Brilio.net - Dalam pesta pernikahan, busana yang dikenakan pengantin jadi salah satu yang mencuri perhatian. Biasanya busana pengantin juga dipilih berdasarkan konsep acara, baik tradisional maupun modern. Namun hal berbeda dilakukan oleh pemilik akun TikTok @cutira46.

Wanita yang diketahui bernama Cut Ira Nurmadani ini pada awalnya mengusung konsep pernikahan tradisional, namun melihat busana yang dikenakan, rupanya MUA yang mendandani dirinya telah menggabungkan konsep adat Jawa dan Sunda.

baju pengantin adat Jawa-Sunda Berbagai sumber

foto: TikTok/@cutira46

Dalam video tersebut, Ira mengatakan bahwa MUA itu merupakan rekomendasi mama angkatnya.

"MUA pilihan sendiri (X) MUA pilihan mama angkat (V)," tulisnya.

Tampak dalam video tersebut, Ira memakai busana dan roncean melati khas Solo, Jawa Tengah. Namun hiasan kepalanya bukan pakem dari Jawa, melainkan menggunakan siger Sunda. Roncean melati yang diselipkan di siger Sunda ini letaknya juga tak lazim digunakan.

@cutira46

 

suara asli - Edot Arisna

 

Hingga berita ini ditulis, video yang diunggah sejak 10 Maret 2022 ini sudah ditonton lebih dari 8 juta kali. Warganet tampaknya menyadari keanehan dalam busana pengantin gabungan Jawa-Sunda. Tak sedikit pula yang mengaku gagal paham dan mempertanyakan konsep pernikahan tersebut.

"melatinya di atas siger kek mana lho konsepnya," komentar akun @dwidevi5.

"baju jawa tapi pakai siger sunda," imbuh akun @haifaanl.

"jadi bingung konsepnya," tulis akun @sapi.hepi.