Brilio.net - Saat sedang berlibur di sebuah tempat, pasti kita akan mencari makan di daerah yang berdekatan dengan destinasi wisata. Ada banyak pilihan menu makanan di sepanjang jalan tersebut, salah satunya pecel lele. Namun, sebelum memutuskan untuk makan, sebaiknya kamu menanyakan kisaran harga di tempat makan tersebut.

Jangan sampai pengalaman membayar mahal untuk sebuah makanan terjadi, seperti yang dialami oleh warganet berikut ini. Sebuah video tentang curhatan warganet tentang mahalnya harga lesehan pecel lele di kawasan Malioboro, Yogyakarta mendadak viral. Video ini diunggah oleh akun TikTok @aulroket, pada Rabu (26/5).

pecel lele malioboro mahal © 2021 TikTok

foto: TikTok/@aulroket

 

Lewat unggahan tersebut, perempuan bernama Aulia ini menceritakan tentang pengalamannya yang harus membayar satu porsi pecel lele dengan harga yang tak masuk akal di salah satu lesehan Malioboro.

"Hai semuanya sekarang aku lagi di jalan Malioboro terus di pinggir jalanan ini banyak sekali lesehan warung makan, yang menurutku harganya di luar nalar," kata Aulia dalam video, seperti dilansir brilio.net pada Kamis (27/5).

Aulia bersama temannya tampak kaget dengan total harga yang harus dikeluarkan untuk satu porsi pecel lele. Menurut Aulia harga makanan di sana tak sesuai dengan citra kuliner Jogja, yang dikenal serba murah dan terjangkau.

"Kita kenal Yogyakarta itu harga makanannya murah-murah, tetapi ternyata, terlepas ini tempat wisata atau kota wisata daerah turis, menurut saya rada gimana ya," sambungnya.

pecel lele malioboro mahal © 2021 TikTok

foto: TikTok/@aulroket

 

Ia mengungkapkan, untuk harga satu ikan di pinggir jalan Malioboro dibanderol Rp 20.000, belum termasuk nasi putih yang berkisar Rp 7.000. Mirisnya lagi, untuk menambah lalapan dan sambal, dikenakan harga terpisah yaitu berkisar Rp 10.000.

Aulia dan temannya merasa terjebak makan di sana. Ia mengaku sudah hati-hati dari awal dengan menanyakan harga makanan terlebih dahulu. Tapi masih saja ia terjebak dan harus membayar mahal.

pecel lele malioboro mahal © 2021 TikTok

foto: TikTok/@aulroket

 

Ia juga mengaku tidak sempat mencari tempat makan lain, karena kondisinya sudah sangat lapar. Bahkan minuman yang dipesan sudah terlanjur diantarkan, jadi tidak mungkin dibatalkan.

Video yang sudah ditonton lebih dari 1,2 juta ini pun mendapat tanggapan dari warganet. Mereka meninggalkan respons beragam di kolom komentar.

"itu makanan di impor langsung dari planet pluto kak," tulis @gaskuuuy.

"malioboro itungannya tempat wisata kalau mau murah ke daerah yg agak pinggir. Jadi pembelajaran aja lain kali kalau menunya ga ada harganya tanya dulu," kata @auoooo.

"aku yg sering kejogja aja ga makan disitu, mnding pilih yg piggiran lain, harganya normal malah, emg di malioboro suka gt, hrs hati2 tanya harga dl," balas @dilaa.

"semoga ini viral hingga terdengar ke keraton. meskipun tmpt wisata hrsnya ttp ramah dikantong terutama tuk wisatawan lokal. apakah ada pajak yg berbeda?"

@aulroket

kebayar ko:( cuma sebel aja udah bisa dapet paket panas spesial mekdi ada yg punya pengalaman yg sama ga si kaya kejebak gt kl makan di malioboro?

original sound - aulia

 

Hingga video ini diunggah, sudah lebih dari 14 ribu orang yang mengomentari unggahan tersebut. Apakah kamu pernah mengalami hal serupa?