengan berjualan di jalan, tetapi di sisi lain mereka harus menaati peraturan PPKM.

Maka tak sedikit ditemukan pedagang yang 'loyo', sepi kehilangan pelanggan. Mereka harus menelan pil pahit sebab dagangannya masih tersisa banyak. Mungkin itulah yang dirasakan oleh ibu penjual es tebu yang satu ini.

Setelah menyandarkan gerobaknya untuk berjualan di bawah pohon, empat gelas baru terjual sejak mangkal dari pagi hingga sore. Momen ini membuat seorang bernama Mat Peci ikut berempati pada apa yang dirasakan oleh ibu penjual es tebu.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Melansir dari akun Instagram @matpeciiii, Minggu (18/7), seorang pria bernama Mat Peci mendatangi penjual es tebu. Saat hendak membayar es tersebut, ia menanyakan harga dan terjadi tawar menawar harga segelas es tebu.

tawar harga es tebu © 2021 Instagram

foto: Instagram/@matpeciiii

"Tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci," tulis Mat Peci pada caption.

Setelah es tebu itu dibuatkan, Mat Peci menanyakan harga satu gelas es tebu.

"Berapa bu?" tanya Mat Peci.

"Lima ribu," jawab penjual.

Namun tiba-tiba seorang perempuan dalam video tiba-tiba menawar harga es tebu tersebut. Bukan menawar dengan harga lebih murah, melainkan sebaliknya.

"Jangan Rp 5000 atuh ya, Rp 100.000 aja yah," ungkap perempuan di dalam video.

Sang penjual pun memperlihatkan raut wajah kebingungan. Sebab harga yang ditawar untuk segelas es tebu justru semakin mahal dari harga aslinya. Ia pun hanya bisa terdiam, sampai akhirnya sosok bernama Mat Peci memberikan uang Rp 500.000.

tawar harga es tebu © 2021 Instagram

foto: Instagram/@matpeciiii

"Ya udah, ya udah, ini lima ratus ribu aja," ujarnya.

Ibu penjual es tebu itu tak menyangka. Air mata tak kuasa mengalir dari pelupuk mata. "Yang bener, pak?" tanya sang ibu penjual es sambil menangis dan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pembeli.

Setelah memberikan uang tersebut, Mat Peci sempat melihat sekilas penjual dari balik gerobaknya. Penjual itu terduduk sambil menangis sesenggukan.

tawar harga es tebu © 2021 Instagram

foto: Instagram/@matpeciiii

"Pas mat Peci nengok ke belakangan ibunya lagi nangis sesenggukan," tulisnya pada video.

video ini pun menuai reaksi positif dari warganet. Mereka salut dan ikut terharu dengan yang dilakukan oleh Mat Peci. Berbagai respon ditinggalkan di kolom komentar.

" mugi berkah sadayana...," ucap ebithbeata.

"Terima kasih mat peci sudah memberikan contoh ýg baik..semoga segala usaha mat peci selalu diberi keberkahan," kata sepri248.

"Gak kerasa air mata netes nonton nya," komentar tasimhaidarmaulana_17.

"saya nonton ini berulang2 tak terasa berderai air mata ini ," balasardiantirtana.

"saya suka yg kyk gini, ini bkn mengumbar kebaikan, tpi untuk memotivasi kita yg mampu agar selalu berbagi," timpal ilhammfzi.

Video yang diunggah Sabtu (18/7) telah disukai lebih dari 17 ribu pengguna.

(brl/far)